Dalam tahap pengolahan produk-produk anyaman bambu, dapat dilakukan satu treatment khusus yang mampu membuatnya lebih berkualitas, yakni treatment antijamur untuk anyaman bambu. Treatment ini sangat penting diaplikasikan terutama untuk anyaman yang akan digunakan sebagai komponen bangunan dan furniture. Misalnya dinding anyaman bambu yang pada dasarnya memerlukan ketahanan ekstra pada berbagai hama.

Apa itu Treatment Antijamur?

Pengertian treatment antijamur adalah treatment yang dilakukan untuk membuat sebuah produk lebih tahan terhadap serangan jamur. Alasan dilakukannya treatment tersebut didasari pemahaman bahwa jamur dapat menyebabkan kerusakan parah dan bahwa bahan yang ditreatment rentan diserang jamur.

Prinsip dilakukannya treatment dilakukan dengan meresapkan obat antijamur atau fungisida. Pada anyaman bambu, treatment ini pun dilakukan pada bahan bambu yang akan diolah lebih lanjut menggunakan antijamur seperti BioCide Wood Fungicide. Bentuk lain treatment juga dapat diaplikasikan dengan mencampurkan obat pengawet pada catnya. Misalnya, penggunaan BioCide Surface Film Preservative yang bisa dicampur dalam coating water based agar cat menjadi sangat tahan jamur.

Manfaat Treatment Antijamur untuk Anyaman Bambu

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari treatment antijamur. Tiga di antaranya adalah:anyaman gedhek

  1. Membuat produk anyaman menjadi lebih tahan lama. Pasalnya, selama ini banyak produk bambu rusak akibat pelapukan yang disebabkan jamur.
  2. Menjamin proses produksi anyaman lancar tanpa serangan jamur. Sehingga budget pengolahan pun dapat ditekan.
  3. Memberikan nilai unggul tersendiri pada produk Anda.
  4. Mempertahankan estetika anyaman bambu agar selalu terjaga dengan tidak adanya jamur yang menyerang.

Aspek Keamanan

Peresapan obat kimia seperti fungisida jelas menjadi topik tersendiri saat kita bicara mengenai keamanannya. Oleh karena itu, diperlukan bahan kimia yang efeknya pada manusia dan lingkungan seminimal mungkin. Contohnya BioCide seperti yang telah kami sarankan di atas. Produk tersebut memberikan jaminan aman sangat baik dibanding fungisida kayu dan serat alam lainnya.

Meski demikian, untuk anyaman yang hendak digunakan sebagai kitchenware seperti nampan bambu sebaiknya digunakan bahan khusus yang berkualitas food grade. Anda bisa menggunakan produk perawatan seperti Biopolish yang menjaga kualitas serta ketahanan anyaman bambu pada jamur.

 

Berapa Biaya Treatment?

BioCide-Wood-Fungicide

Biaya treatment antijamur untuk anyaman bambu sangat dipengaruhi oleh obat yang digunakan. Untuk BioCide, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 80.000,- baik BioCide Wood Fungicide maupun BioCide Surface Film Preservative. Jadi jangan khawatir mengenai masalah biaya. Dengan manfaat luar biasa, budget yang dibutuhkan untuk treatment seperti ini sama sekali tidak mahal.

Ayo Lakukan Dulu Treatment Antijamur untuk Anyaman Bambu