Obat Anti Rayap Kayu Glugu Efektif

Kayu glugu sangat rawan terserang serangga jika tidak disampan dengan benar sehingga perlu diberikan obat anti rayap kayu glugu sebelum digunakan.

Pohon kelapa memang sangat banyak manfaatnya, mulai dari daun, buah hingga batangnya. Seperti bagian batang atau kayunya yang dapat digunakan sebagai rangka rumah ataupun furniture. Jenis kayu kelapa atau dikenal dengan kayu glugu ini memang termasuk jenis kayu yang keras.

Namun terdapat kelemahan kayu glugu yaitu sangat mudah terserang serangga pemakan kayu karena seratnya yang cukup lunak sehingga mudah dimakan serangga. Untuk menghindari terserang serangga pemakan kayu sebelum digunakan sebagai rangka rumah atau furniture tersebut, maka aplikasikan obat anti raya kayu glugu.

Gunakan Obat Anti Rayap Kayu Glugu Yang Tepat

Kayu glugu sangat mudah dijumpai di daerah pinggiran pantai seperti di Indonesia. Orang pinggi pantai telah lama memanfaatkan kayu jenis ini untuk mendirikan sebuah bangunan ataupun digunakan sebagai furniture karena mudah didapat dan tahan cukup lama.

Namun, kayu glugu sendiri tidak dapat digunakan begitu saja untuk bangunan ataupun furniture. Sebab kayu ini sangat rawan terhadap serangan serangga pemakan kayu seperti raya. Seratnya yang kuat dan lurus tajam memang memiliki karakter yang unik dan beda dengan kayu lainnya namun sayangnya kayu glugu ini tidak sekuat kayu jati, mahoni, pinus ataupun sengon. Maka dari itu, kayu ini sangat mudah rapuh jika tidak diberikan obat anti raya kayu glugu sebelum digunakan sebagai furniture atau rangka bangunan.

Masalah lain tidak hanya terdapat pada ketahanan kayu glugu saja, namun saat penyimpanan juga menjadi kendala bagi pengusaha kayu. Ruang penyimpanan kayu glugu harus memiliki sirkulasi udara yang cukup dan tidak terlalu lembab. Namun, kadangkala cuaca tidak menentu sehingga udara dalam ruang penyimpanan pun dapat berubah-ubah.

Agar kayu glugu dapat bertahan lebih lama, maka perlu diberikan obat anti rayap kayu glugu yang tepat. Biasanya kebanyakan orang akan menggunakan borax untuk menghilangkan serangga pada kayu. Bahan kimia ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran selain itu juga sangat efektif untuk menghilangkan jamur ataupun serangga. Namun, kekurangan bahan kimia ini adalah proses perendamannya yang cukup lama. Bisa memakan berhari-hari atau bahkan satu hingga dua minggu perendaman.

Namun, Anda dapat menggunakan obat anti rayap kayu glugu yang bahannya lebih aman. Biasanya bahan yang digunakan adalah jenis pemethrine. Jenis obat ini jauh lebih ringan daripada borax bahkan tidak merusak lingkungan jika digunakan dalam jumlah banyak.

Obat Anti Rayap Kayu Glugu Efektif
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media
Market Place
Artikel Populer