Anti Rayap Untuk Kayu BioCide Yang Ramah Lingkungan

Mulai pusing ketika furniture sudah terserang serangga perusak kayu? Gunakan anti rayap kayu BioCide, dijamin serangga tidak akan mendekati furniture Anda.

Furniture merupakan salah satu kebutuhan dalam rumah yang sangat krusial. Karena furniture tidak hanya sekedar untuk menyimpan barang atau memenuhi sesuai kebutuhan melainkan juga ditujukan untuk mempercantik ruangan. Sehingga wajar saja banyak yang memilih perabotan rumah tangga yang sesuai dengan selera yang diinginkan.

Perlu kita ketahui, dewasa ini furniture tidak hanya menggunakan media kayu saja loh melainkan juga media lainnya yang cenderung lebih mudah didapat dan harganya jauh lebih murah. Kenapa banyak sebagian industri kayu sudah tidak menerapkan kayu solid untuk furniture yang mereka produksi? Sebab, kayu merupakan media yang memiliki harga jual yang tinggi dan selain itu cukup berat jika akan dipindahkan.

Dahulu, kayu merupakan media alam yang sering dimanfaatkan untuk furniture karena sumber daya alamnya yang cukup melimpah. Meskipun keunggulan kayu tidak bisa dialihkan dengan media lain seperti jauh lebih awet, memiliki tampilan yang lebih natural dan masih banyak lagi namun kayu tetap menjadi media dasar furniture untuk tipe-tipe furniture tertentu seperti rustic, klasik dll.

Karena kegunaan kayu semakin bergeser dan lebih banyak menggunakan olahan kayu seperti MDF, plywood, dan kayu olahan sejenisnya, tetaplah bahan dasar yang digunakan adalah kayu. Namun, karena furniture—furniture yang banyak digunakan adalah olahan kayu membuat daya tahannya tidak sebaik kayu solid. Nah, maka dari itu harus tetap melakukan perawatan pada furniture terlebih yang menggunakan bahan dasar serat alam.

Perawatan pada kayu harus dilakukan setidaknya seminggu sekali agar rayap atau faktor perusak kayu lainnya tidak mudah menyerang kayu. Jika sudah terjadi maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengaplikasikan cat anti rayap untuk kayu BioCide.

Anti Rayap Untuk Kayu BioCide

Kayu atau pun olahan kayu merupakan media furniture yang memiliki tampilan yang sangat natural. Namun perbedaan keduanya adalah masalah kekuatan dan ketahanan, tentunya kayu jauh lebih unggul daripada olahan kayu. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa bahan baku kayu atau serat alam adalah media yang sangat mudah rentan terserang perusak kayu seperti serangga diantaranya adalah rayap.

Rayap adalah jenis serangga yang sudah menjadi musuh bagi setiap penghuni rumah. karena kehadiran rayap ini tidak diduga-duga dan sering muncul ketika musim hujan. Namun , kehadiran rayap sebenarnya tidak hanya saat musim hujan saja melainkan tempat-tempat lembab juga menjadi salah satu pemicu kehadiran rayap ini.

alterntif text

Jika membahas rayap, mungkin sebagian dari kita hanya akan terfokus kepada rayap tanah padahal masih banyak jenis rayap lainnya. Namun, nyatanya rayap tanah lah yang merupakan jenis rayap yang paling mengerikan daripada yang lainnya karena mampu menjangkau targetnya sejauh 200 meter.

Pertanyaannya, kenapa rayap sangat menyukai furniture atau perabotan yang terbuat dari kayu? Seperti halnya hewan-hewan pada umumnya, rayap adalah serangga yang juga membutuhkan makanan untuk bertahan hidup terutama rayap tanah yang mampu menjangkau targetnya sejauh 200 meter, tentu membutuhkan makanan yang lebih banyak. Terlebih, rayap tanah biasanya berkoloni dan akan membentuk jalurnya sendiri.

Alasan rayap sangat menyukai kayu adalah karena kayu merupakan serat alam yang mengandung bahan selulosa. Kandungan ini adalah salah satu komponen tumbuhan agar bisa berdiri tegak. Sedangkan komponen ini hanya mampu diuraikan oleh rayap saja sedangkan jenis hewan atau serangga lainnya tidak mampu untuk menguraikan selulosa untuk mereka jadikan makanan.

Apabila furniture tidak dirawat dengan benar, furniture akan mudah terserang serangga atau perusak kayu lainnya seperti jamur atau mikroorganisme yang sangat menyukai kayu atau natural fyber. Disisi lain, Anda juga perlu memberikan perawatan seperti obat-obatan untuk mencegah munculnya serangga.

Adapun cara yang tepat untuk menghindari furniture rusak diakibatkan oleh serangga diantaranya adalah

  1. Bersihkan furniture secara rutin dan berkala. Sangat tidak disarankan untuk membersihkan furniture menggunakan air karena air bisa menyebabkan kayu atau bahan baku alam mudah lembab. Jika sampai bahan-bahan tersebut lembab, maka bisa menyebabkan munculnya serangga dan jamur. Biasanya, orang pemula atau yang belum mengetahui cara membersihkan kayu akan menggunakan air untuk membersihkan noda membandel padahal cara tersebut justru sangat membahayakan furniture.
  2. Letakkan furniture tidak bersentuhan langsung dengan tembok maupun tanah. Sebaik mungkin untuk memberikan bantalan baik dari karet atau besi pada bagian kaki kayu untuk menghindari kayu bersentuhan langsung dengan tanah. Sebab, tingkat kelembaban yang ada di tanah dan tembok memiliki tingkat kelembaban yang tinggi daripada ruang yang lain.
  3. Langkah terakhir adalah berikan silica gel atau oleskan obat anti rayap untuk kayu untuk menghindari munculnya serangga atau jamur.
  4. Langkah rutin lainnya selain membersihkan furniture dengan kemoceng atau lap kering adalah aplikasikan poles kayu setiap satu bulan sekali atau dua minggu sekali untuk menjaga tampilan serta kualitas furniture.

Tindakan memberi obat anti rayap untuk kayu tersebut akan membantu sekali untuk mencegah munculnya serangga maupun jamur. Terlebih jika cuaca sedang musim hujan, pengawasan ekstra pada furniture juga perlu diperhatikan. Untuk menghindari bau, Anda bisa memberikan kapur barus atau silica gel. Nah, untuk silica gel ini sangat membantu furniture Anda agar berada di kelembaban yang pas sehingga tidak menyebabkan furniture bau dan mengundang jamur maupun serangga.

Lalu bagaimana jika furniture sudah terlanjur terserang serangga, apakah masih tertolong? Untuk tertolong atau tidaknya, hal ini tergantung dari tingkat kerusakan pada furniture tersebut. Jika kerusakan masih ringan misalkan masih dijumpai bubuk kayu dan kayu masih terdengar keras ketika diketuk maka furniture masih bisa diselamatkan.

Sedangkan untuk jenis furniture yang tidak bisa diselamatkan pada umumnya adalah furniture terdengar sangat nyaring ketika diketuk. Sebab, suara nyaring tersebut menandakan bahwa furniture sudah benar-benar keropos dan sult untuk diselamatkan kecuali dibuang atau dibakar.

Untuk menyelamatkan furniture yang belum terlalu fatal kerusakannya yang diakibatkan oleh serangga adalah dengan mengaplikasikan obat anti serangga BioCide. Cara yang paling ampuh adalah mensuntikkan obat tersebut di jalur rayap atau serangga sehingga dengan cepat menyerang serangga. Akan jauh lebih baik jika Anda mengaplikasikan obat tersebut pada sarangnya sehingga Anda sudah mematikan akar dari penyebab berkembangnya serangga tersebut.

Kenapa harus memakai obat anti serangga BioCide? Sebab obat ini merupakan obat yang menggunakan bahan cypermethrine 100Ep dan jauh lebih ramah lingkungan. Tidak hanya kinerjanya yang cepat namun juga sangat efektif untuk membinasakan serangga yang menjadi penyebab utama furniture rusak.  Bahkan tidak hanya untuk kepentingan perabotan rumah tangga saja loh, melainkan juga sangat efektif untuk membasmi perusak tanaman dan yang sering mengganggu di rumah seperti kecoak, nyamuk dan serangga-serangga pengganggu lainnya. Tentu untuk penggunaan BioCide sebagai bahan pembasmi serangga juga cukup mudah dilakukan, diantaranya adalah cukup campurkan air dengan BioCide ke dalam tabung semprot serangga kemudian semprotkan pada bagian-bagian yang terserang serangga tersebut. Tidak hanya bisa digunakan dengan cara semprot melainkan juga bisa digunakan untuk oles jika Anda tidak memilki tabung semprot serangga.

Jika cara diatas adalah untuk pengguna newbie atau DIY, BioCide ternyata juga sangat efektif digunakan untuk perindustrian kayu atau penghobi kayu untuk mengatasi atau mencegah munculnya serangga perusak kayu atau natural fyber. Biasanya, BioCide ini banyak digunakan sebagai treatment kayu sebelum kayu tersebut dikeringkan, dioven atau disimpan ke dalam gudang untuk diproses menjadi furniture. Berbeda dengan cara diatas, untuk perindustrian kayu tidak hanya bisa digunakan untuk cara oles maupun semprot melainkan juga  bisa digunakan dengan cara vakum tekan atau direndam.  Anda cukup menggunakannya dalam konsentrasi 0,1% – 0,2% pada pH dibawah 7. Namun, tetap pastikan saat penyimpanan BioCide juga dalam keadaan pH yang sama saat digunakan.

New Techology For Manufacturing

Sebagian negara di dunia sudah menyemarakkan hidup ramah lingkungan atau “Save Earth” yang menunjukkan bahwa kita dituntut untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Tidak hanya sekedar menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya namun juga mengurangi penggunaan plastik, bahan-bahan kimia yang berbahaya dan lain sebagainya. Salah satu yang menarik dan mulai dikembangkan di Indonesia adalah bahan-bahan yang ramah lingkungan. Yakni produk-produk yang menggunakan bahan alam dan tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan.

Salah satu produk yang mulai mengembangkan produk dengan bahan yang ramah lingkungan diantaranya adalah pada manufacturing kayu yakni obat anti serangga BioCide. Karena penggunaannya menggunakan bahan-bahan yang lebih aman dan ramah lingkungan dari obat anti serangga lainnya membuat BioCide sangat cocok digunakan untuk lingkungan rumah atau pabrik sekalipun. Tentunya hal ini sangat membantu keamanan dan kenyamanan pekerja selama mengaplikasikan obat tersebut. Kenapa BioCide begitu aman dan ramah lingkungan? Sebab, BioCide merupakan salah satu bahan treatment yang sudah melalui tahap percobaan dan riset sehingga dipastikan ramah lingkungan.

Sudah dijelaskan diatas bahwa treatment kayu pada umumnya dilakukan sebelum proses pembentukan pola furniture. Dengan demikian, proses setelah treatment kayu adalah finishing furniture. Nah, untuk masalah tahap ini pada umumnya banyak pengusaha kayu menggunakan cat dengan kualitas baik namun masih mengabaikan keamanan bahannya. Akan jauh lebih baik, Anda menggunakan Biovarnish atau BioColours untuk finishing furniture Anda. Selain menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan, hasilnya memberikan tampilan furniture jauh lebih cemerlang dan natural. Bahkan tidak mudah luntur atau blocking saat ketetasan cairan karena menggunakan bahan pelarut air. Ini lah yang menjadi keunggulan dari cat water based yang jauh lebih aman dan ramah lingkungan sehingga cocok digunakan untuk pemula sekalipun. Untuk mengetahui informasi lebih detail mengenaik produk, silahkan menghubungi langsung kontak yang ada di website ini. Semoga Bermanfaat!

Anti Rayap Untuk Kayu BioCide Yang Ramah Lingkungan
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *