Solusi Pengiriman Kayu Bebas Jamur dengan Container Desiccant

Pengiriman kayu bebas jamur sangat penting untuk diusahakan agar proses distribusi kayu berjalan lancar. Anda perlu mempersiapkan peralatan yang diperlukan, jika ingin melakukan pengiriman kayu bebas jamur. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan container dessicant sebagai solusi pengiriman kayu bebas jamur.

Untuk mengirim barang dalam jumlah besar dan waktu yang lama, tentu saja butuh persiapan yang matang agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan aman. Hal yang harus diperhatikan selain keamanan pengemasan adalah kondisi kelembaban pada ruang penyimpanan selama pengiriman. Seperti contohnya pada pengiriman kayu ke luar negeri yang dilakukan dalam jumlah besar.

Pengiriman kayu ke luar negeri ini biasanya akan memakan waktu lama hingga berminggu – minggu bahkan  hingga berbulan – bulan di dalam kontainer. Melewati berbagai kota bahkan lintas negara, tentunya ada resiko kayu yang dikirim menjadi berjamur. Tentunya, sangat penting untuk menjaga kelembaban udara dalam ruang penyimpanan tersebut.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pentingnya menjaga kelembaban dalam ruang penyimpanan agar kayu tidak mudah rusak karena berjamur. Anda juga perlu melakukan dan menggunakan beberapa persiapan agar proses pengiriman ini bisa berjalan lebih lancar. Simak selengkapnya mengenai solusi pengiriman kayu bebas jamur pada pembahasan di artikel ini.

Pentingnya Menjaga Kelembaban dalam Pengiriman Kayu agar Bebas Jamur

Resiko kayu menjadi berjamur karena kelembaban udara yang tinggi di dalam kontainer pasti mengintai, sehingga anda perlu menjaga kelembaban udara agar proses pengiriman dapat bebas jamur dan aman sampai negara tujuan. Barang yang berjamur saat proses pengiriman tentu saja menjadi kekhawatiran para eksportir, karena hal ini juga beresiko merusak kondisi barang.

Jika barang yang dikirimkan rusak dan berjamur, para buyer atau pembeli yang sudah menanti kayu pesanan mereka pasti akan kecewa dan kemungkinan besar tidak akan mau membayar barang yang dipesan. Jamur dapat tumbuh dengan subur jika kondisi kelembaban udara di sekitarnya meningkat. Jika hal ini terjadi pada pengiriman kayu menuju luar negeri dengan menggunakan kontainer.

Tentu saja hal ini bisa menjadi permasalahan yang sangat penting. Jika jamur sudah mulai tumbuh, potensi jamur untuk menempel dan tumbuh pada permukaan kayu akan semakin besar. Kayu yang berjamur akan menurun kualitasnya dan perlahan-lahan mulai rusak. Kondisi seperti ini sebenarnya dapat diatasi jika moisture content (MC) dapat terjaga dengan baik di dalam kontainer sebagai tempat penyimpanan kayu yang digunakan selama proses pengiriman.

Solusi Pengiriman Kayu Bebas Jamur dengan Container Desiccant - pengiriman kayu

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kekeringan kayu agar proses pengiriman dapat berlangsung dengan aman. Tanpa perlu khawatir dengan ancaman kayu berjamur saat proses pengiriman kayu dalam kontainer. Selain harus menjaga kondisi kayu, kondisi kelembaban udara juga menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan pada proses pengiriman ini.

Cara Mudah Cegah Jamur pada Pengiriman Kayu

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kayu tetap terjaga dengan baik dari ancaman serangan jamur selama pengiriman, diantaranya adalah:

alterntif text
  • Pastikan kayu sudah dalam kondisi kering

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dan lakukan adalah mengecek kondisi kayu. Pastikan Anda sudah mengeringkan kayu hingga kadar airnya menurun atau mencapai MC standar kayu. Pengeringan kayu yang akan dikirim dapat Anda dilakukan secara manual maupun dengan bantuan mesin. Jika ingin mengeringkannya secara manual, Anda bisa melakukannya dengan menjemurnya dibawah sinar matahari. Atau jika ingin lebih cepat, Anda bisa melakukan pengeringan kayu dengan menggunakan bantuan mesin berupa alat pengering kayu.

  • Simpan kayu di ruang penyimpanan yang kering

Mencegah kayu berjamur dapat juga dilakukan dengan menjaga kondisi tempat penyimpanan agar tetap kering, sehingga kelembaban ruang penyimpanan dapat terjaga. Ruang penyimpanan kayu yang dimaksud adalah ruang penyimpanan kayu baik sebelum maupun saat masa pengiriman.

Solusi Pengiriman Kayu Bebas Jamur dengan Container Desiccant - pengiriman kayu kering

Jika Anda menggunakan gudang sebagai ruang penyimpanan kayu, sebaiknya perhatikan dan atur kelembaban udara pada gudang tersebut. Jangan sampai Anda menyimpan kayu yang sudah kering dan siap dikirim pada gudang yang lembab dan tidak memiliki ventilasi yang baik. Selain pada container sebagai tempat penyimpanan kayu selama proses pengiriman, Anda juga bisa menggunakan container dessicant pada gudang penyimpanan kayu sebelum pengiriman.

  • Gunakan obat anti jamur

Aplikasikan obat anti jamur pada kayu yang akan dikirim, Anda juga dapat menggunakan obat anti jamur pada ruang penyimpanan atau gudang untuk mencegah tumbuhnya jamur. Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan BioCide Surface Film Preservative (SFP) yang efektif menghalau jamur, lumut dan bakteri.

Cara aplikasi yang efektif akan membuat penyimpanan kayu dalam gudang menjadi lebih mudah dan terhindar dari jamur maupun lumut. Anda bisa mengaplikasikan Biocide SFP pada kayu dengan cara disemprot maupun direndam. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan Biocide Surface Film Preservative pada tembok di gudang atau ruang penyimpanan kayu yang Anda gunakan.

Pengaplikasian Biocide Surface Film Preservative bisa dilakukan secara bersamaan dengan cat tembok. Cara ini bisa Anda lakukan saat akan mengaplikasikan obat jamur sekaligus memperbarui tampilan gudang penyimpanan kayu. Jangan lupa gunakan Biocide Surface Film Preservative ya agar proses penyimpanan kayu dalam gudang bisa lebih efektif dengan kelembaban yang terjaga.

  • Gunakan container desiccant

Saat kontainer loading pada kondisi suhu tinggi dan kelembaban relatifnya lebih dari 80%, maka sangat memungkinkan jika timbul kondensasi saat suhu mulai turun. Container desiccant akan mempertahankan suhu titik pengembunan tetap berada di bawah suhu aktual, sehingga proses kondensasi bisa dicegah.

Penyerap Kelembaban SurabayaSecara sigkat, hal ini bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya penguapan akibat suhu dalam kontainer yang terlalu tinggi. Tingginya suhu tersebut juga akan menurun dengan terlalu cepat dan bisa dikatakan dengan terpaksa sewaktu waktu. Hal inilah yang akan membuat jamur tumbuh dengan cepat pada kayu saat pengiriman menggunakan container.

Penggunaan container desiccant bisa menjadi solusi untuk mengatasi terjadinya hal ini. Kondisi kayu akan terjaga kelembabannya dan tetap berada pada kondisi yang kering meski melalui pengiriman dalam waktu lama di dalam container.

Pengiriman Barang Bebas Jamur dengan Container Desiccant

Penggunaan container desiccant berfungsi untuk mencegah resiko kerusakan barang akibat kelembaban udara selama masa penyimpanan atau semasa proses pengiriman. Produk ini mengandung kombinasi bahan-bahan chemical absorbent yang secara ilmiah telah terbukti efektif menyerap kelembaban udara dalam ruangan seperti CaCl2, Amylopectin, SiO2 dan Bentonite.

Penyerap kelembaban pada kontainer ini mampu menyerap kelembaban hingga lebih dari 200% beratnya sendiri. Produk penyerap kelembaban untuk kontainer ataupun gudang ini didesain mampu menyerap uap air dan mengubahnya menjadi bentuk gel, sehingga sangat aman karena tidak akan menimbulkan kebocoran pada kontainer.

  1. Untuk kontainer dengan ukuran 20 feet direkomendasikan menggunakan container desiccant sebanyak 6-10 unit atau
  2. Untuk kontaniner dengan ukuran 40 feet direkomendasikan untuk menggunakan produk container desiccant sebanyak 10-15 unit  atau lebih.

Solusi Pengiriman Kayu Bebas Jamur dengan Container Desiccant - container desiccant

Cara Pemakaian Container Desiccant Pada Kontainer

  • Gantungkan pada dinding kontainer atau gudang penyimpanan barang Anda dalam jarak yang merata
  • Buka tutup plastik sesuai petunjuk pada setiap unit kotak kemasaan container desiccant
  • Tutup container atau gudang secara rapat agar udara lembab dari luar tidak lagi masuk kedalam container atau gudang penyimpanan
  • Cek secara berkala, jika bahan aktif telah habis atau segera ganti dengan yang baru.

Fungsi dan Keunggulan Container Desiccant

Fungsi Container Desiccant pada ruang penyimpanan atau shipping container adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi pengiriman dari awal sampai selesai melalui berbagai tingkat variasi suhu dan kelembaban.

Produk ini mampu beradaptasi dengan berbagai tingkat variasi suhu dan kelembaban, sehingga resiko kayu berjamur saat pengiriman dapat teratasi dengan tepat.

  1. Mencegah resiko kerusakan akibat serangan jamur dan bakteri selama masa penyimpanan atau waktu pengiriman barang.

Karena mengandung CaCl2, Amylopectin, SiO2 dan Bentonite, produk ini dapat membantu mencegah resiko kerusakan akibat serangan jamur dan bakteri selama pentimpanan atau pengiriman barang dilakukan.

  1. Menghambat proses logam berkarat

Karena mengandung kalsium klorida (CaCl2) yang bersifat higroskopis, bahan ini dapat membantu membuat udara di sekitar menjadi bersifat kering, sehingga mampu menghalau proses korosi pada logam karena keadaan udara yang kering

  1. Menghambat kerusakan barang akibat proses oksidasi dan dekomposisi yang disebabkan oleh kelembaban udara tinggi

Karena kelembaban udara yang tinggi dapat di stabilkan dengan penggunaan produk ini, maka resiko kerusakan barang akibat proses oksidasi dan dekomposisi tidak terjadi.

Solusi Pengiriman Kayu Bebas Jamur dengan Container Desiccant - desiccant container

Keunggulan Container Desiccant:

  1. Daya serapnya lebih efektif dan efisien dibanding produk sejenis di pasaran
  2. Tidak berasa dan tidak berbau sehingga aman dan tidak mengontaminasi barang yang disimpan di dalam container atau gudang penyimpanan.
  3. Uap air yang diserap akan diubah menjadi gel sehingga tidak akan terjadi kebocoran atau tumpah ke kontainer.
  4. Aman karena bebas dari bahan kimia berbahaya (free DMF) dan penggunaan Container Desicant Poletelah memenuhi standar regulasi SGS International (diterima ke semua negara tujuan ekspor).

Rekomendasi Pemakaian Shipping Container

Berikut ini rekomendasi penggunaan container dessicant saat proses shipping container yang bisa Anda jadikan pedoman penggunaan:

  1. Untuk container ukuran 20 feet direkomendasikan menggunakan 6-10 unit Container Desiccant Pole atau lebih.
  2. Untuk container ukuran 40 feet direkomendasikan untuk menggunakan 10-15 unit Container Desiccant Pole atau lebih

Penggunaan unit container desiccant dapat disesuaikan dengan ukuran container yang digunakan. Rekomendasi ini hanya sekadar pedoman yang bisa Anda gunakan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mau Beli Container Desiccant?

Anda bisa membeli container desiccant secara offline dengan mendatangi beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta 55162

Phn / fax: +62 274 388301

E-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

E-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

E-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli biocide insecticide secara online melalui beberapa cara berikut ini:

WhatsApp : 082264411073

Website : https://www.pengawetkayu.com/

Facebook : https://www.facebook.com/pengawetkayu/

Instagram : https://www.instagram.com/biocide.id/

Berikut ini beberapa link marketplace yang bisa Anda pilih untuk melakukan pembelian container desiccant melalui marketplace:

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Solusi Pengiriman Kayu Bebas Jamur dengan Container Desiccant
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!