Uniknya Bambu Tutul, Bambu Khas Indonesia Bermotif Langka

Bambusa maculata atau bambu tutul adalah salah satu spesies bambu di Indonesia. Jenis bambu ini memiliki tampilan sangat unik karena pola coklatnya yang tersebar di seluruh permukaan. Yuk, ketahui lebih lanjut soal pring tutul ini.

Beriklim tropis, Indonesia merupakan rumah yang kaya akan berbagai flora dan fauna. Salah satunya adalah bambu. Tanaman yang terdiri dari beragam spesies ini dengan mudah didapatkan di berbagai pelosok Indonesia. Bambu bahkan memiliki tingkat kelimpahan tinggi sehingga pemanfaatannya masih sangat leluasa.

Salah satu bambu yang paling unik karena tampilannya adalah bambu tutul atau pring tutul. Spesies bambu dengan nama latin Bambusa maculata ini sangat khas dengan pola seperti totol di seluruh permukaannya. Tak heran ia sering disebut sebagai bambu dengan pola macan.

Karakteristik Bambu Tutul

Sebagaimana disebut di atas, pring tutul ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Tanaman ini memiliki panjang rerata hingga 20 meter dengan diameter hingga 12 cm. Bambu ini bisa bertahan hidup pada wilayah dingin asalkan dengan suhu tidak kurang dari -2°C. Sehingga tumbuhan ini bisa dibudidayakan di dataran rendah maupun pegunungan dan di wilayah tropis maupun sub tropis. Sedangkan paparan mataharinya beragam dari yang penuh terpapar hingga sebagian saja. Bagi Anda yang ingin membudidayakannya, siapkanlah tanah yang lembab dan subur.

Pemanfaatan Bambu Tutul

Ada berbagai produk yang bisa dihasilkan dari material ini. Namun secara umum, bambu totol banyak digunakan untuk:furniture bambu tutul

Mebel

Bangku hingga meja adalah contoh berbagai mebel yang sering memanfaatkan pring tutul. Namun selain itu, sebenarnya banyak varian produk lain yang sudah dihasillan. Misalnya saja ranjang dan rak yang terbuat dari bambu ini.

Anyaman

Anyaman dari jenis bambu totol tergolong sangat diminati karena keindahannya yang khas. Anyaman atau biasa disebut gedhek oleh orang jawa kerap dimanfaatkan sebagai dinding rumah semi permanen. Berbagai restauran pun sangat sering menggunakan material ini.

Selain kedua produk di atas, tentu masih banyak fungsi bambu tutul bagi manusia. Misalnya saja sebagai bahan baku pembuatan keranjang hingga bakul nasi.

Uniknya Bambu Tutul, Bambu Khas Indonesia Bermotif Langka
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
WhatsApp sekarang juga!