Atap rumah yang bocor dapat mengakibatkan kayu sebagai penyangga langit-langit membusuk dan rentan terserang rayap. Atasi dengan anti rayap untuk atap BioCide.

Rayap merupakan serangga perusak kayu yang sangat ganas menyerang kayu atau serat yang mengandung selulosa. Selulosa merupakan makanan utama rayap yang mudah dijumpai pada kayu, kandungan selulosa ini tidak semua jenis hewan, serangga  bahkan manusia mampu mencerna kecuali rayap. Sehingga wajar ketika bahan-bahan yang terbuat dari kayu seperti buku, furniture dll ditemukan rayap.

Rayap biasanya menyukai ruangan yang lembab, gelap dan basah sehingga pastikan ruangan Anda tetap kering dan sejuk. Salah satu kasus yang terjadi pada hunian rumah adalah atap yang bocor dan mengakibatkan kayu rusak bahkan membusuk. Kayu semacam menjadi sasaran empuk bagi rayap, jika sudah terlanjur terserang rayap maka aplikasikan segera anti rayap untuk atap BioCide.

Rayap Penyerang Kayu Basah

Atap yang bocor menjadi masalah klasik bagi pennghuni rumah. Jika tidak segera dibenahi, menyebabkan kayu tersebut mudah lapuk disebabkan rayap. Rayap yang sangat menyukai kayu yang basah atau busuk diakibatkan oleh atap yang bocor adalah rayap dari genus Captotermes spp atau dikenal dengan rayap subteran. Walaupun jenis rayap ini tidak bersentuhan langsung dengan tanah namun akibat yang ditimbulkan rayap ini juga mampu membuat kayu lapuk sehingga Anda harus mengganti kayu tersebut dengan yang baru. Atau suntikkan obat anti rayap untuk atap BioCide pada lajur atau sarang rayap sehingga rayap akan mati dengan sendirinya.

Melihat kasus diatas, sebenarnya rayap memiliki berbagai macam jenis namun sasaran objek yang diserang berbeda. Pada umumnya, rayap sangat menyukai kayu yang mengandung selulosa. Selain kayu basah akibat hujan, rayap kemungkinan besar juga dapat menyerang furniture yang terdapat di ruangan yang lembab. Untuk mengetahui furniture atau kayu pada rumah Anda terserang rayap sebaiknya periksa kayu Anda terasa berongga atau tidak. Ketukkan jari Anda pada bagian kayu jika terdengar berongga artinya kayu tersebut positif terserang rayap. Atau bisa Anda cermati sekitar furniture atau perabotan kayu Anda, kayu yang terserang positif biasanya meninggakkan butiran kayu di sekitar yang diserangnya.

Baca juga:
Indonesia Container Desiccant  Efektif Menyerap Kelembaban Pada Kontainer

Anti Rayap Untuk Atap BioCide

Melihat jenis-jenis rayap yang berbeda tentu efek yang ditimbulkan adalah sama yaitu kayu akan cepat lapuk. Cara mengatasi kayu lapuk karena rayap ini tentu saja dengan membasmi rayap-rayap tersebut menggunakan obat anti rayap untuk atap BioCide. Obat ini mengandung bahan aktif yaitu Cypermethrine 100EP yang sangat ampuh untuk membasmi serangga perusak kayu seperti rayap, totor dll. Obat anti rayap ini tidak hanya dapat digunakan untuk perkayuan saja, namun juga bagus digunakan untuk kebutuhan perkebunan atau rumah tangga. Sebab BioCide juga sangat efektif membasmi serangga pemakan tanaman, nyamuk, kecoak dan serangga pengganggu lainnya.

Cara menggunakan obat anti rayap BioCide baik secara DIY atau dalam skala industri ada berbagai macam metode diantaranya injeksi/suntik, oles, semprot, vakum tekan dan rendam. Untuk Anda pelaku rumah tangga sebaiknya menggunakan injeksi, oles dan semprot sebagai langkah mengatasi rayap pada kayu. Sedangkan cara vakum tekan dan rendam bisanya diaplikasikan sebelum kayu diolah menjadi berbagai pola baik funriture, perabotan atau konstruksi bangunan.

Untuk mengaplikasikan obat anti rayap semprot atau cara suntik BioCide ini, sebaiknya gunakan dalam konsentrasi 0,1%-0,2% dengan keadaan pH dibawah 7. Sebaiknya simpan obat anti rayap ini dalam keadaan pH tetap sehingga tidak akan mengurangi/menambahkan konsetrasinya. Walaupun jenis obat anti rayap ini merupakan obat yang ramah lingkungan namun tetap saja perlu memperhatikan faktor keamanan. Gunakan masker, sarung tangan, sepatu dan pakaian panjang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab BioCide mengandung bahan-bahan yang menyebabkan iritasi atau keracunan baik melalui kulit, mulut atau pernafasan.

Untuk kebutuhan rumah atau industri perkayuan, sebaiknya gunakan bahan-bahan yang aman dan ramah lingkungan demi menjaga stabilitas lingkungan serta kesehatan orang-orang sekitar Anda. Bahan yang aman bisa Anda mulai dengan finishing furniture, treatment kayu, ataupun penggunaan alat yang sudah dipastikan SNI sehingga tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan dan aman untuk digunakan.

Anti Rayap Untuk Atap BioCide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *