Kerajinan Ranting Kayu: Alternatif Craft Berestetika Tinggi

Dari bahan seperti ranting kayu, dapat diciptakan craft dengan keindahan yang sangat menawan. Seperti apa keindahan kerajinan ranting kayu tersebut dan bagaimana tips membuatnya awet? Yuk simak di bawah ini.

Produk-produk craft biasanya memanfaatkan bahan yang kita anggap tak berguna. Namun justru di sinilah letak menariknya kerajinan tersebut. Kita sering tak menyangka dari benda yang tampak biasa saja ternyata bisa diubah menjadi benda seni fungsional yang mengagumkan. Bahkan bernilai jutaan rupiah.

Hal ini pun dapat kita lihat pada berbagai kerajinan atau craft ranting kayu. Siapa yang menyangka dari ranting-ranting tersebut bisa dihasilkan berbagai produk yang menawan? Padahal, biasanya orang hanya peduli dengan log-log kayu berharga mahal. Sedangkan ranting dibiarkan sebagai bahan bakar saja.

Namun dengan teknik pengecatan dan penyambungan yang tepat, berbagia ranting tersebut bisa diubah menjadi hiasan dinding, hiasan meja, hingga hiasan untuk alat-alat makan. Sangat menarik bukan?

Bentuk ranting yang tak simetri dan berkelok-kelok justru menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menfaatkan karakter ini untuk menguatkan kesan unik di rumah.

Kurang Awet

Meskipun memberikan banyak keunggulan, akan tetapi kerajinan ranting kayu juga tak lepas dari kekurangannya. Karena terbuat dari ranting yang sel-selnya lebih muda dari bagian batang, biasanya keawetan produk ini lebih rendah. Ditumbuhi jamur hingga mengalami “bubukan” (diserang rayap dan kumbang bubuk) bukanlah kasus langka. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus:

  1. Memilih ranting yang cukup tua.
  2. Memilih ranting yang masih di pohonnya. Sebaiknya jangan memilih ranting yang sudah jatuh karena kemungkinan besar material tersebut sudah lapuk dan berjamur.
  3. Mengawetkan ranting dengan produk antiserangga (insektisida) kayu BioCide Insecticide.
  4. Menerapkan cat yang tahan lama dan awet.
  5. Merawat dan membersihkan secara berkala.

Dengan kiat-kiat di atas, kerajinan ranting Anda pasti bisa ditingkatkan kualitasnya. Untuk usaha yang lebih maju pun, kiat di atas wajib diaplikasikan. Sebab, yang diperlukan orang bukan sekedar craft yang menarik. Keawetan pun menjadi kualitas unggulan dan telah dibuktikan berbagai brand ternama.

Kerajinan Ranting Kayu: Alternatif Craft Berestetika Tinggi
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!