Kayu adalah material yang telah lama dimanfaatkan manusia. Berbagai produk dari bahan ini sudah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang. Salah satunya adalah parket. Namun tentu saja tak semua kayu bisa digunakan untuk pembuatan parket. Hanya kayu-kayu khusus seperti kayu ulin yang dapat diandalkan. Parket kayu ulin sendiri hingga kini telah menjadi salah satu primadona di pasaran.

Mengapa Ulin?

Penggunaan ulin sebagai bahan lantai parket bukanlah hal yang aneh. Ulin memiliki karakter yang masuk dalam persyaratan parket ideal. Kayu yang juga biasa disebut kayu bulian ini juga telah sering dimanfaatkan dalam kebutuhan kayu heavy duty seperti jembatan dan perkapalan.

Berikut ini beberapa karakter kayu ulin yang membuatnya cocok digunakan untuk lantai:

Sangat Keras

Tingkat kekerasan ulin sangat tinggi. Karakter inilah yang membuatnya sering dijuluki sebagai kayu besi atau iron wood. Bahkan saking kerasnya, ulin jarang dipakai untuk pembuatan furniture. Bahan ini memang masih bisa dikerjakan, namun pemotongannya akan sangat sulit sehingga menyebabkan keengganan industri mebel. Namun justru inilah yang membuat ulin sangat pas digunakan sebagai bahan lantai kayu. Sebagai komponen bangunan yang dijadikan tempat pijakan, tentu diperlukan substrat yang benar-benar keras sehingga tidak mudah rusak.

Awet dan Kuat

Kayu ulin memiliki tingkat keawetan sangat baik. Kelas keawetannya berada di level 1, demikian juga kekuatannya di level 1. Ini menunjukkan kualitas kayu yang tahan terhadap serangan berbagai hama seperti jamur dan serangga. Meski, treatment pengawetan tetap disarankan sebagai langkah antisipasi.

Ketahanan kayu juga ditunjukkan dengan sifatnya yang tak mudah dirusak faktor abiotik. Parket kayu ulin sangat tahan terhadap kelembaban dan cuaca sekitar pantai. Hal ini pun sudah lama disadari masyarakat yang menggunakannya untuk kebutuhan-kebutuhan menantang seperti pembuatan bantalan rel hingga dermaga.

Tampilan Menarik

Parket kayu ulin mampu memberikan tampilan ruang yang menarik. Warna ulin secara natural terlihat coklat kehitaman di bagian terasnya. Sedangkan bagian gubalnya nampak warna kuning muda. Antara bagian teras dan gubal terlihat perbedaan sangat kontras.

Mengapa Parket Kayu Ulin Dipilih? Ini Alasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *