Penurunan kualitas kayu akibat pertumbuhan jamur dapat diatasi dengan cara menghilangkan jamur pada kayu menggunakan Biocide.

Kayu merupakan material yang sangat unik. Karakteristik dari bahan ini mempunyai banyak variabel yang mampu mempengaruhinya. Di Indonesia saja, terdapat banyak jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk kebutuhan tertentu. Masing-masing dari jenis kayu tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Sifat-sifat dari tiap jenis kayu bisa digolongkan dengan berbagai aspek, seperti tampilan, ketahanan, kekerasan, ciri serat dan masih banyak hal lainnya. Pengrajin yang menggunakan kayu sebagai material untuk produk yang diproduksinya pun perlu memahami tiap karakteristik dari masing-masing jenis kayu ini untuk menghasilkan produk yang terbaik.

Terlepas dari karakteristiknya yang sangat variatif, kayu sebenarnya masih mempunyai banyak manfaat dalam kehbidupan manusia. Kayu sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu di zaman purba. Hingga era modern seperti sekarang sekalipun, material ini masih cukup banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. Bahan kayu masih sangat banyak digunakan untuk produk kerajinan, hingga produk-produk yang memiliki fungsi yang tinggi seperti furniture, pembuatan bagian tertentu pada rumah, hingga bahan utama pada konstruksi hunian. Material ini masih menjadi favorit karena mudah didapat di berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu, kayu juga merupakan material yang fleksibel dan mudah dijadikan berbagai macam benda-benda keperluan tersebut.

Baca juga:
Obat Jamur Di Kayu Yang Bagus

Jamur pada kayu dan solusinya

Ada banyak sifat-sifat dari kayu yang terkadang menjadi halangan ketika mengolah material ini. Salah satu kelemahan kayu yang seringkali dihadapi oleh pengrajin adalah sifatnya yang sangat bergantung pada keadaan alam sekitarnya. Gejala-gejala alam tertentu seperti perubahan cuaca, peribahan suhu dan kelembaban akan dapat berdampak langsung pada kualitas kayu. Contoh kerusakan kayu yang paling sering terjadi akibat faktor tersebut adalah tumbuhnya mikroorganisme yang berada di sekitar badan kayu. Mikroorganisme tertentu seperti jamur dapat membuat kualitas kayu menjadi menurun atau bahkan rusak. Dampak langsung yang sering terjadi akibat pertumbuhan jamur pada kayu adalah kerusakan struktur dan kerusakan tampilan karena meninggalkan perbedaan warna di permukaannya yang cukup mengganggu pandangan.

Pertumbuhan jamur pada kayu sendiri seringkali tidak bisa diprediksi oleh pengrajin. Terkadang bisa terjadi setelah beberapa waktu ketika kayu dijadikan produk furniture, ada juga yang dengan cepat menjalar ke badan kayu yang akan diproduksi. Hal itu tentu akan sangat mengganggu proses produksi maupun kepuasan konsumen yang sudah terlanjur membelu suatu produk furniture. Pengrajin pelru mengatasinya dengan memberikan langkah tambahan sebelum kayu diolah untuk diproduksi. Salah satu caranya adalah dengan memberikan obat anti jamur pada kayu. Cara menghilangkan jamur pada kayu ini dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana jika menggunakan produk anti jamur yang tepat.

Salah satu produk yang bisa dipakai sebagai obat anti jamur pada kayu adalah Biocide. Produk ini mempunyai kemampuan yang tinggi untuk mengatasi jamur pada kayu secara efektif. Biocide memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri di setiap larutannya. Cara menghilangkan jamur pada kayu dengan Biocide ini pun cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan berbagai macam metode. Kayu dapat direndam pada cairan yang sudah dicampur dengan Biocide. Cairan yang sama juga bisa diaplikasikan dengan cara disemprot atau dioleskan. Efektivitas kerja dari Biocide juga sangat terjamin karena produk ini bekerja dengan spectrum yang luas.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *