Tips Cegah Jamur pada Kursi Kayu Lebaran Anda

Merayakan lebaran dengan kursi kayu yang nyaman digunakan adalah hal yang menyenangkan. Anda perlu merawat kursi kayu agar terhindar dari jamur agar bisa maksimal digunakan saat momen lebaran. Menggunakan obat anti jamur saat melakukan perawatan kursi kayu tentu dapat menjadi pilihan yang tepat.

Melakukan perawatan kursi kayu terutama terhadap serangan jamur adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya menjaga tampilannya agar tetap menarik, merawat kualitas kursi kayu juga penting dilakukan.

Untuk dapat menggunakan kursi kayu dengan penampilan menarik dan kualitas kursi yang terjaga, anda perlu melakukan perawatan yang tepat. Anda bisa menggunakan obat anti jamur untuk mengatasi masalah kursi kayu berjamur.

alterntif text

Cara Merawat Kursi Kayu

Memiliki kursi kayu dengan bentuk yang menarik, akan percuma jika anda tidak melakukan perawatan. Seperti furniture dari material kayu lainnya, kursi kayu juga beresiko mengalami kerusakan karena berbagai faktor. Baik itu faktor penggunaan, maupun faktor lain seperti terkena jamur.

Jika anda jarang melakukan perawatan pada kursi kayu, jangan heran jika di kemudian hari jamur mulai muncul pada permukaan kursi. Anda perlu melakukan perawatan rutin untuk menjaga kondisi kursi kayu agar tetap awet untuk digunakan. Berikut ini beberapa cara mudah dalam merawat kursi kayu yang bisa anda lakukan:

Selalu bersihkan seluruh bagian kursi kayu

Cara yang paling mudah dilakukan adalah pastikan anda sering membersihkan kursi kayu. Seluruh bagian kursi kayu harus selalu dalam keadaan bersih sebagai langkah perawatan termudah. Anda bisa menggunakan kemoceng ataupun rutin mengelapnya dengan kain bersih. Jika ada kotoran yang lengket atau sulit dibersihkan, gunakanlah kain bersih yang diberi sedikit air. Bersihkan secara rutin, setidaknya setiap sebulan sekali.

Bersihkan seluruh sekat yang sulit dijangkau pada kursi kayu dengan sikat gigi

Anda juga harus membersihkan seluruh sekat-sekat pada kursi kayu. Gunakan sikat gigi agar lebih mudah menjangkau bagian-bagian sekat yang sulit dijangkau dengan kemoceng atau kain. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah jamur tumbuh di sekat-sekat kursi kayu.

Gunakan obat anti jamur

Jika kedua cara sebelumnya sudah anda lakukan, tapi selanjutnya adalah anda perlu menggunakan obat anti jamur. Pastikan anda menggunakan obat anti jamur yang aman dan ramah lingkungan. Pastikan anda menggunakan obat anti jamur yang tidak merusak serat dan kondisi furniture kursi kayu.

Lakukan finishing ulang pada kursi kayu

Terakhir, jika diperlukan anda bisa melakukan finishing ulang. Anda bisa melakukan ini untuk memperbarui tampilan finishing. Cara ini juga dapat membantu menjaga obat anti jamur yang anda gunakan bekerja lebih lama karena terlindungi.

Obat Anti Jamur Terbaik untuk Kursi Kayu

Memilih obat anti jamur untuk kursi kayu perlu anda lakukan dengan tepat agar tidak merusak kondisi kursi dan lapisan cat yang digunakan. Obat anti jamur yang mudah diaplikasikan juga harus menjadi pertimbangan anda. Karena selain dapat digunakan untuk perawatan harian, anda juga perlu menggunakannya untuk dikombinasikan dengan cat saat melakukan finishing.

Anda bisa menggunakan Biocide Surface Film Preservative (SFP) yang dapat dikombinasikan dengan menggunakan cat kayu Biovarnish. Biocide surface film preservative (SFP) dapat digunakan dengan mudah secara bersamaan dengan aplikasi Biovarnish Clear Coat.

Obat anti jamur ini diformulasikan dengan bahan aktif Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate). Bahan ini membuat Biocide SFP menjadi produk yang sangat efektif untuk mencegah dan membasmi jamur permukaan, lumut, serta bakteri pada kursi kayu.

Cara aplikasi obat anti jamur ini sangat mudah, anda hanya perlu mengencerkannya dengan air bersih hingga mencapai konsentrasi 1-2%. Saat anda akan menggunakan obat ini di musim kemarau anda bisa mengencerkan dengan air bersih menggunakan perbandingan 1:100 setara dengan 1%. Pada musim hujan anda bisa menggunakan perbandingan 1:50 atau setara dengan konsentrasi 2%.

Karena hanya menggunakan air bersih sebagai bahan pengencernya, obat ini akan membuat anda lebih hemat budget. Baik perawatan maupun finishing ulang yang akan anda lakukan pasti lebih hemat karena tidak perlu membeli thinner sebagai bahan pengencernya. Cara aplikasi Biocide Surface Film Preservative ini sangat mudah, sehingga obat ini sangat tepat digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kursi kayu jelang lebaran.

Cara Melakukan Finishing Ulang Kursi Kayu Anti Jamur

Selain menggunakan obat anti jamur, anda juga bisa melakukan finishing ulang untuk mengubah tampilan kursi kayu sekaligus menambahkan obat anti jamur. Anda bisa menggunakan cat Biovarnish yang dikombinasi dengan Biocide SFP agar kursi kayu lebih tahan terhadap jamur. Berikut ini langkah finishing ulang kursi kayu yang bisa anda lakukan:

Aplikasikan remover cat

Tahap pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan remover cat. Pastikan anda menggunakan APD, setidaknya sarung tangan dan masker. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi bau menyengat dari produk remover cat yang anda gunakan. Aplikasikan remover cat sesuai dengan petunjuk penggunaan, lalu bersihkan lapisan cat yang lama dengan pisau scrape.

Lakukan pengamplasan

Setelah lapisan cat yang lama sudah dibersihkan, anda bisa melakukan pengamplasan. Proses pengamplasan dilakukan untuk memperhalus lapisan permukaan kursi kayu. Tahap ini juga berguna untuk menghilangkan lapisan cat yang lama jika masih ada yang tertinggal pada beberapa bagian kursi.

Aplikasikan wood filler

Gunakan wood filler secara tipis dan merata menggunakan pisau scrape. Wood filler berfungsi sebagai dempul kayu yang dapat menutup pori-pori dan cacat kayu pada kursi. Tunggu wood filler kering sekitar 20 menit lalu amplas hingga serat kayu terlihat.

Lakukan pewarnaan

Proses pewarnaan dapat anda lakukan dengan menggunakan Biovarnish Wood Stain. Pilih warna yang anda inginkan lalu encerkan wood stain dengan air pada perbandingan 2:1. Aplikasikan dengan kuas ataupun spray hingga merata. Tunggu mengering selama kurang lebih 60 menit lalu amplas ambang dengan amplas 400. Ulangi proses ini jika anda merasa perlu melakukannya.

Gunakan top coat dan obat anti jamur

Terakhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang cara aplikasinya sama dengan wood stain. Kombinasikan dengan Biocide Surface Film Preservative (SFP) pada konsentrasi 1-2%. Aduk campuran clear coat dengan obat anti lumut hingga homogen. Anda juga bisa mengaplikasikan top coat ini dengan menggunakan kuas maupun alat spray. Setelah selesai aplikasi top coat, anda bisa tunggu kursi kayu mengering hingga semalaman agar kering sempurna dan siap digunakan.

Dimanakah Anda bisa Membeli Biovarnish dan Biocide?

Anda bisa membeli berbagai varian produk Biovarnish dan Biocide di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759 e-mail: [email protected]

Tips Cegah Jamur pada Kursi Kayu Lebaran Anda
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!