Cara Mengawetkan Kayu Sengon

Kayu sengon perlu dijaga keawetannya dengan proses pengawetan kayu. Dengan cara mengawetkan kayu sengon yang praktis, proses ini akan berjalan secara mudah.

Kayu sengon merupakan sal;ah satu jenis kayu yang bisa digunakan pengrajin sebagai salah satu alternatif untuk bahan baku produk furniture atau kerajinan kayu lain. Kayu ini dapat digunakan untuk mengatasi maslah ketersediaan bahan baku kayu jenis tertentu yang semakin sulit untuk didapatkan dan harganya yang juga semakin tinggi.

Kemudahan dalam mendapatkan kayu sengon menjadi alasan bagi pengrajin untuk memanfaatkan kayu ini. Kayu sengon banyak ditemui di beberapa daerah di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Kayu ini memiliki siklus pertumbuhan yang relatif cepat sehingga populasinya cukup melimpah. Hal ini juga mempengaruhi harga jualnya yang cenderung lebih terjangkau. Kualitas kayu sengon dari segi tampilan sebenarnya bisa diunggulkan. Warna asli dari kayu ini tergolong cukup cerah dan sangat cocok untuk dijadikan produk furniture karena akan lebih terlihat menarik.

Iklan Biothane utama alterntif text

Akan tetapi, kayu sengon memiliki tingkat kekuatan yang tidak cukup tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk dipakai di konstruksi atau bagian yang menahan beban berat. Ketahanan kayu sengon juga cukup rawan, terutama jika tidak melalui proses penyimpanan yang sesuai. Kayu sengon akan lebih cepat rusak akibat serangan mikro organisme. Untuk mencegahnya, proses pengawetan kayu bisa dilakukan. Cara mengawetkan kayu sengon sendiri bisa dilakukan dengan praktis apabila memilih metode yang tapat.

Kayu sengon dapat diawetkan dengan memberi obat pengawet kayu yang digunakan di seluruh badan kayu. Cara mengawetkan kayu sengon semacam ini dapat dilakukan dengan metode perendaman di dalam bak, pengolesan menggunakan kuas, atau penyemprotan. Bahan pengawet berkualitas seperti Biocide dicampurkan ke air dan larutan tersebut diaplikasikan dengan menggunakan beberapa metode di atas. Kualita dari kayu sengon yang sudah diawetkan dengan Biocide akan menjadi meningkat ketahanannya karena obat pengawet ini memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang bekerja efektif.

Berikut produk-produk BioCide:

Anti Jamur Kayu (BioCIde Wood Fungicide)
Anti Jamur permukaan pada furniture (BioCide Surface Film Preservative)
Anti Rayap Anti Teter dan Anti Kumbang Bubuk (BioCide Insecticide)

Cara Mengawetkan Kayu Sengon
Iklan Biothane utama alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media
Market Place
Artikel Populer