Awas! Cegah Bahaya Penggunaan Pengawet Kayu

Pada penggunaan bahan pengawet kayu, seringkali timbul dampak bagi lingkungan maupun bagi kesehatan. Maka, akan lebih baik jika ada upaya pencegahan yang dilakukan agar kita semua dapat lebih aman dan terhindar dari bahaya penggunaan produk pengawet kayu.

Ada beberapa cara untuk mencegah bahaya penggunaan pengawet kayu yang bisa timbul kapan saja. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Cara Mencegah Bahaya Penggunaan Pengawet Kayu

Pengawetan kayu dengan sistem Perendaman kayu
Perendaman kayu Sumber Siplah Blibli

Baca Juga : Berbagai Cara Mengawetkan Kayu Agar Kualitasnya Terjaga dan Lebih Tahan Lama

Proses pengawetan kayu tidak jarang menimbulkan dampak bagi lingkungan dan berpengaruh pada kondisi kesehatan. Oleh karena itu, perlu upaya pencegahan yang dilakukan agar kita dapat terhindar dari bahaya penggunaan pengawet kayu.

Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Jangan mengawetkan kayu jika produk tersebut memang ada kontak dengan makanan secara langsung. Contohnya adalah piring kayu, rak makanan dari kayu, dan sebagainya. Bahan kimia presevatives¬†dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan pengguna jika diaplikasikan pada benda-benda tersebut.
  • Jangan mengawetkan kayu yang dipakai untuk area top table (meja bagian atas). Khususnya, masih sama seperti sebelumnya, jika ada kaitannya atau hubungannya dengan makanan secara langsung.
  • Aplikasikan pengawet kayu hanya pada area yang mudah terlihat, seperti pada lantai kayu atau panel dinding.
  • Jangan pakai pengawet kayu yang berinteraksi langsung dengan air bersih atau air minum.
  • Buang sisa kayu yang sudah diawetkan dengan cara menguburnya. Sebaiknya kayu yang sudah diawetkan juga jangan digunakan untuk kayu bakar karena asapnya akan mengandung bahan kimia dari sisa pengawetan.
  • Jaga diri anda dari debu gergaji atau debu amplas yang berasal dari kayu hasil pengawetan.
  • Bagi para pekerja pengawetan kayu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan serta bagian tubuh lainnya, terutama sebelum makan atau minum.
  • Jika pakaian yang kita kenakan terkontaminasi bahan kimia dari pengawet kayu, segera pisahkan dari pakaian lainnya, terutama saat dicuci.
  • Berbagai cara mengawetkan kayu diatas dapat kita terapkan sebelum melakukan menggunakan kayu untuk berbagai keperluan. Selain itu, saat ini telah banyak produk pengawet kayu yang efektif dan dapat kita gunakan sebagai pilihan mendapat daya tahan kayu yang lebih lama.

Pentingnya Menggunakan Produk Pengawet Kayu yang Aman

Ilustrasi finishing natural kayu dengan aplikasi bahan pengawet. Sumber Medium

Baca Juga : Cara Mengontrol Jamur yang Menimbulkan Bau Tak Sedap

Baca Juga : BioCide Insecticide, Antikumbang Bubuk Kayu Terbaik

Baca Juga : Rekomendasi Produk Antijamur untuk Perawatan Kayu yang Masih Muda

Prosedur keamanan dalam penggunaan produk pengawet kayu tentu harus dilaksanakan. Namun ada pula yang harus diperhatikan selain cara pengaplikasiannya, yaitu produk pengawet kayu yang digunakan.

Dalam pengawetan kayu, menemukan produk yang bisa membantu proses tersebut dengan cepat bukanlah hal yang sulit. Terlebih saat ini, sudah semakin banyak produk pengawetan yang bermunculan. Tapi, tidak semua produk yang tersedia di pasaran aman untuk digunakan.

Untuk meminimalisir dampak yang lebih meluas, pemilihan produk yang aman juga harus diusahakan. Pilih produk yang memiliki bahan aktif berkualitas dan sudah pasti keamanannya.

Setidaknya, dampak negatif dari penggunaan pengawet kayu bisa lebih ditekan dengan tidak merusak kondisi kayu. Kerusakan pada lingkungan dan dampak buruk bagi kesehatan juga akan lebih dapat diminimalisir jika sudah menggunakan produk yang aman dan paham prosedur pemakaiannya.

Di antara banyaknya produk pengawetan kayu yang ada di pasaran, tersedia pula produk Biocide Insecticide untuk memenuhi kebutuhan ini. Insektisida kayu dari Biocide ini dikenal sebagai produk preservative kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Karakterisik Produk Pengawet Kayu Berkualitas yang Tersedia pada Biocide Insecticide

Bahan pengawetkayu Biocide Insecticide dapat diandalkan untuk kebutuhan perawatan sekaligus untuk menjaga kualitas kayu dari berbagai serangan serangga. Seperti rayap, kumbang bubuk dan aneka jenis serangga lainnya.

Produk ini juga bersahabat dari segi harga, serta mudah untuk ditemukan di pasaran. Mengandung Cypermethrine 100 Ec, produk ini tentunya efektif membunuh untuk membunuh berbagai jenis serangga yang merusak kayu.

Pastikan kandungan bahan aktif pada produk tersebut mampu bekerja dengan baik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Karena perawatan kayu adalah hal yang penting untuk dilakukan. Untuk mendapatkan produk terbaik, berikut karakteristik antikumbang bubuk terbaik yang perlu Anda ketahui:

  1. Memiliki bahan aktif berkualitas

Bahan aktif pada bahan pengawet kayu tentunya harus efektif membunuh berbagai jenis hama dengan cepat dan tepat seperti cypermethrine 100 Ec.

Bahan ini merupakan bahan kimia sintetis yang mampu membunuh hama dengan racun kontak yang langsung menyerang lambung hama agar media kayu ataupun produk lain bisa lebih terawat.

  1. Memiliki spektrum organisme yang luas

Pemilihan bahan aktif tentu akan mempengaruhi cara kerjanya dalam menangani serangan hama. Dengan menggunakan Cypermethrine 100 Ec, bahan tersebut akan memiliki spektrum organisme yang luas sehingga dapat menangani serangan dari beberapa varian hama sekaligus termasuk kumbang bubuk.

  1. Dapat dilarutkan dan diaplikasikan dengan mudah

Agar menghemat biaya dan bisa dilarutkan dengan mudah, pilihlah bahan yang dapat dilarutkan dengan air bersih. Sehingga Anda tidak perlu membeli bahan pengencer lain dan menambah biaaya untuk pengaplikasiannya.

  1. Mampu memberikan perawatan dalam jangka waktu cukup lama

Setelah menggunakan bahan pengawet kayu untuk mencegah kumbang bubuk, pasti Anda mengharapkan kayu atau furniture kesayangan menjadi lebih terawat.

Dan tentunya bisa bebas dari serangan hama dalam jangka waktu yang cukup lama. Pastikan bahan pengawet kayu yang Anda gunakan dapat memberikan kualitas terbaik dalam jangka waktu cukup lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *