jamur putih

Kenapa Jamur Sering Muncul pada Furniture Kayu? Begini Cara Mengatasinya!

Furniture kayu akan terlihat bagus di mana pun, itulah alasan kenapa jadi banyak orang ingin memilikinya. Namun adanya jamur pada furniture kayu khususnya pada permukaannya bisa jadi masalah serius.

Penggunaan furniture kayu yang ditumbuhi jamur tentu menjadi hal yang tidak nyaman. Selain itu, tampilan dari furniture tersebut juga turut kena imbasnya karena tampak tidak menarik lagi.

Jamur, Sumber Masalah pada Furnitur Kayu

jamur putih
Lemari kayu yang terkena jamur

Sadar atau tidak, kemunculan jamur sering jadi sumber masalah pada penggunaan furnitur kayu. Jika sudah terserang jamur, tentunya tampilan permukaan furnitur kayu akan mengalami masalah.

Baca Juga : Mengenal 5 Ciri Kayu Jati yang Punya Kualitas Tinggi, Simak di Sini

Tampilan mebel kayu jadi tidak semenarik sebelumnya. Hal itu tentu saja mengurangi nilai estetika yang seharusnya terpancar dari penggunaan mebel kayu.

Bukan hanya bermasalah untuk furnitur kayu, jenis jamur dan spora tertentu juga dapat menjadi masalah dan sumber bahaya bagi kesehatanmu dan keluarga.

Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas mengenai beberapa hal dasar terkait jamur . termasuk risiko pertumbuhan jamur pada furnitur kayu.

Baca Juga : Lakukan 4 Hal Ini agar Ruang Tamu Minimalis Lebih Nyaman Meski Sempit

Selain itu, akan dipaparkan secara garis besar mengenai penyebab kemunculan jamur di furnitur kayu serta bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mengapa Jamur Sering Tumbuh pada Furniture Kayu?

Menghilangkan jamur pada furniture kayu. Sumber: Dropshiper

Sebelum kita mulai dengan melihat berbagai jenis jamur, mari kita bicara sejenak tentang mengapa permukaan kayu sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur.

Pertama, bahan organik akan selalu lebih rentan terhadap masalah jamur, tetapi terutama kayu karena permukaan berpori (seperti kayu) menawarkan lingkungan yang sempurna bagi jamur untuk tumbuh.

Baca Juga : Simak 3 Cara Menghilangkan Jamur pada Furnitur Kain, Mudah dan Ampuh!

Itulah mengapa jamur kayu sangat memprihatinkan untuk furnitur itu sendiri. Karena menghilangkan jamur tidak hanya menghilangkan noda jamur dan permukaan jamur.

Tetapi sebenarnya menembus kayu secara efektif dengan proses pembersihan untuk membunuh jamur sepenuhnya dari kedua permukaan, dan bagian dalam dari kayu.

Jika dibiarkan tumbuh, jamur akan merusak integritas kayu dan tidak dapat diperbaiki lagi. Namun jangan khawatir, ada cara efektif untuk menghilangkan jamur.

Baca Juga : Gunakan 8 Warna Ini untuk Kursi Makan Minimalis, Ruangan Akan Lebih Elegan!

Bukan hanya itu kamu juga bisa merawat area yang terkena hingga tuntas sehingga jamur tidak kembali lagi.

Cara Mengatasi Jamur yang Muncul pada Furnitur

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan jamur pada furniture kayu.

Di antaranya yaitu:

Baca Juga : Aneka Perabotan Rumah Minimalis dari Material Besi dan Logam

1. Menghilangkan jamur pada furnitur kayu yang muncul dalam skala kecil

Furniture terserang jamur
Furniture kayu terserang jamur

Untuk pekerjaan kecil, kamu bisa menggunakan larutan buatan sendiri dengan mengisi botol semprot dengan larutan buatanmu sendiri.

Solusi ini paling baik untuk pekerjaan yang lebih kecil karena kemungkinan kamu juga telah mengetahui masalah jamur lebih awal sebelum mereka memiliki kesempatan untuk masuk terlalu jauh ke dalam kayu.

Ketika kamu sudah mengetahui kemunculan jamur lebih awal, akan lebih mudah untuk menghilangkannya dengan botol semprot berisi air hangat dan cuka putih suling.

Baca Juga : Cara Mengawetkan Kayu Agar Kualitasnya Terjaga dan Lebih Tahan Lama

Saat kamu menghilangkan jamur dari kayu dengan cara ini, itu akan merawat area yang terkena dan menangani jamur ringan dengan cepat.

2. Hilangkan jamur dengan resiko kerusakan yang lebih besar

Furniture kabinet kayu terkena jamur

Untuk membersihkan jamur dari kayu saat itu adalah pekerjaan yang lebih besar, solusi buatan sendiri mungkin masih membantu, tetapi pastikan kamu tahu persis jamur yang kamu bersihkan.

Jamur hitam, misalnya, membutuhkan lebih dari sekadar larutan cuka suling dan air hangat dalam botol semprot untuk membersihkannya.

Baca Juga : Rekomendasi Produk Antijamur untuk Perawatan Kayu yang Masih Muda

Tapi kita akan berbicara lebih banyak tentang blue stain dan black stain di bagian ‘pertumbuhan jamur yang parah’ di bawah ini.

Jika ada bercak besar jamur putih atau hijau, kamu mungkin bisa menggunakan vodka, cuka, atau cairan pembersih untuk menghilangkannya.

Pastikan kamu dapat mencari spora jamur yang lepas dan pastikan kamu juga mampu membersihkan semuanya.

Baca Juga : BioCide Insecticide, Antikumbang Bubuk Kayu Terbaik

Spora lepas dapat tumbuh lagi dan kamu harus kembali menghilangkan jamur dari kayu nanti. Saat membersihkan jamur, berhati-hatilah agar jamur tidak muncul kembali.

3. Kerusakan akibat spora jamur yang parah

jamur blue stain
cacat kayu karena jamur blue stain

Jamur blue stain dan black stain tetap menjadi ancaman terbesar seperti yang telah kami tetapkan sepanjang posting hari ini – untuk menghilangkan jamur ini dari kayu.

Kamu harus berinvestasi dalam penghilang jamur komersial yang kami sebutkan di atas. Sekali lagi, teliti, bersihkan semua spora yang lepas.

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Ini untuk Hilangkan Lumut Membandel di Rumah, Dijamin Ampuh!

Jangan lupa, harus mengenakan alat pelindung saat membersihkan jamur. Pakai sarung tangan karet, dan kacamata pengaman, dan lain-lain.

Untuk semua metode pembersihan di atas, terutama jika menggunakan penghilang jamur komersial untuk membersihkan area yang terkena.

Harap dicatat:

Jika kamu khawatir tentang tingkat keparahan masalah akibat black stain atau jamur hitam, atau jika kamu memiliki white stain atau bahkan blue stain dalam jumlah yang tidak dapat dikelola.

Baca Juga : Rawat Kayu Log dengan Obat Anti Jamur BioCide Wood Fungicide

Sebaiknya kamu segera menghubungi layanan pembersihan profesional untuk mengatasi masalah tersebut.

Mereka akan dilatih untuk membuat area yang terkena jamur bebas dan juga membantu mencegah jamur tumbuh kembali.

Sumber: homesdirect365.co.uk

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *