Kayu mati lebih mudah terserang jamur karena kelembaban kayunya yang tidak stabil, untuk mengatasi tersebut sebaiknya gunakan obat anti jamur pada kayu mati.

Kayu mati  tidak jarang juga dapat digunakan untuk furniture atau peabotan. Pada umumnya, furniture dengan gaya semacam ini lebih pada konsep rustic yang menonjolkan bekas serat akyu secara alami. Namun, kayu mati lebih sering rentan terserang jamur karena tingkat kelembaban kayunya yang tinggi.

Untuk mengatasi jamur pada kayu mati, maka harus diberikan obat anti jamur dengan cara khusus sehingga akar pada jamur dapat mati seutuhnya.

Jamur Pada Kayu Mati

Kayu mati biasanya adalah jenis kayu yang sudah tidak dapat mereproduksi lagi, biasanya hanya dibiarkan atau bahkan digunakan sebagai bahan bakar. Namun kayu mati juga dapat digunakan sebagai bahan baku furniture jika terlebih dahulu diberikan obat anti jamur sehingga terhindar dari serangan jamur.

Kayu mati biasanya memiliki tingkat kelembaban yang tinggi sehingga sangat mudah terserang jamur. Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum digunakan untuk bahan baku furniture sebaiknya direndam ke dalam campuran obat anti jamur. Hal ini bertujuan untuk membunuh bibit jamur pada kayu mati yang dapat menyebabkan kayu mudah rusak. Jamur yang menyerang kayu sangat beragam sehingga perlu lebih hati-hati dalam memilih obat anti jamur yang tepat.

Obat anti jamur pada kayu memang banyak dijumpai di pasaran, namun tidak semua obat anti jamur ramah lingkungan. Ya, seperti borax yang membutuhkan bahan campuran seperti bensin atau solar untuk menghilangkan jamur dengan maksimal. Salah satu obat anti jamur yang ramah lingkungan adalah BioCide.

Obat Anti Jamur Kayu Mati Yang Ramah Lingkungan

Jamur pada kayu mati sangat mudah menyerang karena kelembaban kayu yang tinggi dan cenderung tidak stabil. Bahkan kayu mati juga rawan terserang jamur yang suka pada kayu kering karena terkadang tingkat kekeringan yang sangat rendah. Maka dari itu, untuk mengatasi jamur pada kayu mati diperlukan jenis obat anti jamur yang tepat.

Sebaiknya untuk memilih obat anti jamur yang ramah lingkungan demi lingkungan sekitar Anda yaitu BioCide. BioCide merupakan obat anti jamur yang terbuat dari bahan aktif dengan campuran fungisida dan bakterisida yang sangat efektif mencegah, mematikan dan menghilangkan jamur, bakteri dan mikroorganisme perusak kayu lainnya. Dikatakan obat anti jamur ini ramah lingkungan karena dapat menggunakan sistem water based yang artinya menggunakan air sebagai campurannya. Sehingga Anda tidak perlu membeli solar atau bensin sebagai campuran obat nati jamur. Tentu ini akan sangat menguntungkan bagi Anda karena dapat menekan biaya produksi Anda.

Untuk pengaplikasian BioCide, Anda tidak perlu bingung karena BioCide dapat digunakan dengan berbagai cara seperti injeksi, oles, semprot, rendam dan vakum tekan. Bagi Anda DIY, biasanya lebih condong untuk menggunakan injeks, oles atau semprot sebagai cara untuk menghilangkan jamur. Sedangkan cara rendam dan vakum tekan biasanya digunakan oleh industri kayu dengan intensitas yang sedang hingga besar karena kayu yang ditreatment tidak hanya satu ataupun dua kayu saja.

Selama pengaplikasian baik dengan cara oles, rendam atau cara yang lainnya sebaiknya memperhatikan faktor keamanan. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan diantaranya sebagai berikut

  1. Simpan BioCide di tempat yang teduh dan jauhkan dari jangkauan anak-anak
  2. Tidak disarankan untuk makan dan minum selama pengaplikasian obat anti jamur
  3. Buang obat anti jamur yang sudah tidak dibuang di air mengalir
  4. Gunakan alat pengamanan diri seperti masker, sarung tangan dan pakaian panjang

Walaupun BioCide mrupakan obat jamur yang ramah lingkungan namun Anda harus tetap memperhatikan faktor keamanan. Sebab BioCide merupakan obat anti jamur yang mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan keracunan melalui mulut, pernafasan atau kulit.

Demikian ulasan singkat cara mengatasi jamur pada kayu mati, dan pastikan Anda untuk menggunakan bahan treatment atau pun finishing yang aman dan ramah lingkungan.

 Jamur Pada Kayu Mati Yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *