Cara Mengawetkan Kayu Sengon Mudah

Agar kualitas kayu sengon dapat bertahan lebih lama diperlukan proses pengawetan kayu menggunakan Biocide dengan cara mengawetkan kayu sengon mudah.

Sulitnya mendapatkan bahan baku kayu jenis tertentu untuk dijadikan material pembuatan furniture menjadi kesulitan tersendiri bagi pengrajin. Belum lagi, harga kayu-kayu jenis favorit juga semakin mahal yang akan membuat pengrajin semakin kesulitan untuk membuat produk yang bernilai ekonomi tinggi. Pengrajin kemudian mulai beralih untuk memanfaatkan kayu dari jenis lain yang lebih mudah didapat dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satu jenis kayu yang dapat dijadikan bahan baku furniture adalah kayu sengon. Kayu ini sering ditemui tumbuh di banyak daerah di Indonesia. Siklus panen dari kayu sengon juga relatif singkat dan membuat populasinya cukup berlimpah. Hal itu membuat harganya menjadi lebih terjangkau dibanding kayu lain yang siklus panennya lebih lama. Kayu sengon sendiri memiki kelbihan pada segi tampilannya. Warna asli kayunya cenderung cerah dan akan menjadi indah jika digunakan sebagai furniture interior. Variabel yang menjadi kelemahan kayu sengon ada pada kekuatannya.

Kayu ini tidak disarankan untuk dipakai di bagian yang menahan beban karena mudah melengkung. Selain itu, kayu sengon juga cukup rawan terkena kerusakan akibat serangan mikro organisme perusak. Kemungkinan tersebut akan semakin terbuka lebar jika kayu sengon tidak disimpan dengan benar. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan tahap pengawetan. Cara mengawetkan kayu sengon mudah bisa menggunakan beberapa metode yang bisa disesuaikan.

Tahap pengawetan kayu sengon sendiri bisa dilakukan melalui beberpa metode. Cara mengawetkan kayu sengon mudah bisa melalui perendaman, pengkuasan maupun penyemprotan. Bahan pengawet yang digunakan selama proses pengawetan tersebut perlu dipilih dari produk yang berkemampuan tinggi seperti Biocide. Bahan pengawet Biocide sendiri dicampurkan ke air dan diberikan ke badan kayu melalui beberapa metode tersebut. Hasil yang didapat pun akan maksimal karena produk ini memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri dan bekerja di spectrum yang luas.

Produk BioCide yang disarankan untuk mengawetkan kayu sengon:

Anti Jamur Kayu (BioCIde Wood Fungicide)
Anti Jamur permukaan pada furniture (BioCide Surface Film Preservative)
Anti Rayap Anti Teter dan Anti Kumbang Bubuk (BioCide Insecticide

 

alterntif text
Cara Mengawetkan Kayu Sengon Mudah
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media
Market Place
Artikel Populer