Obat Jamur Di Kayu Yang Bagus

Kayu sangat rentan terserang jamur terutama di tempat yang lembab. Obat jamur di kayu akan sangat efektif mencegah pertumbuhan jamur atau mikroorganisme perusak kayu lainnya.

Kayu merupakan media yang sering digunakan untuk kebutuhan bangunan atau furniture. Teksturnya yang kuat dan awet digunakan menjadi alasan utama kayu sebagai bahan dasar furniture. Selain itu, kayu memiliki tampilan yang bagus sehingga banyak furniture memilih tampilan natural kayu.

Walaupun kayu merupakan media yang kuat namun saat digunakan kayu mudah terserang jamur jika diletakkan di tempat yang lembab. Obat jamur di kayu merupakan salah satu alternatif yang membantu kayu agar lebih tahan lama.

Iklan Biothane utama alterntif text

Treatment Kayu Yang Bagus

Indonesia memiliki budidaya pepohonan yang kaya sehingga banyak kayu yang dihasilkan. Kayu sendiri memiliki berbagai macam berdasarkan jenis pohonnya. Sehingga tidak salah jika kayu digunakan sebagai bahan dasar bangunan atau furniture bagi masyarakat di Indonesia. Bahkan industri mebel di Indonesia sangatlah banyak dengan sasaran pasar tidak hanya nasional melainkan sampai mancanegara.

Pada umumnya kayu akan mengalami beberapa tahap sebelum benar-benar digunakan. Diantararnya adalah pemberian obat, dikeringkan agar kandungan air atau minyak dalam kayu berkurang, disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab, pemotongan kemudian dibuat sesuai pola furniture. Pada tahap awal, obat ini bertujuan sebagai pencegahan agar kayu tidak mudah terserang jamur. Terutama jamur perusak kayu seperti blue stain yang menyerang bagian serat kayu sehingga mengalangi keindahan dari kayu tersebut. Blue stain ini biasanya akan mudah muncul ketika kayu seusai di tebang, dan kayu yang sering terkena jamur ini adalah pinus. Sehingga, setelah di tebang untuk segara mungkin diberikan obat kemudian dikeringkan sehingga mengurangi dampak munculnya jamur.

Obat jamur di kayu seperti pinus sangat efektif mencegah pertumbuhan jamur seperti blue stain. Sebab obat tersebut bekerja di dalam serat kayu sehingga dapat melindungi kayu secara maksimal.

Obat Jamur di Kayu Yang Ramah Lingkungan

Jamur akan sangat mudah menyerang kayu apabila kayu memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, sehingga perlu pencegahan maka diperlukan treatment. Obat jamur di kayu adalah langkah treatment akan sangat membantu kayu terhindar dari serangan jamur atau mikroorganisme perusak kayu lainnya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengusaha kayu sebab kayu yang tidak terkena blue stain memiliki harga yang jauh lebih tinggi. Maka dari itu, obat tersebut sangat penting digunakan terlebih sebelum kayu diproses menjadi pola furniture.

Obat jamur di kayu yang bagus untuk digunakan adalah BioCide. Obat jamur ini lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan dengan system water based atau dicampurkan dengan air. Sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli solar atau bensin dan lebih menghemat biaya produksi Anda.

BioCide ini terbuat dari bahan aktif yang dapat mencegah pertumbuhan jamur, bakteri atau mikroorganisme perusak kayu lainnya. BioCide sendiri terdiri dari dua jenis yaitu BioCide Fungicide dan BioCide Film Preservatif. Penggunaan dari obat tersebut sangat berbeda sesuai dengan resiko jamur yang menyerang pada kayu. Kayu yang terserang jamur perusak seperti blue stain alangkah baiknya menggunakan BioCide Fungicide sedangkan untuk menghilangkan jamur permukaan, lumut dll maka menggunakan BioCide Film Preservatif.

Cara penggunaan dari obat tersebut relatif mudah, Anda dapat menggunakan cara rendam, vakum, injeksi, oles ataupun spray. Sebagai langkah pencegahan alangkah baiknya untuk menggunakan rendam atau vakum. Cara ini jauh lebih efektif mencegah pertumbuhan jamur sebab obat jamur dapat meresap ke dalam serat kayu sehingga akan melindungi kayu lebih maksimal.

Aplikasi obat jamur di kayu juga perlu memperhatikan faktor keamanan pekerja, walaupun obat ini dikategorikan ramah lingkungan namun obat ini tetap mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi baik melalui kulit, pernafasan ataupun mulut. Maka dari itu, selama pengaplikasian sebaiknya menggunakan alat pengamanan diri seperti masker, sepatu, sarung tangan, dll.

Pastikan Anda menggunakan alat pengamanan diri selama penggunaan obat jamur di kayu tersebut. untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Obat Jamur Di Kayu Yang Bagus
Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media
Market Place
Artikel Populer