Kayu glugu kini mendapat penilaian positif dari masyrakat maupun pengrajin. Seiring perkembangam teknologi pengolahan kayu, kayu glugu mendapat tempat untuk dijadikan produk yang lebih variatif tanpa kelemahannya. Butuh pengawet kayu glugu berkualitas agar tekstur tetap sempurna.

Selama ini pemanfaatan pohon glugu hanya terbatas pada buahnya saja, serta pada tingkat tertentu pemanfaatan dari sabut, tandan dan pelepah. Bagian batang yang mempunyai masa terbesar dari pohon glugu belum dimanfaatkan secara komersil. Hal ini disebabkan kualitas kayu glugu yang rendah.

Memanfaatkan kayu glugu dengan sebaik-baiknya, merawatnya agar umur pakai panjang akan memperoleh banyak keuntungan. Selain akan lebih ekonomis, karena jarangnya penggantian kayu, kayu akan lebih berfungsi maksimal dan menghemat kayu di hutan. Salah satu cara untuk mendukung langkah bersama ini yaitu dengan mengawetkan kayu glugu.

Disamping sebagai furniture kerangka bangunan,  batang pohon glugu  juga memiliki nilai estetika yang unik karena bentuk dan tekstur kayu yang khas. Manfaat Kayu Batang Pohon glugu , yang selama ini secara tradisional lebih banyak digunakan sebagai kayu konstruksi berat seperti balok dan kaso, mulai digunakan sebagai komponen pintu, jendela, furnitur dan lantai. Kekususan karakter Batang ohon Glugu  ini antara lain adalah sifat-sifat fisik kayu, terutama kerapatannya, yang sangat variatif.

parket kayu glugu
kayu glugu mendapat tempat untuk dijadikan produk yang lebih variatif tanpa kelemahannya. Butuh pengawet kayu glugu berkualitas agar tekstur tetap sempurna.

Kerapatan kayu bagian dermal (perifer) jauh lebih tinggi daripada bagian subdermal dan bagian tengah, yang secara beturut-turut sebesar 600 kg/m3, 400 – 600 kg/m3 dan 200 – 400 kg/m3. Perbedaan tersebut juga terdapat antara kayu glugu  bagian pangkal, tengah dan ujung batang (baca: Hasil-hasil Olahan Pohon Glugu ).

Kayu dari batang pohon glugu  selain digunakan sekarang dan bernilai untuk produksi furniture. Batang pohon glugu  juga digunakan untuk konstruksi tiang. Pemrosesan glugu  juga memberi kesulitan praktis. Tingkat konversi batang glugu  utuh menjadi kayu bulat relatif rendah. Lebih jauh lagi, Kayu batang glugu  memiliki kandungan silika tinggi, sangat keras dan memerlukan pisau gergaji khusus bermata tungsten.

Penggunaan, manfaat  dan kualitas Kayu dari batang pohon glugu  sebagai bahan konstruksi sudah banyak sekali dilakukan oleh rakyat pedesaan karena dianggap lebih kuat dan awet. Meskipun harus ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian kusus seperti pengawetan menggunakan bahan yang berkualitas, seperti cypermethrine. Tujuannya agar terhindar dari rayap dan kumbang bubuk.

Pengawet Kalu Glugu Cypermethrine

Pengawetan kayu glugu  menggunakan bahan pengawet cypermethrine sangat direkomendasikan. Kenapa demikian? karena merupakan bahan yang murah, ramah lingkungan, mudah diperoleh dan mudah dalam pemakaian. Cypermethrin merupakan racun kontak dan racun saraf yang kerjanya cepat sehingga serangga akan mengalami keracunan. Pemakaian cypermethrine dengan konsentrasi 0,10% sudah cukup efektif untuk mencegah serangan rayap kayu kering. Saat ini sudah dikemas dalam nama yang disebut BioCide Insecticide dalam ukuran 130 gr.

BioCide Insecticide dapat diaplikasikan dengan system spray, pipa injeksi, vakum tekan, hingga perendaman. Bahan pengawet kayu tersebut cocok digunakan oleh industri pengolahan kayu yang akan dikirim ke tempat lain maupun dijadikan bahan baku lainnya.

Keunggulan BioCide Insecticide  Yang Perlu Diketahui

  1. Diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (woodworking) dan konstruksi bangunan.
  2. Efektif dan efisien memcegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, thether (thothor), kecoa dll.
  3. Memiliki spektrum organisme target luas.
  4. Aman dan ramah lingkungan.
  5. Dapat dilarutkan dengan air (ekonomis)
  6. Stabilitas atau masa aktif sampai 2 tahun.

Pengawet ini merupakan solusi untuk meningkatnya konsumsi kayu  mewah yang mahal. Penggunaan kayu komersil yang mewah semakin meningkat, maka demikian juga dengan pengawet kayu glugu yang berkualitas seperti BioCide Insecticide. Kolaborasi keduanya dapat mengatasi kebutuhan kayu glugu  yang melonjak. Apabila Anda tertarik mengawetkan kayu glugu yang belum dikontruksi atau sudah jadi mebel, Biocide Insecticide dapat dipesan melalui customer service.

Inilah Teknik Menjaga Tekstur Kayu Glugu Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *