Silica Gel Untuk Sepatu
alterntif text

Silica gel merupakan penyerap kelembaban yang sering digunakan oleh berbagai industri mulai industri sepatu, tas, elektronik, makanan hingga farmasi. Terkhusus untuk sepatu, mungkin diantara kita sudah sangat familiar dengan silica gel jika harus menyinggung mengenai sepatu tersebut. Ya, silica gel pada umumnya selalu ada di box sepatu ketika Anda baru membelinya.

Silica Gel Untuk Sepatu

Apa tujuan silica gel untuk sepatu? Silica gel ini memiliki peranan yang sangat penting pada sepatu agar sepatu tersebut tidak mudah rusak. Bahan sepatu memang berbeda-beda namun semuanya tetap membutuhkan silica gel agar sepatu tersebut terjaga dengan baik. Apabila sepatu tidak diberikan silica gel maka memungkinkan sepatu tersebut terserang jamur terutama saat diruangan yang sangat lembab.

Tips Memilih Silica Gel Untuk Sepatu

Produk sepatu di Indonesia banyak sekali dijumpai bahkan sepatu sudah menjadi kebutuhan khusus bagi penggunanya. Mulai dari aktivitas yang santai hingga untuk acara formal yang mengharuskan sepatu terlihat sempurna dan berkilau. Apabila sepatu-sepatu tersebut tidak dirawat dengan baik maka tidak menutup kemungkinan sepatu tersebut akan mudah berjamur, sobek, atau kerusakan lainnya. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memperhatikan kualitas sepatu agar tetap nyaman digunakan.

Salah satu cara merawat sepatu yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan adalah cukup menaruh beberapa sachet silica gel dalam box sepatu. Ya, sebaiknya untuk tetap menyimpan box sepatu agar terlihat rapi dan tidak berserakan. Dengan silica gel maka kualitas sepatu Anda akan tetap terjaga dengan baik karena silica gel tersebut berperan untuk menyerap kelembaban udara disekitar box tersebut. Silica gel ini bahkan juga sangat efektif untuk mengatasi bau yang  tidak sedap pada sepatu.

Bau sepatu seringkali muncul karena kaki kita yang berkeringat setelah melakukan aktivitas seharian atau setelah berolahraga. Bau juga bisa ditimbulkan karena sepatu basah dan tidak langsung dikeringkan di tempat yang cukup sinar matahari. Pada umumnya, hal ini sering terjadi ketika musim hujan dan alhasil bau sepatu sangat menyengat. Tentu hal ini tidak nyaman, bukan? Tidak hanya kurang nyaman pada diri sendiri melainkan bau sepatu juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada orang sekitar.

Mungkin diantara kita kewelahan untuk mengatasi bau tersebut bahkan dicuci pun tetap meninggalkan bau yang tidak sedap. Salah satu langkah yang paling efektif untuk menghilangkan bau adalah dengan silica gel, namun sebelumnya pastikan sepatu tersebut kering sehingga masa aktif silica gel bisa bertahan lebih lama.

Ya, silica gel untuk sepatu tidak selamanya bisa digunakan melainkan silica gel tersebut juga memiliki masa aktif. Untuk mengetahui silica gel yang aktif pada umumnya cukup mudah terutama pada silica gel biru maupun silica gel putih. Sebab, silica gel tersebut akan berubah warna menjadi merah muda apabila sudah tidak aktif. Sedangkan untuk silica gel natural cukup sulit diperhatikan. Kamu bisa melihatnya dengan cara mencelupkan ke dalam air, apabila terdapat gelembung disekitar silica gel maka silica gel tersebut masih aktif untuk digunakan.

Silica Gel Yang Bagus Untuk Sepatu

Sepatu sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakkan terutama oleh masyarakat modern saat ini. Aktivitas yang padat menuntut orang untuk mengenakan sepatu yang nyaman digunakan meskipun tidak menutup kemungkinan memakai alas lain seperti sandal. Namun kebanyakan orang akan memilih sepatu untuk menemani aktivitas padat mereka.

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa untuk merawat sepatu agar bisa bertahan lama adalah dengan silica gel. Kenapa harus menggunakan silica gel pada sepatu? Silica gel ini memiliki fungsi untuk menyerap kelembaban bahkan bau yang tidak sedap yang sering muncul pada sepatu terutama ketika setelah sepatu basah karena hujan. Tidak hanya efektif untuk digunakan, harga silica gel juga sangat terjangkau sehingga akan menghemat pengeluaran Anda atau bahkan mengurangi perawatan yang serba mahal untuk menjaga sepatu tetap berkualitas baik.

Cukup menggunakan silica gel maka sepatu tersebut bisa terjaga dengan baik bahkan tetap nyaman digunakan karena silica gel tidak memberikan dampak buruk pada produk tersebut. Namun, silica gel jenis apakah yang bagus untuk menjaga sepatu agar tetap awet dan sekaligus bisa menghilangkan bau yang seringkali muncul?

Silica gel pada umumnya terbagi menjadi beberapa jenis. Mungkin diantara kita sering menjumpai butiran putih bening ketika membuka sachet silica gel tersebut. Silica gel ini dinamakan silica gel putih yang notabene paling banyak digunakan untuk menyerap kelembaban udara pada suatu produk. Selain mampu menyerap kelembaban udara secara optimal, silica gel tersebut juga aman digunakan.

Silica Gel Untuk Sepatu

Tidak semua jenis silica gel aman untuk digunakan bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Silica gel yang berbahaya jika digunakan dalam waktu yang lama adalah silica gel biru. Silica gel ini memiliki bentuk butiran dengan warna biru elektrik bening. Silica gel biru sangat berbahaya karena terbuat dari bahan Cobalt Chloride yang notabene sangat membahayakan kesehatan. Senyawa ini merupakan senyawa yang apabila disimpan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan keracunan. Maka dari itu, apabila silica gel ini sudah tidak aktif sebaiknya untuk membuang silica gel tersebut ke tempat sampah. Pada umumnya, Anda akan sering menjumpai silica gel biru ini pada alat-alat elektronik seperti kamera, kabel listrik dan lain sebagainya.

Jika Anda menginginkan silica gel yang jauh lebih aman maka disarankan untuk menggunakan silica gel natural. Apa perbedaannya dari silica gel putih? Silica gel putih terbuat dari sodium silikat yang diketahui aman namun silica gel natural lebih aman karena terbuat dari bahan mineral. Proses pembentukan silica gel natual juga sangat alami sehingga dipastikan tidak mengandung senyawa berbahaya. Jika dilihat dari strukturnya, silica gel ini berbeda dengan silica gel putih dan silica gel biru yang notabene bening. Sedangkan silica gel natural berbentul grubal kecil-kecil dengan warna keabu-abuan atau kecoklatan. Bahkan silica gel natural mendapat predikat food grade karena aman digunakan pada makanan, obat-obatan ataupun sesuatu yang bisa dikonsumsi lainnya.

Baik silica gel putih maupun silica gel natural juga baik digunakan untuk menyerap kelembaban untuk sepatu. Keduanya memiliki sifat yang hampir sama yakni mampu menyerap kelembaban udara dengan maksimal, mencegah pertumbuhan jamur, menghilangkan bau tidak sedap, mengurangi oksidasi karena udara yang sangat lembab dan bisa mengurangi dampak buruk dari arus pendek listrik karena molekul air yang tinggi di udara.

Meskipun kedua silica gel untuk sepatu tersebut sangat aman digunakan dan juga dilabel dengan ‘Food Grade’, tidak berarti bahwa silica gel tersebut aman untuk dikonsumsi. Memang kedua silica gel ini tidak mengandung racun namun silica gel memiliki sifat hydropholic yang mana silica gel tersebut mampu menyerap molekul air disekitarnya. Apabila silica gel secara sengaja maupun tidak sengaja dikonsumsi maka dampaknya adalah tubuh akan mengalami dehidrasi selain itu mata juga akan mengering sehingga akan menimbulkan rasa gatal dan perih.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here