Apa Sebenarnya Laron? Bagaimana Mencegahnya?

Pada momen-momen tertentu, tak jarang kita mendapati kemunculan laron dalam jumlah besar. Apa sebenarnya hewan ini dan bagaimana dampaknya bagi kita? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

laronBiasanya sehabis hujan di pagi atau sore hari, Anda akan kerepotan dengan kehadiran hewan-hewan kecil yang bisa terbang dan selalu menuju sumber cahaya. Hewan-hewan tersebut bisa hadir dalam jumlah sedikit namun tak jarang juga muncul dalam jumlah luar biasa banyaknya. Bahkan terkadang memenuhi jalanan yang kita lewati.

Hewan teresebut adalah laron atau biasa juga disebut anai-anai. Kehadirannya sebenarnya merupakan salah satu penanda datangnya musim hujan. Anai-anai sendiri setelah keluar sarang akan langsung mencari pasangan, kawin, dan kemudian membentuk koloni serangga baru. Di waktu-waktu berikutnya, anakan anai-anai akan mengulang siklus yang sama seperti induknya.

Metamorfosis Rayap Reproduksi

Apa itu laron? Kita sering mengasumsikan serangga ini sebagai spesies tersendiri, padahal kenyataannya tidak demikian. Anai-anai adalah salah satu tahap lanjutan serangga rayap. Sebagaimana yang kita ketahui, rayap merupakan golongan serangga yang mampu mengalami metamorfosis. Namun hanya tipe rayap reproduksi yang mengalami proses ini. siklus hidup rayap

Dari kemunculan awalnya sebagai telur yang menetas menjadi nimfa, rayap reproduksi akan berubah menjadi anai-anai yang setelah dewasa keluar dan melakukan perkawinan. Namun fase ini sangat singkat. Setelah melakukan perkawinan, rayap akan kehilangan sayapnya dan mencari tempat koloni baru. Bila berhasil, rayap reproduksi wanita akan menjadi ratu baru dalam koloni yang terpisah dari koloni induknya.

Fakta Unik Mengenai Rayap Reproduksi

  1. Satu-satunya tipe rayap yang memiliki mata
  2. Memiliki bentuk ramping sebelum kawin. Setelah melakukan perkawinan, rayap reproduksi yang berhasil menjadi ratu akan mengalami obesitas dan hanya bertelur sepanjang hidupnya.
  3. Bila kemampuan reproduksinya menurun, ratu akan dibantu rayap reproduksi betina yang gagal menjadi ratu.
  4. Pada kondisi ideal, ratu bisa hidup hingga 50 tahun.

Sebuah Peringatan?

Keberadaan rayap dan laron merupakan hal yang sangat alami di lingkungan kita. Pada dasarnya kita tidak perlu cemas dan khawatir kecuali kondisinya sudah demikian parah. Misalnya, adanya indikasi serangan rayap pada bangunan, apalagi dengan kemunculan anai-anai yang begitu banyak. Bila sudah demikian, maka kewaspadaan wajib Anda tingkatkan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca informasi kami mengenai cara mencegah rayap pada bangunan berikut ini Cara Mencegah Rayap pada Bangunan.

Apa Sebenarnya Laron? Bagaimana Mencegahnya?
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media
Market Place
Artikel Populer