lantai kayu ulin

Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Lantai Kayu: Membuat Pilihan yang Tepat

Mengenal keuntungan dan kekurangan penggunaan lantai kayu harus dipahami. Apalagi, bagi Anda yang ingin mengganti lantai pada rumah dengan menggunakan lantai kayu.

Mungkin lantai mulai tertutup noda membandel karena sepatu kotor atau goresan furnitur dan hewan peliharaan. Atau lantai di rumah ternyata sudah rusak karena banjir? Jika demikian, ini juga alasan yang bagus untuk mengganti lantai dengan lantai kayu.

promo produk white agent wa-250

Keuntungan Lantai Kayu dari Penggunaannya

kekurangan lantai kayu
lantai kayu bengkirai

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari penggunaan lantai kayu, di antaranya:

1.      Berkontribusi pada udara dalam ruangan yang lebih sehat

Apa manfaat dari lantai kayu? Salah satu alasan terbesar mengapa Anda harus memilihnya adalah memastikan udara dalam ruangan yang lebih baik.

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita alergi, Anda akan senang mengetahui bahwa lantai kayu keras tidak menyerap partikel seperti debu dan polutan. Karpet diketahui mengandung partikel-partikel ini, termasuk parasit. Jadi jika tujuan utama Anda adalah menghindari alergen dengan cara apa pun, gunakan bahan kayu.

Baca Juga : Mengidentifikasi Jenis-Jenis Jamur Perusak Kayu, Ada 3 Jenis Paling Umum

promo produk biocide surface film preservative

2.      Keunggulan lantai kayu juga dapat meningkatkan interior rumah

Ketika berbicara tentang kelebihan dan kekurangan lantai kayu, orang-orang memikirkan penampilan terlebih dahulu. Kayu keras terlihat cemerlang dan memberi rumah Anda nuansa keanggunan dan kehangatan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Bahan lantai lainnya cenderung memudar seiring waktu, tetapi bukan kayu keras. Apalagi jika Anda memilih kontraktor yang memasang lantai kayu berkualitas tinggi. Berbicara tentang daya tarik estetika, lantai kayu juga cocok dengan dekorasi interior apapun. Modern atau vintage, tidak masalah.

3.      Membuat perawatan menjadi lebih mudah

Mungkin Anda pernah mendengar rumor bahwa lantai kayu sulit dirawat. Ini sama sekali tidak benar. Merawat lantai kayu keras untuk menjaga keindahan dan kebersihannya itu sederhana. Sapu untuk menghilangkan debu dan partikel. Jika Anda menumpahkan air atau minuman berwarna di permukaannya, segera bersihkan dengan kain bersih. Gunakan pembersih lantai yang sudah teruji untuk mengembalikan kilaunya. Mudah sekali, bukan?

Baca Juga : Tips Memilih Kursi Cafe yang Tepat dan Berkualitas

4.      Meningkatkan nilai rumah Anda

“Mengapa kayu keras bagus dalam kaitannya dengan nilai rumah Anda?” Nah, kayu keras pasti membantu Anda mencapai pengembalian investasi yang lebih tinggi. Anda bisa menjual rumah Anda lebih cepat dan dengan harga yang lebih baik.

Sebuah artikel di majalah Time menyatakan bahwa lantai kayu keras adalah salah satu fitur yang bersedia dibayar oleh pembeli. Inilah sebabnya mengapa banyak pemilik rumah mengganti karpet lama mereka jika mereka berencana menjual propertinya dalam waktu dekat.

5.      Tersedia dalam berbagai jenis

Tanyakan kontraktor lokal Anda tentang spesies kayu alami untuk lantai Anda. Memulai dengan jenis lantai ini adalah pengalaman yang menyenangkan karena ada banyak pilihan untuk dipilih. Anda dapat meminta kontraktor memberi Anda ukuran papan yang unik, warna tertentu, atau jenis kayu. Mengenai bahan kayu itu sendiri, berikut adalah beberapa pilihan yang indah:

  • ek
  • Mahoni
  • Hickory
  • Pinus
  • ceri
  • kenari
  • Cypress

Daftar spesies yang disebutkan di atas akan bervariasi dalam hal warna, kemudahan pemasangan, dan kerentanan terhadap goresan.

Baca Juga : Kenapa Jamur Sering Muncul pada Furniture Kayu? Begini Cara Mengatasinya!

6.      Bisa direstorasi dengan mudah

Dalam hal restorasi, Anda akan menemukan kayu keras yang mudah ditangani. Agar terlihat seperti baru, ganti area yang rusak dengan yang baru. Anda juga dapat melakukannya dengan bantuan kontraktor jika mengalami kesulitan dalam proses restorasi.

Kerugian Lantai Kayu dari Penggunaannya

lantai kayu ulin
lantai kayu ulin

Ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari penggunaan lantai kayu keras, di antaranya:

1.      Biaya material dan jasa pemasangan

Apakah lantai kayu mahal? Ya, harganya lebih mahal daripada kebanyakan bahan karena kualitas bahan dan pengerjaannya. Memasang lantai kayu membutuhkan keahlian dari para profesional yang berpengalaman. Meski harganya mahal, tetap saja orang terus membeli lantai kayu karena nilainya yang tahan lama.

Baca Juga : Trik Mengecat dan Memilih Warna Pagar Besi dengan Benar

2.      Rentan terhadap kerusakan air

Pastikan untuk segera membersihkan lantai kayu untuk mencegah kerusakan akibat kelembapan. Karena kayu adalah bahan alami, maka rentan terhadap kerusakan air. Jika lantai tidak segera dikeringkan akan mengakibatkan perubahan warna, pinggiran terangkat, dan tekuk.

Semua konsekuensi kerusakan air ini mengarah pada penggantian dini. Pastikan untuk menghubungi spesialis pemulihan kerusakan air jika lantai kayu Anda terendam air banjir. Jika tidak ada banjir, Anda cukup mengeringkan lantai dengan menyedot debu dan menyetel kipas dengan kecepatan penuh.

Satu-satunya downside adalah prosesnya bisa memakan waktu. Ini mungkin memakan waktu satu hari penuh tergantung pada area yang membutuhkan pengeringan.

3.      Kerugian penggunaan lantai kayu juga mudah rusak karena goresan

Goresan adalah salah satu musuh terburuk dari lantai kayu. Goresan langsung mengurangi keindahannya. Beberapa lantai kayu lebih rentan terhadap goresan. Anda dapat mengatasi goresan ringan dan kecil dengan menggunakan lapisan pelindung atau pengisi lilin. Goresan yang lebih dalam mendorong Anda untuk meminta bantuan profesional.

Baca Juga : Mengenal 5 Ciri Kayu Jati yang Punya Kualitas Tinggi, Simak di Sini

Material Lantai Lainnya Selain Kayu

Kelebihan dan kekurangan lantai kayu sudah kita bahas di bagian sebelumnya. Sekarang setelah Anda mengenal mereka, mungkin Anda juga tertarik dengan opsi material lainnya. Dua opsi material yang bisa dipilih adalah:

  1. Lantai Ubin Keramik

Ubin keramik membuat pilihan yang tahan lama karena menangani lalu lintas pejalan kaki yang tinggi dan tahan air. Sebagai pemilik rumah, Anda memiliki kebebasan penuh untuk memasang ubin keramik di ruangan mana pun di rumah Anda. Plus, Anda akan menyukai cetakan menarik yang tersedia untuk ubin keramik.

  1. Lantai Ubin Laminasi

Dibandingkan dengan jenis bahan lantai lainnya, lantai laminasi dikenal terjangkau. Benda keras tidak mudah merusak ubin laminasi. Anda juga bisa mendapatkan lantai laminasi yang terlihat seperti batu asli. Betapa cantiknya!

Baca Juga : Cara Mengawetkan Kayu Agar Kualitasnya Terjaga dan Lebih Tahan Lama

promo produk biocide insecticide

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hotline
895323104338