Cara Mudah Mencegah Bambu dari Teter dengan Biocide Insecticide

Mencegah bambu dari teter – Sangat penting untuk mencegah bambu dari teter, karena adanya hama teter pasti akan sangat merugikan. Bambu yang terkena serangan teter tidak akan maksimal untuk diolah, maka penting untuk mencegah bambu dari teter. Beragam produk kerjinan bambu juga harus dirawat agar bisa terindar dari serangan teter.

Bambu adalah salah satu jenis tanaman yang sering kita jumpai di sekitar kita dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku aneka barang, seperti furniture, alat musik, rumah, dan aneka kerajinan lainnya. Meskipun banyak dimanfaatkan, nyatanya bambu juga merupakan bahan yang rawan terkena serangan hama.

Salah satu hama yang sering menyerang bambu adalah kumbang teter. Kumbang teter banyak ditemui pada bambu yang kering. Kumbang dapat merusak banyak produk yang terbuat dari kayu, bambu dan rotan seperti lantai, panel, furniture, keranjang dan lain sebagainya. Kerusakan yang muncul berupa lubang kecil atau sisa bubuk di sekitar lubang yang ada.

Untuk mencegah bambu terkena serangan teter, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang paling mudah dan sering dilakukan adalah dengan mengawetkan bambu menggunakan obat teter bambu. Untuk mencegah bambu terkena serangan teter, ada 2 hal yang paling berpengaruh. Pertama, kualitas obat yang digunakan dan kedua adalah metode atau cara yang akan diaplikasikan.

Kenapa Harus Mengawetkan Bambu?

Bambu adalah bahan alami yang besifat organik. Jika tidak ada perlakuan tertentu untuk melindunginya, maka daya tahan bambu tidak akan bertahan lama karena bambu tidak memiliki unsur toksik pada struktur batangnya seperti pada jenis kayu keras contohnya meranti dan jati.

Jika ada kerusakan pada bambu, tentu saja akan mempengaruhi kekuatan, kegunaan, serta nilai dari produk bambu yang dihasilkan nantinya. Kerusakan pada bambu tentu bisa menyebabkan pelapukan, bambu menjadi retak atau bahkan pecah, bisa juga menyebabkan adanya noda dan lubang yang timbul akibat serangan hama.

Oleh karena itu, mengawetkan bambu sangat penting, apalagi jika bambu akan digunakan untuk keperluan struktur bangunan sehingga sangat penting memperhatikan kualitas bambu agar lebih aman dan kokoh. Selain itu, jelas saja pengawetan akan menguntungkan karena dapat membuat usia bambu menjadi meningkat dan lebih lama.

Sedangkan dari segi pengawetan, cara dan bahan yang digunakan pada saat pengawetan juga perlu diperhatikan. Mungkin saja ada beberapa cara dan bahan tertentu yang kurang cocok atau kurang tepat untuk diterapkan untuk pengawetan bambu. Meskipun sebenarnya pilihan cara atau bahan yang ada saat ini dapat mengcover sebagian besar kebutuhan pengawetan bambu saat ini.

Cara Memilih Obat Teter Bambu Berkualitas

Dalam hal pengawetan bambu tentu saja diperlukan pemilihan obat yang tepat dan berkualitas, sehingga dapat mengawetkan bambu dengan baik pada jangka waktu yang cukup lama. Pilihlah obat teter bambu yang berkualitas seperti biocide insecticide.

Mengandung cypermethrine 100 Ec sebagai bahan aktifnya yang sangat ampuh dalam membunuh hama seperti kumbang teter, karena bekerja dengan melakukan kontak langsung terhadap lambung hama dan membunuhnya secara bertahap.

alterntif text

Biocide insecticide dapat memberikan perlindungan selama 2 tahun sejak pertama kali diaplikasikan. Dengan memanfaatkan prinsip peresapan obat pengawet kedalam substrat bambu, sehingga dapat menjadikan produk ini sebagai rekomendasi obat teter bambu yang berkualitas.

Keunggulan dan Kegunaan Biocide Insecticide

Sebagai pilihan obat teter bambu berkualitas, biocide insecticide tentu saja memiliki keunggulan dan kegunaan disbanding produk lainnya, diantaranya:

Keunggulan biocide insecticide:

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biocide Insecticide untuk mencegah bambu dari hama teter dan lainnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Efektif dan efisien mencegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, teter (totor), kecoa, dan hama lainnya

Menggunakan bahan baku yang efektif untuk membunuh hama, pemilihan Biocide Insecticide merupakan obat anti hama yang tepat untuk digunakan. Berbeda dengan produk anti hama lainnya, saat menggunakan produk ini Anda pasti akan lebih efisien karena sudah bisa digunakan untuk berbagai jenis hama.

Karena mengandung cypermethrine 100 Ec sebagai bahan aktifnya, membuat Biocide Insecticide mempunyai kemampuan menghalau hama pada media kayu yang telah diaplikasikan. Produk ini merupakan jenis insektisida yang mengandung racun kontak sehingga efektif membunuh pertumbuhan hama dengan tepat.

Bukan hanya hama teter, Anda bahkan bisa melakukan perawatan untuk mencegah serangan hama lainnya. Seperti rayap, kumbang bubuk, kutu kayu, nyamuk, hingga kecoa. Optimalnya penggunaan produk ini juga bisa bermanfaat untuk berbagai kebutuhan pencegahan hama jenis lainnya.

  1. Diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (wood working) dan konstruksi bangunan

Menjawab kebutuhan industri dan konstruksi pada bidang kayu, sehingga dapat membantu menjaga kondisi media kayu agar tetap terawat, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Jika Anda merupakan seorang produsen dalam bidang penjualan bambu, obat ini bisa menjadi pilihan yang efektif untuk digunakan.

Penggunaannya yang efektif diaplikasikan pada berbagai media membuat obat anti hama ini juga cocok diaplikasikan pada bambu. Anda bisa mengaplikasikannya karena tentu saja penggunaan produk ini juga lebih efisien meski hanya menggunakan sedikit namun efektifitasnya tidak perlu diragukan lagi.

  1. Memiliki spectrum organisme target luas

Tidak hanya berfokus pada satu jenis serangga, membuat biocide insecticide dapat digunakan untuk menghalau berbagai jenis hama yang berpotensi merusak media kayu termasuk bambu. Hama yang menyerang bambu memang sangat bergam, dan salah satu yang sering menjadi pemicu masalah adalah hama teter.

Penyebab munculnya kumbang bubuk ini juga bisa dibasmi dengan Biocide Insecticide yang sangat mudah diaplikasikan. Anda tidak perlu menggunakan berbagai bahan yang sulit dan butuh biaya tambahan yang banyak untuk mengaplikasikan obat ini. Meski demikian, nyatanya penggunaan obat ini memang efektif untuk mencegah berbagai jenis hama.

Diantaranya adalah hama teter, hama rayap, kumbang bubuk, dan lain sebagainya. Saat menyimpan di gudang, Anda juga tidak perlu khawatir untuk menggunakan obat ini agar tidak muncul hama lainnya yang memungkinkan mengganggu. Misalnya seperti hama kecoa, nyamuk, dan jenis hama yang lainnya.

  1. Dapat dilarutkan dengan air

Menggunakan air bersih sebagai pelarut obat pencegah hama tentuny bisa dilakukan. Seperti layaknya cat, obat anti hama yang lebih aman untuk digunakan juga bisa diencerkan dengan air bersih. Konsep water based pada obat pembasmi hama ini juga masih berlaku. Anda tidak perlu menggunakan thinner ataupun bahan pengencer kimia lainnya untuk mengencerkan Biocide Insecticide.

1 kg biocide insecticide dapat dilarutkan dengan 100 liter air, sehingga lebih ekonomis karena tidak perlu membeli bahan pengencer lainnya. Cukup diencerkan dengan menggunakan air bersih dan diaduk secara homogen, Anda sudah bisa menggunakan obat ini untuk merawat bambu dari seragan hama teter.

  1. Aman dan ramah lingkungan

Karena tidak diformulasikan dengan bahan kimia berbahaya, produk ini aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan. Anda tidak membutuhkan thinner, solar, atau bahan pengencer lainnya yang berpotensi meningkatkan bahaya penggunaan obat anti hama ini.

Selain berbahaya, penggunaan bahan – bahan tersebut juga akan membuat Anda meningkatkan biaya finishing yang dilakukan. Sementara dengan mengunakan air bersih, Anda bisa menghemat biaya dan membuat aplikasi obat anti hama lebih aman untuk dilakukan.

  1. Memiliki masa aktif hingga 2 tahun

Bukan hanya aman dan mudah untuk diaplikasikan, obat Biocide Insecticide juga aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Stabilitas bahan pengawet ini di dalam substrat kayu dapat bertahan sampai jangka waktu cukup lama, yaitu 2 tahun sejak pertama kali diaplikasikan.

Pemilihan obat pembasmi hama pada kayu juga penting diketahui masa aktifnya. Hal ini penting untuk diketahui karena berkaitan dengan waktu perawatan berikutnya. Masa aktif bahan aktif pada obat anti hama ini juga bisa menjadi tolak ukur keawetan penggunaan obat tersebut.

Kegunaan Biocide Insecticide:

Dari segi kegunaan, biocide insecticide dapat digunakan pada berbagai media kayu, triplek, serat alam, bambu, rotan, dan media kayu lainnya. Bahan ini efektif menjadi bahan pengawet media kayu yang dapat mencegah berbagai jenis serangga mulai dari totor, kecoa, rayap, kutu, kumbang bubuk dan serangan hama lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan produk ini sangat cocok diaplikasikan sebagai obat pengawetan bambu agar lebih terawat dan awet untuk digunakan. Demikian pula pada pengawetan jenis kayu lainnya agar lebih aman dan terhindar dari serangan hama.

Cara Menggunakan Biocide Insecticide

Untuk menggunakan biocide insecticide sebagai obat pengawet media kayu, pengaplikasiannya dapat dilakukan dengan beberapa sistem, diantaranya adalah: sistem spray, pipa injeksi, vakum tekan, dan dengan sistem perendaman.

Untuk menggunakan biocide insecticide inilah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  • Larutkan bahan pengawet dengan konsentrasi 0,1-0,2%

Anda dapat melarutkan 1 kg biocide insecticide dengan air hingga mencapai 1:100

  • Jaga pH larutan tetap stabil

Pastikan pH larutan tetap stabil baik untuk disimpan maupun saat ingin digunakan. pH yang sesuai untuk larutan ini adalah ± 7.

Cara Mudah Mencegah Bambu dari Teter dengan Biocide Insecticide
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!