Digunakannya ranting kayu sebagai bahan baku mebel memberikan tantangan tersendiri. Selain bentuknya unik, tantangan yang harus dihadapi adalah keawetan produk terkait. Mengenai aspek ini, sangat penting diaplikasikan treatment pengawetan untuk ranting kayu.

Proses treatment dilakukannya dengan menggunakan produk-produk pengawet kayu yang terdiri dari fungisida dan insektisida. Kedua bahan tersebut diresapkan ke dalam substrat ranting dengan berbagai cara, mulai dari dioleskan hingga dijadikan cairan perendaman.

Seberapa Penting Treatment Pengawetan untuk Ranting?

Pada dasarnya treatment pengawetan penting diterapkan pada hampir semua bahan mebel organik. Sebut saja kayu, bambu, rotan, eceng gondok, dan sebagainya. Namun tingkat diperlukannya treatment berbeda-beda antar satu bahan dengan bahan lainnya.

mebel kursi rantingPada kayu seperti jati, pengawetan berguna untuk antisipasi dan peningkatan kualitas ketahanan pada hama yang secara umum sudah baik. Hal ini berbeda pada kayu yang keawetannya rendah seperti sengon. Sebagai kayu yang sangat rentan dirusak hama, pengawetan pada sengon adalah syarat wajib supaya material tersebut bisa menjadi bahan baku mebel yang baik.

Ranting sendiri meski terbuat dari substrat kayu namun berbeda dengan kayu pada batangnya (solid). Sebab, bagian ini umumnya terdiri dari jaringan yang lebih muda. Akibatnya sifatnya pun kurang awet sehingga treatment pengawetan menjadi hal yang wajib diaplikasikan.

Manfaat Pengawetan untuk Ranting Kayu

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan aplikasi treatment pengawetan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mencegah furniture berjamur
  2. Mencegah furniture bubukan
  3. Mencegah furniture terserang rayap
  4. Mencegah proses pengolahan furniture lebih lancar

Kualitas Treatment Pengawetan untuk Ranting

Treatment pengawetan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan bahan pengawet. Variasi cara dan bahan yang digunakan akan sangat berpengaruh pada kualitas hasil treatment-nya. Misalnya, penggunaan bahan pengawet non modern seperti oli dan solar yang selain tidak efektif, juga justru membuat ranting sulit difinishing. Ini berbeda dengan penggunaan bahan kimia yang secara khusus diformulasikan untuk industri tersebut. Misalnya seri produk BioCide.

  1. BioCide Insecticide untuk mencegah hama serangga
  2. BioCide Wood Fungicide untuk mencegah hama jamur
  3. BioCide Surface Film Preservative untuk mencegah hama jamur pada cat water based

Selain kualitasnya baik, ketiga BioCide akan memberikan perlindungan menyeluruh yang diperlukan untuk furniture ranting berkualitas.

Pengawetan untuk Ranting Kayu: Cegah Furniture Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *