Kreasi Kreatif dengan Kerajinan Daun Kering

kerajinan daun kering 2Siapa sangka dari berbagai barang yang dianggap sampah kita bisa menciptakan sesuatu yang berguna bahkan bisa dijual? Kerajinan daun kering adalah salah satu contohnya. Hanya terbuat dari bahan yang biasanya dibuang orang, beberapa pengusaha Indonesia telah mencatatkan namanya sebagai pengekspor dengan omset luar biasa.

Craft ini pun bisa diterapkan dalam berbagai produk. Yang pertama, tentu saja sebagai benda dekoratif untuk mempercantik ruangan. Mudah saja prinsip pembuatannya, yakni dengan membentuk daun kering tersebut mengikuti pola atau gambar tertentu lalu menempelkannya pada papan. Gunakan pigura pada papan, dan jadilah hiasan craft dari daun kering Anda!

Selain itu, kita juga bisa menggunakan daun-daun kering tersebut untuk memperindah produk yang sudah ada. Misalnya saja gelas, toples, hingga mangkuk. Proses pembuatannya mirip dengan pembuatan kerajinan decoupage. Hanya saja, yang digunakan kali ini adalah daun kering, bukan kertas.

Tips Membuat Kerajinan Daun Kering

Untuk membuat craft ini, bisa dibilang caranya gampang-gampang susah. Bagi yang masih awam, tentu akan ada banyak kendala yang kita alami. Apalagi bila kita memiliki niat untuk menjadikannya sebagai sumber profit.

Berikut ini beberapa tips bagi Anda yang tertarik dengan crat tersebut.

Pemilihan Daun

Pilih daun yang menarik dari segi bentuk dan warnanya. Pastikan juga daun mudah dikeringkan dan tidak mudah copot dari tangkainya.

Cara Pengeringan

Ada banyak cara untuk mengeringkan bunga. Misalnya dengan mengepressnya pada buku tebal dan menggunakan silica gel. Dari berbagai cara tersebut, metode yang menurut kami paling baik adalah dengan silica gel. Sebab bahan tersebut cenderung tidak merusak daun dengan warna yang lebih dapat dipertahankan. Resiko terserang jamur pun sangat rendah.kerajinan decoupage daun

Hati-hati Jamur!

Semua bahan organik sangat rentan terserang jamur. Jadi waspadalah terhadap serangan hama ini. Pastikan udara tidak lembab. Bila perlu, gunakan obat pengawet seperti BioCide pada daun-daun Anda.

Desain Menarik

Perluas wawasan dan kembangkan kreativitas Anda. Ada berbagai desain menarik yang bisa ditiru dan dimodifikasi mulai dari yang elegan sampai yang memberikan kesan lucu.

alterntif text

Pengemasan yang Apik dan Aman

Kalau Anda betul memang ingin menjadikan aktivitas ini sebagai aktivitas usaha, maka aspek di luar produk pun harus diperhatikan. Pengemasan adalah salah satu contohnya. Kemaslah produk dengan kemasan yang menarik dan aman. Aman di sini artinya tidak beresiko membuat produk ditumbuhi jamur. Misalnya dengan menggunakan silica gel dalam kemasan produk tertutup rapat.

Sangat menarik bukan? Untuk informasi lengkap cara membuat kerajinan daun kering, sila ikuti update artikel kami berikutnya.

Kreasi Kreatif dengan Kerajinan Daun Kering
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
WhatsApp sekarang juga!