Cottage kayu adalah salah satu hunian rektreatif seperti bungalow. Cottage yang bermakna gubuk banyak diandalkan sebagai hunian sementara di wilayah pariwisata seperti Bali. Biasanya untuk meningkatkan minat calon pelanggan, bangunan ini akan didesain dalam bentuk tradisional menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu.

Meski terbukti efektif meningkatkan kesan etnik, namun penggunaan kayu memberikan tantangan tersendiri. Misalnya terkait dengan rentannya material ini terserang jamur.

Solusi agar tidak terjadi kerusakan akibat serangan jamur bisa dilakukan dengan pengaplikasian treatment antijamur untuk cottage kayu. Prinsip dari cara ini adalah peresapan fungisida pada kayu bahan cottage.

Apa Manfaat yang Bisa Didapat?

Bukan hanya membuat lingkungan cottage lebih bersih, treatment antijamur untuk cottage juga bisa memberikan manfaat lain yang sangat menguntungkan:

  1. Mencegah jamur menyerang cottage
  2. Mempertahankan keindahan cottage
  3. Menghindari masalah kesehatan akibat mikotoksin atau racun jamur
  4. Mempertahankan kenyamanan pengguna
  5. Mencegah kerusakan struktural akibat pembusukan jamur

Bagaimana Cara Melakukan Treatment Antijamur untuk Cottage?

Treatment antijamur dilakukan dengan mengawetkan kayu menggunakan fungisida. Caranya resapkan obat antijamur pada kayu atau bambu yang akan digunakan sebagai bahan cottage. Atap ijuk dan berbagai material organik lainnya juga bisa ditreatment dengan cara yang sama. Variasi metodenya antara lain:

  1. Perendaman
  2. Pengolesan atau pengkuasan
  3. Penyemprotan

 

Selanjutnya, lakukan perawatan pada cottage untuk menghindarkannya dari potensi serangan jamur.

  1. Pembersihan secara berkala
  2. Penjagaan kondisi kelembaban sekitar cottage kayu
  3. Refinishing saat cat dirasa sudah rusak

Apa Bahan yang Direkomendasikan?

Keberhasilan treatment antijamur untuk cottage dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu yang paling krusial adalah fungisida yang digunakan. Apakah obat tersebut mampu memberikan perlindungan yang baik pada kayu?

Produk yang kami sarankan adalah:

BioCide Wood Fungicide

Produk ini akan membuat kayu dan bahan organik lainnya terlindung dari serangan jamur. Cara penggunaannya dengan diresapkan pada kayu baik melalui metode perndaman maupun pengkuasan.

biocide-wood-fungicide
BioCide Wood Fungicide

BioCide Surface Film Preservative

Produk ini akan membuat lapisan cat water based lebih tahan terhadap serangan jamur. Cara penggunaannya dengan dicampur ke dalam cat water based terkait.

Segera Bersihkan Jamur

Meski sudah dilakukan treatment antijamur untuk cottage kayu dan dilakukan perawatan yang baik, kadang-kadang serangan jamur masih tetap terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, segeralah lakukan pembersihan pada jamur tersebut. Gunakan BioCide Surface Film Preservative untuk melakukannya. Jangan dibiarkan terlalu lama agar rizhoma jamur tidak sampai tumbuh menembus lapisan cat dan kayu.

Krusialnya Treatment Antijamur untuk Cottage Kayu