Cara Mengawetkan Kayu Karet

Kayu karet tidak hanya bermanfaat sebagai penghasil karet saja, namun batangnya pun dapat digunakan sebagai rangka furniture. Kayu ini memiliki getah yang banyak sehingga sangat rawan jika terserang jamur ataupun serangga.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebelum kayu digunakan alangkah baiknya mengetahui cara mengawetkan kayu karet terlebih dahulu.

Cara mengawetkan kayu karet

Kayu karet banyak dijumpai di daerah-daerah tropis seperti Indonesia. Tumbuhan ini banyak dijumpai didaerah sumatra ataupun kalimantan, tidak jarang selain penghasil karet tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai rangka furniture.

Kayu karet ini jika sudah diproses untuk rangka tidak mengalami cacat yang begitu signifikan, bahkan pengelemannya pun mudah. Namun penanganan kayu karet harus cepat dan teliti agar tidak mudah melengkung. Untuk menghindari kayu karet dari blue stain ataupun serangga pemakan kayu, maka perhatikan cara mengawetkan kayu karet berikut:

  1. Gunakan bahan kimia untuk mengawetkan kayu, pada umumnya yang sering digunakan adalah borax. Anda dapat emncampurkan ke dalam solar atau air sebagai rendaman kayu.
  2. Rendam kayu karet ke dalam rendaman yang sudah dicampur bahan kimia tersebut tunggu hingga beberapa hari.

Pengawetan kayu karet ini memang memakan waktu yang cukup lama sehingga sangat perlu ketelitian agar obat pengawet tersebut meresap dengan baik.

Pentingnya mengetahui cara mengawetkan kayu karet agar kayu karet sebelum diproses sebagai rangka furniture agar tidak mudah keropos. Hal ini sering terjadi jika obat pengawet belum meresap dengan baik ke dalam serat-serat kayu sehingga perlu ketelitian dalam melakukan pengawetan kayu tersebut.

Kayu karet sering digunakan sebagai rangka furniture dapur seperti top kitchen table, alat dapur, ataupun kichenette lainnya. Dapur merupakan spot rumah yang sangat rawan terhadap serangan jamur seperti jamur permukaan, untuk menghindari tersebut maka perlu obat pengawet yang tepat.

Cara mengawetkan kayu karet yang benar akan sangat membantu mengurangi dampak timbulnya jamur tersebut. Alangkah baiknya, gunakan obat pengawet yang lebih aman dan ramah lingkunga.

alterntif text
Cara Mengawetkan Kayu Karet
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *