Mengidentifikasi Jenis-Jenis Jamur Perusak Kayu, Ada 3 Jenis Paling Umum

Bukan rahasia lagi jika jamur merupakan salah satu faktor penyebab atau perusak kayu. Dan sebenarnya ada 3 jenis yang paling umum.

Apa saja 3 jenis jamur perusak kayu yang paling umum dan sering ditemukan? Simak pembahasan selengkapnya di artikel ini.

3 Jenis Jamur Perusak Kayu

Ilustrasi menghilangkan jamur pada furniture kayu. Sumber: Dropshiper

Sebagai pengguna furnitur kayu, kamu Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ada berbagai jenis jamur perusak kayu.

Tetapi yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa ada tiga jenis jamur yang umum pada permukaan kayu.

Baca Juga : Kenapa Jamur Sering Muncul pada Furniture Kayu? Begini Cara Mengatasinya!

Ketiga jenis ini tentu saja membutuhkan perhatian Anda, tetapi beberapa lebih serius, dan perlu ditangani lebih cepat daripada yang lain.

Di bawah ini, kita akan melihat bagaimana mengidentifikasi jenis yang berbeda, dan berbicara tentang tindakan pencegahan yang perlu Anda waspadai bahkan sebelum Anda mencoba untuk mengobati jamur.

1.      Jamur perusak kayu black stain

Black stain mold pada kayu. Sumber: Black Mold Removal and Control

Baca Juga : Inilah Teknik Menjaga Tekstur Kayu Glugu agar Tetap Berkualitas

Mungkin jamur yang paling mengkhawatirkan untuk ditemukan, baik dari segi integritas furnitur dan kesehatan Anda, adalah jamur hitam atau black stain.

Ada banyak jenis jamur hitam, tetapi yang paling serius adalah Stachybotrys chartarum, yang mengeluarkan asap beracun atau mikotoksin. Jenis black stain ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan juga iritasi kulit.

Setiap kali Anda menghilangkan jamur dari kayu, Anda harus sangat berhati-hati dan memakai alat pelindung untuk mencegah spora jamur menyebabkan kerusakan.

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Ini untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah, Dijamin Ampuh!

Tetapi black stain dapat menyebabkan serangan yang sangat serius. Jadi sangat penting ketika Anda memulai proses penghilangan jamur dari permukaan kayu yang Anda sangat menyadari betapa seriusnya jenis jamur ini.

Sekarang Anda mungkin sudah menebak bahwa jamur hitam mendapatkan namanya karena, yah, itu jamur hitam. Jadi setiap kali Anda menemukan jamur jenis ini di kayu Anda, berhati-hatilah.

Mengapa jamur hitam tumbuh?

Menghilangkan black stain mold pada kayu. Sumber Porters Cleaning

Baca Juga : Mengenal 5 Ciri Kayu Jati yang Punya Kualitas Tinggi, Simak di Sini

Pertumbuhan black stain lebih sering terjadi di tempat yang sangat lembab dan memiliki ventilasi yang buruk.

Karena jenis jamur ini sebenarnya membutuhkan kelembaban yang jauh lebih banyak daripada yang lain yang akan kita bahas di bawah untuk berkembang.

Kemungkinan besar Anda akan melihat jamur hitam pada furnitur kayu yang telah terkena kebocoran atau banjir.

Ini mungkin lebih umum di kamar mandi dan dapur, tetapi bahkan atap yang bocor di garasi atau kamar tidur dapat menyebabkan jamur hitam pada furnitur dan penyimpanan kamar tidur Anda juga.

Jika Anda melihat black stain pada kayu di rumah Anda, kemungkinan besar ada masalah yang lebih besar daripada hanya jamur.

Jadi waspadalah terhadap banjir, kebocoran, dan ventilasi yang buruk di tempat furnitur berada.

2.      Serangan dari white stain

Furniture kabinet kayu terkena jamur putih

Dari jenis spora jamur terburuk hingga yang paling tidak berbahaya sekarang, yaitu white stain atau jamur putih.

Jenis jamur ini biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan, tetapi Anda tetap harus mengenakan alat pelindung dan pelindung kulit yang tepat saat menghadapinya.

Dan meskipun tidak seserius jamur hitam, jamur putih masih merupakan tanda bahwa ada masalah dengan kelembaban dan kelembaban yang tinggi di ruangan tempat permukaan kayu yang terkena.

Anda akan melihat jamur putih, sekali lagi, dengan warna putihnya, tetapi juga memiliki kualitas berserabut atau tepung.

Sementara spora jamur tepung ini tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan, Anda tetap tidak ingin menghirupnya.

Jadi menghilangkan jamur putih dari bahan yang terkena masih sangat penting. Nanti kita akan berbicara lebih banyak tentang mencegah jamur.

Tetapi ketika ada spora jamur putih di kayu, Anda harus memastikan bahwa ventilasi udara di ruangan itu bersih. Dan ada ventilasi yang tepat untuk mencegah kelembaban yang dibutuhkan jamur untuk tumbuh.

3.      Jenis Blue Stain

cegah jamur blue stain
cegah jamur blue stain

Jenis jamur terakhir yang umum pada kayu ini mungkin sedikit mengejutkan, karena biasanya Anda mengaitkannya dengan makanan.

Namun jamur blue stain pada kayu lebih umum daripada yang disadari kebanyakan orang. Faktanya, blue stain dan white stain pada kayu lebih umum daripada jamur hitam.

Tetapi blue stain sedikit lebih serius daripada putih. Tidak seperti white stain, blue stain jauh lebih mungkin menyebabkan masalah medis (walaupun tidak seserius jamur hitam).

Sekali lagi, blue stain adalah tanda penumpukan kelembaban di permukaan, dan seperti white stain, kemungkinan karena ventilasi yang buruk dan banyak kelembaban daripada kebocoran.

Apa pun jenis spora jamur dan jamur permukaan yang Anda lihat di sekitar rumah Anda, Anda perlu memperlakukan jamur dengan cara yang sama untuk menghilangkannya dan mencegahnya kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *