Awas! Kenali Tanda Munculnya Rayap di Rumah

Jangan sampai rumah anda menjadi sarang rayap! Kenali tanda munculnya rayap di rumah anda hingga bagaimana cara mengatasinya selengkapnya di artikel ini.

Meski bentuknya kecil menyerupai semut, adanya rayap di rumah anda tentunya akan menjadi sesuatu yang berbahaya. Rayap dengan kemampuannya akan mampu menggerogoti rumah anda sedikit demi sedikit, hingga fatalnya dapat berakibat robohnya rumah anda. Anda tentu tidak mengharapkan hal ini terjadi bukan?

Artikel ini akan membahas apa saja tanda munculnya rayap di rumah anda hingga bagaimana cara mencegah atau mengatasi rayap muncul di rumah anda.

alterntif text

Tanda Rayap Ada di Rumah Anda

Berikut ini beberapa tanda munculnya rayap di rumah anda yang perlu anda ketahui:

  • Ada rongga yang membentuk jalur terowongan di dinding rumah anda

Jika anda menemukan rongga yang membentuk jalur terowongan pada dinding rumah anda, bisa jadi itu adalah tanda bahwa rayap sudah muncul di rumah anda. Perhatikan lagi dinding rumah anda, jika tanda ini sudah muncul, anda wajib waspada.

  • Dinding rumah anda terdengar kopong saat diketuk

Tanda yang lebih menguatkan adalah, jika anda menemukan fakta bahwa dinding rumah anda mulai terdengan kopong atau kosong saat diketuk. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa rayap telah menggerogoti dinding rumah anda tanpa anda ketahui.

  • Terdengar bunyi ‘tap tap’ hingga bunyi menyerupai sobekan kertas

Anda sering mendengar bunyi ‘tap tap’ hingga menyerupai bunyi robekan kertas? Anda patut benar-benar waspada karena rayap biasanya akan berpencar dan ketika salah satu rombongan telah menemukan sasaran empuk, cara mereka memberikan sinyal ke koloni lebih besar adalah dengan menyundulkan kepala ke permukaan hingga mengeluarkan bunyi tap tap pada dinding. Usai berkumpul, mereka akan melakukan aksi menggerogoti hingga mengeluarkan bunyi seperti proses merobek kertas.

  • Ada bolongan pada dinding, perabotan, atau lantai kayu di rumah anda

Apakah anda menemukan bolongan pada dinding, lantai, atau perabotan kayu di rumah anda? Ini bisa menjadi ciri bahwa rayap sudah muncul di rumah anda dan memulai aksinya menggerogoti kayu maupun dinding rumah tanpa anda ketahui.

  • Munculnya earthen packing

Jika tanda ini sudah muncul, maka artinya koloni rayap sudah berkembang biak dan menguasai bagian-bagian dari rumah anda. Anda harus sesegera mungkin mengatasinya jika tidak ingin rumah anda mengalami kerusakan fatal bahkan hingga roboh.

Apakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rayap di rumah? Sudah dipastikan anda perlu menjaga kebersihan dan merawat kondisi rumah anda lebih baik lagi, dan tentu saja anda juga membutuhkan obat anti rayap.

Obat Anti Rayap yang Aman dan Ramah Lingkungan

Saat memilih menggunakan obat anti rayap untuk mengatasi masalah munculnya rayap di rumah, anda perlu memastikan bahwa obat yang anda pilih aman untuk digunakan. Karena akan digunakan di rumah, pastikan obat ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang akan berakibat pada terganggunya kesehatan anda maupun anggota keluarga lainnya akibat penggunaannya.

Pastikan obat anti rayap tidak berbau, sehingga anda dapat mengaplikasikannya dengan tenang tanpa takut akan bau menyengat yang ditimbulkannya seperti pada penggunaan cat solvent based. Anda juga perlu memastikan penggunaan obat anti rayap tidak menyebabkan iritasi kulit saat anda mengaplikasikannya.

Dan sebaiknya, gunakan obat anti rayap yang mudah diaplikasikan. Sehingga anda tidak membutuhkan dana tambahan untuk membeli alat atau bahan-bahan dengan harga tinggi yang akan menguras kantong anda lebih dalam. Seluruh kriteria obat anti rayap ini sudah dimiliki oleh biocide insecticide.

Biocide insecticide adalah obat anti rayap yang ramah lingkungan, diformulasikan dengan cypermethrine 100Ec yang mampu membasmi serangga seperti rayap, kumbang bubuk, ataupun totor. Produk ini cocok digunakan untuk kebutuhan industri kayu maupun untuk kebutuhan rumahan yang bertujuan untuk membasmi serangga pengganggu lainnya seperti kecoa, nyamuk, dan lain sebagainya.

Manfaat Biocide Insecticide untuk Mengatasi Rayap

Penggunaan biocide insecticide untuk mengatasi masalah munculnya rayap di rumah anda tentu menjadi pilihan yang tepat. Dengan kandungan cypermethrine 100Ec yang dimilikinya, bahan ini akan bekerja secara efektif sebagai racun kontak yang langsung menyerang lambung rayap. Sehingga akan mengakibatkan rayap mengalami keracunan dan kematian secara efektif.

Dengan kadar 100 Ec, kandungan cypermethrine dalam biocide insecticide tentu mampu menangani masalah rayap di rumah anda dengan baik. Bekerja sebagai racun kontak yang mematikan bagi rayap membuat bahan ini menjadi obat anti rayap yang sangat efektif untuk digunakan.

Cara aplikasi biocide insecticide juga sangat mudah untuk anda lakukan. Untuk mengetahui cara aplikasinya lebih lanjut, simak langkah aplikasinya berikut ini:

Cara Aplikasi Biocide Insecticide

Menggunakan biocide insecticide sebagai obat pembasmi rayap di rumah anda adalah pilihan yang tepat. Ingin tahu bagaimana cara aplikasinya? Berikut ini langkah aplikasi biocide insecticide yang perlu anda ketahui:

  • Larutkan bahan pengawet dengan konsentrasi 0,1-0,2%

Anda dapat melarutkan 1 kg biocide insecticide dengan air hingga mencapai perbandingan 1:100. Untuk skala kecil, anda dapat menggunakan 1 ml biocide insecticide yang diencerkan dengan 100 ml air bersih.

  • Jaga pH larutan tetap stabil

Pastikan pH larutan tetap stabil baik untuk disimpan maupun saat ingin digunakan. pH yang sesuai untuk larutan ini adalah ± 7.

  • Aplikasikan secara merata ke lubang-lubang pada dinding, lantai, maupun perabotan kayu di rumah anda. Agar lebih mudah, aplikasikan dengan cara menyemprotkannya menggunakan botol atau alat semprot lainnya. anda juga dapat menggunakan kuas untuk aplikasinya.

Sumber: https://www.beres.id/blog/waspada-ini-8-tanda-rumah-anda-telah-menjadi-sarang-rayap/

Awas! Kenali Tanda Munculnya Rayap di Rumah
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *