Banyak orang yang membuang silica gel begitu saja setelah membeli barang baru. padahal banyak manfaat silica gel yang bisa Anda gunakan dalam kebutuhan sehari-hari

Apa yang Anda lakukan setelah membeli barang baru dan menemukan sachet kecil dalam box barang tersebut? Membuangnya, membiarkannya atau menggunakannya untuk kebutuhan lain? Ya, sachet kecil tersebut biasanya berisi butiran-butiran kecil yang keras dan sering disebut dengan silica gel.

Daripada tidak digunakan atau membuanganya, akan lebih baik jika Anda menggunakan silica gel tersebut untuk kebutuhan lainnya. Adapun manfaat silica gel belum Anda ketahui sebagai berikut

Manfaat Silica Gel Yang Patut Anda Ketahui

Silica gel memang sangat sering kita jumpai ketika membeli barang-barang baru seperti sepatu atau bahkan obat-obatan. Ya, terdapat silica gel yang sangat aman digunakan untuk makanan atau obat-obatan. Terlepas dari jenis silica gel tersebut, berikut manfaat silica gel yang perlu Anda ketahui untuk mengawetkan barang-barang Anda:

  1. Menjaga Kosmetik

Ruangan yang lembab terkadang membuat segala barang kesayangan Anda mudah rusak terutama bagi kaum perempuan yaitu kosmetik. Kosmetik akan mudah berjamur sehingga tidak bisa digunakan sebab kosmetik yang berjamur juga akan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kulit, untuk mengatasinya Anda bisa menaruh satu sachet silica gel pada kosmetik Anda.

  1. Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Tas

Sering kita merasa kebingungan ketika tas yang Anda gunakan sehabis olahraga berbau tidak sedap akibat keringat. Pada umumnya, tas hanya akan diangin-anginkan atau dijemur dibawah sinar matahari. Memang cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau menyengat, tapi akan jauh lebih baik Anda menaruk silica gel di dalam tas Anda agar kualitas bahan tas juga tidak mudah rusak

  1. Mengawetkan Foto

Terkadang foto yang sudah dicetak akan luntur dan memudar sehingga membuat kita kebinggungan terutama foto lawas yang hanya dicetak dengan film. Tentu akan jauh kesulitan karena film sudah tidak lagi digunakan pada jaman saat ini. Agar album foro lawas Anda tetap terjaga dengan apik dan kualitas gambar tetap seperti awalnya, Anda bisa meletakkan silica gel di dalam album foto Anda. hal ini jauh lebih efektif karena penyebab utama album foto rusak adalah udara yang lembab

  1. Mengawetkan bumbu Dapur

Bumbu dapur terkadang sangat mudah berjamur atau membusuk jika diletakkan diruang terbuka. Memang resiko jauh lebih besar jika diletakkan di ruang terbuka, namun untuk menjaga kualitas bumbu dapur Anda bisa menggunakan silica gel untuk menyerap kelembaban di sekitar ruangan tersebut.

Silica Gel Yang Bagus Untuk Digunakan

Melihat manfaat silica gel diatas tentu sangat berpengaruh dalam kebhidupan sehari-hari kita. Na mun, mungkin diantara kita belum mengetahui jenis silica gel yang perlu digunakan. Seperti yang disinggung di atas bahwa terdapat silica gel yang aman untuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yaitu silica gel putih dan silica gel natural.

Apa perbedaan silica gel putih dan silica gel natural? Silica gel putih biasanya berbentuk butiran grubal berwarna putih bening. Silica gel ini terbuat dari sodium silikat yang bersifat hydropolik yaitu yang mampu menyerap air di udara. Sangat cocok digunakan untuk alat elektronik seperti kamera, hape dll. Silica gel ini juga cocok digunakan untuk menyerap kelembaban pada makanan kering atau obat-obatan.

Sedangkan silica gel natural jauh lebih aman daripada silica gel putih karena terbuat dari perpaduan dari mineral alami. Bentuknya butiran grubal dengan warna kecoklatan atau keabu-abuan. Sangat cocok untuk menyerap lembab pada obat-obatan, makanan atau sesuatu yang mudah dikonsumsi.

Pastikan Anda selalu menggunakan silica gel yang aman agar tidak mengganggu kesehatan ataupun lingkungan sekitar Anda. Demikian manfaat silica gel untuk kebutuhan sehari-hari yang bisa Anda pergunakan.

Berikut Manfaat Silica Gel Yang Belum Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *