Silica gel menjadi komponen yang cukup penting untuk suatu produk mulai dari box pengiriman barang-barang kerajinan, furniture, peralatan listrik, box sepatu, tas dan bahkan silica gel juga biasa digunakan untuk makanan atau obat-obatan.

Biasanya silica gel ini sudah terbungkus rapi dalam sachet ukuran kecil. Anda akan sering menjumpainya pada makanan kemasan, obat-obatan atau barang yang baru dibeli. Seluruh kota di Indonesia pasti sudah sangat familiar begitu pula di Jogja yang dikenal dengan kerajinan dari bahan-bahan alami seperti rotan dll.

ilica Gel Jogja Paling Mudah dan Murah

Lalu apa fungsi silica gel? Silica gel merupakan bahan penyerap air alami atau kelembaban udara yang bertujuan agar barang atau bahan seperti makanan tidak mudah rusak. Dampak yang sering terjadi ketika udara lembab diantaranya adalah berjamur atau membusuk bahkan diantara barang yang berbahan dasar kulit akan muncul jamur berwarna putih keabuan atau bahkan mengelupas.  Penggunaan silica gel Jogja pada barang-barang seperti kursi, tas atau sesuatu lain yang terbuat dari bahan alami sangat penting agar tidak mudah rusak ketika pengiriman.

Silica Gel Yang Bagus Untuk Kerajinan Tangan

Jogja merupakan salah satu kota yang dikenal dengan wisata alam dan berbagai budaya yang masih melekat di warganya. Namun, Jogja ternyata memiliki beragam karya yang bisa menjual hingga ke luar negeri yakni kerajinan tangan mulai dari tanah liat hingga yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti rotan, enceng gondok dan yang lainnya.

Untuk pengiriman baik antar daerah atau negara, maka akan dikemas sebaik mungkin agar tahan dari beragam benturan atau faktor lain. Yang menjadi masalah yang cukup penting untuk diperhatikan adalah cuaca. Faktor ini sangat berpengaruh pada barang-barang yang terbuat dari bahan alami karena bisa memicu tumbuhnya jamur atau kerusakan lainnya. Maka dari itu, untuk mencegah akan dampak tersebut dibutuhkan silica gel agar kelembaban dalam kontainer atau box tidak terlalu tinggi.

Dengan demikian pengiriman barang akan lebih aman dan barang bisa sampai dengan tujuan serta tidak mengalami kerusakan karena jamur. Nah, ketika membahas mengenai pengiriman maka yang harus diperhatikan adalah pengiriman barang ke luar negeri. Karena, berbagai negara sangat ketat terhadap kualitas barang dan keamanan barang seperti kualitas bahan yang digunakan. Mengingat akan hal ini, maka alangkah baiknya untuk menggunakan bahan-bahan yang sudah sesuai standar keamanan internasional.

Tidak hanya mengenai kandungan bahan yang digunakan saja, namun komponen yang cukup diperhatikan adalah silica gel selaku penyerap kelembaban. Tidak semua silica gel aman digunakan sebagai penyerap kelembaban. Diantaranya adalah silica gel biru yang notabene terbuat dari Cobalt Chloride yang membahayakan kesehatan.

Kenapa Silica gel biru dianggap berbahaya? Cobalt Chloride merupakan senyawa yang apabila digunakan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan keracunan untuk lingkungan sekitarnya. Maka disarankan, apabila ingin pengiriman barang gunakan silica gel yang aman seperti silica gel Jogja yakni silica gel putih maupun silica natural.

Mengenal Lebih Dekat Silica Gel

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa tidak semua silica gel itu aman untuk digunakan. Terdapat beberapa silica gel yang dilarang untuk digunakan dalam waktu yang lama atau untuk keperluan barang-barang pribadi. Sebab, silica gel yang berbahaya tersebut mengandung bahan-bahan yang bisa mengganggu kesehatann.

ilica Gel Jogja Paling Mudah dan Murah

Silica gel biru adalah silica gel yang membahayakan jika digunakan untuk kebutuhan pribadi, apabila tidak hati-hati maka silica gel ini bisa mengganggu kesehatan Anda. Mungkin diantara kita belum mengetahui ternyata silica gel jenis ini bisa membahayakan sehingga banyak yang mengabaikan akan keberadaan silica gel tersebut. Sebelum terlanjur, sebaiknya tidak membiarkan silica gel tersebut berlama-lama di sekitar Anda. Kandungan Cobalt Chloride ini merupakan senyawa yang memiliki sifat karsiogenik atau mampu menyebabkan kanker.

Lalu silica gel jenis apakah yang aman digunakan? Silica gel tidak hanya biru saja, Anda masih bisa menggunakan silica gel putih maupun silica gel natural. Kedua silica gel ini dikategorikan aman digunakan bahkan sering digunakan pada obat-obatan.

Silica gel putih merupakan salah satu silica gel yang aman digunakan. Sebenarnya, silica gel yang keamanannya setingkat dengan silica gel putih adalah silica gel orange dan silica gel hijau, namun disarankan menggunakan silica gel putih karena kandungan yang lebih aman.

Silica gel putih terbuat dari natrium silikat (NaSO2) yang mengalami proses secara bertahap. Awalnya, sol yang akan terbentuk menjadi silica gel putih ini berbentuk agar-agar kemudian didehidrasi sampai berubah menjadi padat atau terlihat seperti butiran bening namun sifatnya tidak elastis. Silica gel putih ini juga bisa menyebabkan karsiogenik karena mengandung Methyl Violet namun masih aman digunakan baik pada makanan kemasan maupun obat-obatan.

Sedangkan silica gel natural merupakan silica gel yang paling aman digunakan dari beberapa jenis silica gel yang lainnya. Silica gel ini merupakan silica gel yang terbuat dari bahan mineral dengan proses yang alami. Bentuk dari silica gel ini seperti halnya dengan silica gel pada umumnya yakni berupa butiran namun yang membedakan adalah hasil warna dari proses pembentukan silica gel tersebut. Silica gel ini sangat aman digunakan untuk kebutuhan makanan maupun obat-obatan.

Tips Pemanfaatan Silica Gel

Silica gel sangat cocok digunakan untuk penggunaan pada box barang seperti furniture, handycraft, sepatu, tas, kamera, jaket, bahkan pada obat-obatan atau makanan. Anda bisa menggunakan sachet kecil yang dimasukkan ke dalam box setiap barang sehingga meminimalisir akan adanya ruang yang lembab pada barang tersebut.

Meskipun silica gel putih maupun silica gel natural dikategorikan silica gel yang aman, tidak berarti bahwa silica gel tersebut aman untuk dikonsumsi. Apabila hal ini dibiarkan terjadi maka dampak yang akan ditimbulkan adalah dehidrasi bahkan mata akan kering sehingga menyebabkan iritasi. Hal ini dikarenakan sifat dari silica gel tersebut adalah hydrophlic yang mana memiliki kemampuan menyerap molekul air di udara atau di sekitarnya.

Silica Gel mampu menyerap hingga 40 kali beratnya sendiri. Maka dari itu, apabila Anda mendapatkan silica gel setelah membeli barang baru sebaiknaya tidak  buru-buru dibuang. Anda masih bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan lain seperti untuk menyerap lembab tas, barang berbahan kulit atau makanan ringan maupun bumbu dapur.

Apabila silica gel digunakan untuk kebutuhan yang ada di dalam rumah, sebaiknya untuk tidak meletakkan silica gel yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Sebaiknya, letakkan silica gel tersebut di tempat yang tersembunyi atau sulit untuk dijangkau oleh anak-anak.

Itulah beberapa jenis silica gel yang banyak digunakan untuk menyerap lembab pada kemasan. Apabila Anda membutuhkan silica gel untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk usaha Anda, Silica gel Jogja siap membantu Anda. Hubungi no yang tertera di bagian atas website ini untuk mendapatkan produk silica gel dimanapun Anda berada dan apapun bisnis Anda.

Silica Gel Jogja Paling Mudah dan Murah
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *