Membuat Disinfektan Mudah dan Murah, Cara Tetap Produktif Meski #dirumahaja

Anda dapat membuat disinfektan secara mudah dan murah meski #dirumahaja, simak cara membuat disinfektan mudah dan murah untuk menjaga sanitasi lingkungan dengan disinfektan disini!

Penyebaran pandemi Covid-19 masih terus terjadi di Indonesia, sehingga berbagai macam cara pencegahannya juga masih terus dilakukan. Salah satu cara yang saat ini dianjurkan oleh WHO dan banyak dilaksanakana dalah dengan melakukan penyemprotan dengan disinfektan.

Terdapat berbagai macam keuntungan yang anda dapatkan jika menjaga sanitasi lingkungan. Anda juga dapat melakukan sanitasi lingkungan dengan mudah menggunakan bahan pembuat disinfektan yang murah dan berkualitas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sanitasi lingkungan dan penggunaan disinfektan untuk menghalau penyebaran Covid-19, mari simak ulasan lengkapnya disini.

alterntif text

Pentingnya Sanitasi Lingkungan

Sanitasi lingkungan dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar dan mempengaruhi kesejahteraan manusia. Kondisi tersebut mencakup pasokan air yang bersih dan aman, pembuangan limbah yang efisien, udara yang bersih dan aman, termasuk kondisi rumah yang bersih dan aman. 

Lingkungan yang sanitasinya buruk akan menjadi sumber penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Berbagai jenis penyakit akan muncul akibat lingkungan yang bersanitasi buruk. Agar terhindaar dari berbagai jenis penyakit, maka lingkungan harus selalu dijaga sanitasinya, khusus rumah dan lingkungan sekitar.

Secara umum, sanitasi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan manusia dengan pengendalian lingkungan. Secara rinci, manfaat sanitasi diantaranya adalah:

  1. Terciptanya kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman bagi manusia.
  2. Mencegah timbulnya penyakit-penyakit menular.
  3. Mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya polusi udara, misalnya bau tidak sedap.
  4. Menghindari pencemaran lingkungan.
  5. Mengurangi jumlah persentase orang sakit di suatu daerah.

Kelima manfaat sanitasi tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu demi menjaga kesehatan serta rasa aman dan nyaman bagi manusia. Menjaga sanitasi lingkungan agar tetap berada dalam kondisi baik dapat dilakukan dengan cara rutin menjaga dan merawat kebersihan lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan disinfektan.

Sanitasi Lingkungan dengan Disinfektan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sanitasi lingkungan adalah dengan menggunakan desinfektan. Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya terbuat dari sodium hypocloride, hidrogen peroksida, atau alkohol. Bahan ini biasa digunakan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lainnya pada permukaan benda mati atau ruangan.

Saat ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan desinfektan untuk menjaga kebersihan. Terutama higienitas dan kebersihan pada high-touch surface atau benda benda yang paling sering disentuh oleh banyak orang seperti gagang pintu, meja, tempat tidur, dan kamar mandi.

Desinfektan dapat anda gunakan untuk menjadi salah satu cara menjaga sanitasi lingkungan yang juga berdampak pada kesehatan anda dan keluarga. Sanitasi lingkungan yang baik akan menciptakan kondisi lingkungan yang sehat dan lebih nyaman bagi anda untuk beraktifitas. Penyemprotan desinfektan juga merupakan salah satu cara preventif yang dapat anda lakukan untuk mencegah persebaran virus corona.

Sodium hypocloride 0.1%-0.5% adalah bahan desinfektan yang efektif membasmi virus dan bakteri untuk kebutuhan sanitasi lingkungan. WA-250 merupakan bahan pemutih kayu yang mengandung bahan aktif sodium hypocloride dengan  konsentrasi tinggi yaitu 25%. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan WA-250 sebagai bahan untuk membuat desinfektan sendiri dengan mudah dan biaya yang relatif murah dalam jumlah masal.

Disinfektan Murah dari WA-250

Anda dapat membuat desinfektan dengan mudah dan murah untuk menjaga kebersihan lingkungan pada rumah anda. Anda perlu menurunkan konsentrasi sodium hypocloride pada WA-250 hingga mencapai 0,1% dan maksimal 0,5% agar efektif digunakan sebagai disinfektan dengan cara melakukan pengenceran.

Berikut ini cara mudah dan murah membuat disinfektan dengan WA-250 secara massal dengan kadar 0,1% sodium hypocloride:

  • Larutkan 1 kg WA-250 + 250 lt air bersih = 251 liter desinfektan
  • Anda juga dapat membuat dalam skala kecil: 100 gr + 25.000 ml air bersih = 26 liter desinfektan
  • Aduk hingga merata campuran WA-250 yang telah dilarutkan dengan air bersih
  • Simpan di alat atau botol semprot untuk memudahkan proses aplikasi desinfektan.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan bahan deterjen pembersih lantai maupun pembersih lantai saat membuat larutan desinfektan WA-250.

Hanya dengan bahan dan cara yang sederhana, anda dapat membuat desinfektan dengan mudah, cepat dan tentu saja murah. Biaya pembuatan 1 liter cairan disinfektan ini juga kurang dari seribu rupiah. Tidak percaya? Mari kita hitung rinciannya:

Harga 1 kg WA-250 = Rp. 97.000

1 kg WA-250 dapat anda larutkan dengan air bersih hingga menjadi 250 liter desinfektan

Maka, jika dihitung harga per liter desinfektan WA-250 adalah Rp. 97.000/250lt = Rp 388 / liter.

Anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 388/1 liter desinfektan dari WA-250. Harga ini tentu jauh lebih murah  jika dibandingkan harga desinfektan di pasaran saat ini. Selain murah, anda juga dapat membuat disinfektan dalam skala besar (masal) hanya dengan bahan ini. Sangat mudah dan murah meriah bukan?

Membuat Disinfektan Mudah dan Murah, Cara Tetap Produktif Meski #dirumahaja
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *