Bambu perlu diawetkan sebelum diolah agar mampu bertahan lebih lama. Cara mengawetkan kayu bambu sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Sudah sejak ribuan tahun lalu bambu dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pembuatan berbagai benda keperluan hidup. Bambu banyak dimanfaatkan karena mudahnya mendapatkan material ini di banyak belahan dunia.

Di era modern ini, bambu juga masih banyak digunakan untuk banyak keperluan, misalnya untuk kerajinan, dekorasi, furniture bahkan hingga konstruksi rumah.

Bambu masih tetap digunakan karena disamping memiliki harga yang relatif terjangkau, tampilannya juga sangat menarik jika ditampilkan. Nuansa alami pada suatu ruah akan muncul jika menggunakan material ini di bagian-bagian tertentu.

Bambu juga memiliki sifat yang lentur sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan baku benda-benda fungsional yang membutuhkan fleksibilitas. Halangan dalam memanfaatkan material bambu justru datangd ari kerentananya terhadap serangan mikro organisme.

Organisme kecil yang hidup dan berada di bambu akan dapat merusak struktur bambu secara permanen. Hal inilah yang bisa menimbulkan kerusakan bambu bahkan hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat. Pengawetan bambu sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut. Cara mengawetkan kayu bambu sendiri bisa dilakukan tanpa melibatkan banyak waktu dan tenaga.

Untuk proses pengawetan, cara mengawetkan kayu bambu sendiri bisa dilakukan dengan memberi cairan yang sudah dicampur bahan pengawet ke badan bambu. Pemberian obat pengawet ini bisa menggunakan cara direndam, disemprot atau dioleskan. Bahan pengawet kayu yang digunakan juga harus menggunakan produk berkualitas tinggi seperti Biocide agar hasil yang didapat bisa sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengrajin.

Biocide sendiri bisa digunakan dengan sangat praktis karena bisa dilarutkan dengan air bersih. Dengan menggunakan Biocide, cara mengawetkan kayu bambu akan lebih efektif. Bahan pengawet ini mempunyai kandungan anti jamur dan anti bakteri untuk mencegah pertumbuhan mikro organisme tersebut pada tubuh bambu. Pemakaian Biocide sebagai bahan pengawet kayu akan mampu memperpanjang usia pakai dari bambu hingga bertahun-tahun.

Cara Mengawetkan Kayu Bambu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *