Terbuat dari bahan alami seperti kayu dan bambu memang membuat bungalow lebih menarik. Namun kita harus waspada dan melakukan pencegahan agar bungalow tidak berlumut. Beberapa faktor penyebab bungalow berlumut harus diminimalisir.

cottage kayu di tengah hutan

Berikut ini saran yang bisa Anda ikuti.

Cara Mencegah

Proses pencegahan sebaiknya dilakukan sejak masa perancangan bungalow. Umumnya, bangunan ini diletakkan di wilayah pariwisata dan didesain dalam suasana natural. Hasilnya memang menawan. Namun Anda harus waspada dengan “kombinasi” anatar kelembaban udara yang tinggi dan banyaknya bahan organik. Kondisi ini menjadi pemicu berbagai hama mulai dari jamur, lumut, hingga bakteri pembusuk. Solusi yang bisa Anda terapkan adalah:

  1. Melakukan pembersihan secara berkala
  2. Aplikasi cat baik natural maupun solid yang tahan lumut. Anda bisa menambahkan fungisida cat water based, BioCide Surface Film Preservative.
  3. Menggunakan bahan kayu dan bambu yang sudah diawetkan dengan BioCide Wood Fungicide. Fungisida ini bukan hanya mampu mencegah jamur, namun juga bakteri pembusuk dan lumut.
  4. Aplikasi pemoles kayu dan bambu yang bisa mencegah hama.
  5. Perancangan dan aplikasi sistem ventilasi yang baik.

Mengatasi Masalah Bungalow Berlumut

Untuk mengatasi bungalow yang sudah terlanjur berlumut, gunakanlah BioCide Surface Film Preservative. Larutkan produk tersebut dalam air atau solvent lalu aplikasikan pada bagian berlumut yang sudah dibersihkan secara fisik terlebih dahulu. Biarkan obat meresap untuk membunuh spora jamur yang masih tertinggal.bungalow berlumut

Bila lumut sudah tumbuh masuk ke dalam lapisan cat, amplas dulu lapisan tersebut baru diaplikasikan BioCide. Lakukan pengecatan ulang dengan cat yang warnanya cocok. Bila memungkinkan gunakan cat water based. Penggunaan cat water based memungkinkan Anda mengaplikasikan BioCide Surface Film Preservative ke dalam coating tersebut.

Setelah lumut berhasil diatasi, jangan lupa lakukan pencegahan seperti yang disebut di atas. Bila Anda membiarkan kebiasaan lama, sama saja Anda harus mengatasi masalah bungalow berlumut ini berulang-ulang. Budget yang harus dikeluarkan pun sudah dipastikan membengkak. Apalagi bila treatment ini memerlukan waktu lama yang membuat bungalow tak bisa disewakan atau malah disewakan dalam kondisi masih berlumut. Masalah reputasi akan sangat dipertaruhkan di sini.

Tips Mengatasi dan Cara Mencegah Bungalow Berlumut