Manfaat Desinfektan WA-250 untuk Menjaga Sanitasi Lingkungan

Mejaga sanitasi lingkungan sangat penting untuk dilakukan, terutama dalam kondisi penyebaran wabah virus yang terjadi dengan cepat seperti saat ini. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan untuk pencegahan penyebaran wabah virus corona yang sedang terjadi. Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan rutin menjaga sanitasi lingkungan dengan menggunakan desinfektan.

Penyemprotan desinfektan diharapkan dapat membantu mengurangi dan memperkecil kemungkinan penyebaran wabah virus corona yang sedang melanda saat ini. Sanitasi lingkungan di sekitar anda harus selalu terjaga dalam kondisi baik agar anda dan keluarga dapat tetap terjaga dalam keadaan sehat. Bukan hanya mengenai kesehatan, menjaga sanitasi lingkungan juga akan membuat anda merasa lebih nyaman untuk beraktifitas di rumah. Saat ini banyak sekali cara membuat cairan desinfektan sendiri yang dapat anda lakukan di rumah. Lakukan penyemprotan desinfektan untuk menghalau bahaya dari pertumbuhan virus, bakteri serta mikroorganisme berbahaya lainnya. Pastikan bahwa anda tetap menjaga kondisi sanitasi lingkungan di rumah anda dengan baik.

Pentingnya Menjaga Sanitasi Lingkungan

alterntif text

Sanitasi lingkungan dapat diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mempertahankan standar kondisi lingkungan yang mendasar dan mempengaruhi kesejahteraan manusia. Kondisi tersebut mencakup pasokan air yang bersih dan aman, pembuangan limbah yang efisien, udara yang bersih dan aman, termasuk kondisi rumah yang bersih dan aman. 

Lingkungan yang sanitasinya buruk akan menjadi sumber penyakit yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Berbagai jenis penyakit akan muncul akibat lingkungan yang bersanitasi buruk. Agar terhindaar dari berbagai jenis penyakit, maka lingkungan harus selalu dijaga sanitasinya, khusus rumah dan lingkungan sekitar.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sanitasi lingkungan di sekitar anda, diantaranya adalah dengan cara:

  1. Rutin menjaga kebersihan seluruh ruangan di rumah anda

Hal ini dapat dilakukan dengan rutin menyapu dan membersihkan setiap ruangan, membersihkan debu yang menempel pada barang-barang di rumah anda, serta selalu melakukan upaya lain agar kebersihan seluruh ruangan di rumah anda tetap terjaga.

2. Jangan menimbun pakaian atau barang yang kotor terlalu lama

Jika ada pakaian atau barang yang kotor, sebisa mungkin segera cuci dan bersihkan. Setelah itu keringkan lalu simpan kembali pada tempatnya.

3. Jaga kebersihan kamar mandi

Menjaga kebersihan kamar mandi adalah hal yang sangat penting. Anda harus rutin menguras dan membersihkan bak kamar mandi sebelum tumbuh jentik nyamuk di dalamnya. Rutin membersihkan lantai dan dinding kamar mandi juga harus dilakukan untuk menjaga sanitasi lingkungan.

4. Rutin melakukan perawatan dengan desinfektan

Cara lain yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan perawatan menggunakan desinfektan. Anda dapat melakukan penyemprotan desinfektan pada seluruh ruangan di rumah anda untuk mencegah terjadinya penyebaran virus seperti corona maupun virus lainnya.

Menjaga Sanitasi Lingkungan dengan Desinfektan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga sanitasi lingkungan adalah dengan menggunakan desinfektan. Disinfektan adalah cairan pembersih yang umumnya terbuat dari sodium hypocloride, hidrogen peroksida, atau alkohol. Bahan ini biasa digunakan untuk membunuh bakteri, virus, kuman, protozoa, dan mikroorganisme berbahaya lainnya pada permukaan benda mati atau ruangan.

Saat ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan desinfektan untuk menjaga kebersihan. Terutama higienitas dan kebersihan pada high-touch surface atau benda benda yang paling sering disentuh oleh banyak orang seperti gagang pintu, meja, tempat tidur, dan kamar mandi.

Desinfektan dapat anda gunakan untuk menjadi salah satu cara menjaga sanitasi lingkungan yang juga berdampak pada kesehatan anda dan keluarga. Sanitasi lingkungan yang baik akan menciptakan kondisi lingkungan yang sehat dan lebih nyaman bagi anda untuk beraktifitas. Penyemprotan desinfektan juga merupakan salah satu cara preventif yang dapat anda lakukan untuk mencegah persebaran virus corona.

Sodium hypocloride 0.1%-0.5% adalah bahan desinfektan yang efektif membasmi virus dan bakteri untuk kebutuhan sanitasi lingkungan. WA-250 merupakan bahan pemutih kayu yang mengandung bahan aktif sodium hypocloride dengan  konsentrasi tinggi yaitu 25%. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan WA-250 sebagai bahan untuk membuat desinfektan sendiri dengan mudah dan biaya yang relatif murah dalam jumlah masal. Ingin tahu bagaimana cara membuat desinfektan dengan WA-250? Simak cara pembuatannya berikut ini!

Cara Membuat Desinfektan Murah Meriah dengan WA-250

Anda dapat membuat desinfektan murah meriah dengan cara yang mudah serta dalam jumlah masal. Karena penyemprotan desinfektan sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anda, maka diperlukan bahan desinfektan yang efektif pula agar penggunaannya dapat lebih optimal. Sebagai bahan pemutih kayu dengan kandungan 25% sodium hypocloride, WA-250 dapat menjadi bahan desinfektan yang optimal. Untuk menggunakan WA-250 sebagai desinfektan, anda perlu menurunkan konsentrasi sodium hypocloride hingga mencapai 0.5% dengan cara melakukan pengenceran menggunakan air bersih. Berikut ini cara yang membuat desinfektan murah meriah dengan WA-250:

  • Larutkan 1 lt WA-250 = 50 lt air bersih = 50 liter desinfektan

  • Anda juga dapat membuat dalam skala kecil:
  • 100 ml + 4900 ml air bersih = 5 liter desinfektan

  • Aduk hingga merata campuran WA-250 yang telah dilarutkan dengan air bersih. Simpan di botol semprot untuk memudahkan penggunaan desinfektan.

  • Anda juga dapat menambahkan bahan deterjen pembersih lantai maupun pembersih lantai saat membuat larutan desinfektan WA-250.

Hanya dengan bahan dan cara yang sederhana, anda dapat membuat desinfektan dengan mudah, cepat dan tentu saja murah. Penasaran berapa biaya yang perlu anda keluarkan untuk membuat desinfektan dengan WA250? Yuk kita hitung rincian biayanya!

Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membuat desinfektan dengan WA-250. Tidak percaya? Ini dia biaya yang anda butuhkan untuk membuat desinfektan dengan WA-250:

Harga 1 kg WA-250 = Rp. 86.000

1 kg wa250 dapat anda larutkan dengan air bersih hingga menjadi 50 lt desinfectan

Maka, jika dihitung harga per liter desinfektan WA-250 adalah Rp. 86.000/50lt = Rp. 1.720 / lt

Dibandingkan dengan harga desinfektan di pasaran saat ini, tentu saja penggunaan WA-250 adalah pilihan desinfektan murah meriah yang dapat anda buat dengan mudah dalam skala besar.

Cara Mudah Membersihkan Rumah dengan Desinfektan

Berikut ini adalah rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk membersihkan rumah dengan disinfektan:

  • Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan permukaan dengan desinfektan untuk menghindari paparan langsung dengan virus atau bakteri
  • Gunakan masker saat membersihkan rumah dengan desinfektan
  • Cuci atau sikat dengan deterjen dan air apabila lantai atau permukaan barang dan ruangan terlalu kotor sebelum disemprot dengan disinfeksi
  • Jika permukaannya terlihat bersih, cukup semprotkan larutan desinfektan lalu lap dan biarkan mengering
  • Bersihkan benda-benda yang sering disentuh secara teratur

Referensi:

  1. Jurnal of school of nursing USP DOI: 10.1590/S0080-623420150000400020
  2. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0195670185800141
  3. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prepare/cleaning disinfection.html?CDC_AA_refVal=https%3A%2F%2Fwww.cdc.gov%2Fcoronavirus%2F2019-ncov%2Fcommunity%2Fhome%2Fcleaning-disinfection.html
  4. http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/Pengelolaan_Lingkungan_Hidup_untuk_Tk_SMA/BAB_4_SANITASI_LINGKUNGAN.pdf

Mau Beli WA250?

Anda dapat membeli WA-250 di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan
Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru,

Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli WA-250 secara online melalui:

WhatsApp : 082264411073

Website : https://www.pengawetkayu.com/

Facebook : https://www.facebook.com/pengawetkayu/

Instagram : https://www.instagram.com/biocide.id/

Manfaat Desinfektan WA-250 untuk Menjaga Sanitasi Lingkungan
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!