Pastinya tak semua kayu bisa digunakan untuk pembuatan lantai dek atau decking serta parket. Hanya kayu-kayu tertentu yang bisa dipakai. Berikut ini 5 kayu untuk lantai decking yang paling sering digunakan.

5 Jenis Kayu untuk Decking dan Parket Paling Populer

Pinus

lantai kayu pinusPinus adalah tanaman yang banyak ditemukan di wilayah beriklim subtropics. Di Indonesia, kayu dari tanaman ini hanya berasal dari satu-satunya spesies pinus lokal, yakni Pinus mercusii. Sebagai bahan baku lantai, pinus akan memberikan tampilan unik dengan warna muda, beberapa mata kayu, dan pola serat menawan. Meski kayu ini berada di kelas awet III, namun dengan treatment pengawetan, ketahanannya akan jauh lebih baik. Harga yang lebih terjangkau adalah keunggulan lain kayu ini.

Merbau

Merbau atau kayu besi adalah kayu yang sudah sejak lama menjadi primadona dalam pembuatan wooden flooring baik untuk pasar ekspor maupun lokal. Kayu yang berasal dari Sulawesi dan Papua ini memiliki banyak keunggulan yang disukai masyarakat. Warnanya yang coklat gelap dengan arah serat dominan lurus mampu memberikan kesan menawan. Sedangkan durabilitas dan kekuatannya juga telah dikenal baik.

Jati

Siapa tak kenal jati? Hampir semua orang Indonesia pasti mengenal kayu ini. Baik estetika maupun kekuatan jati memang begitu menarik. Kayu yang memiliki warna coklat dengan urat gelap ini memiliki tampilan sangat menawan. Sedangkan kekuatan dan ketahanannya berada di level kelas I. Meski demikian, tentu saja treatment pengawetan tetap perlu dilakukan untuk memastikan produk selalu berkualitas.

Bengkirai

Balau kuning atau bengkirai merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Kayu ini memiliki warna cerah dengan kelas keawetan I hingga III dan kelas kekuatan I hingga II. Variasi ini disebabkan waktu penebangan bengkirai yang sering sekali tidak sama.

Ulin

Ulin adalah kayu yang asalnya dari Kalimantan dan Sumatra bagian selatan. Kayu ini memiliki ketahanan prima pada kelembaban, suhu, hingga rayap. Sudah sejak lama ulin digunakan untuk konstruksi bangunan. Sedangkan penggunaan kayu untuk decking dan parket ini bisa memberikan efek mewah karena tampilannya yang khas.

5 Kayu untuk Decking dan Parket yang Banyak Digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *