Penting! Atasi Jamur Sebelum Refinishing Rak Bunga Kayu

Jamur dapat tumbuh dengan mudah pada rak bunga kayu, maka anda perlu mengetahui cara mengatasi jamur pada rak bunga kayu. Menghilangkan jamur pad arak bunga kayu penting untuk anda lakukan, terutama saat akan melakukan proses refinishing.

Apakah anda seorang pecinta bunga dan tanaman hias? Menata bunga dan aneka tanaman hias dalam pot yang disusun dengan rapih adalah hal yang menyenangkan. Selain terlihat lebih tertata, hal ini juga dapat menambah estetika pada hunian anda. Dengan fungsinya yang sangat penting, rak bunga kayu sudah selayaknya anda rawat dengan baik.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah munculnya jamur pad arak bunga kayu kesayangan anda. Bukan hanya mengganggu dari segi estetika, adanya jamur pada rak bunga kayu juga akan menurunkan fungsi rak tersebut secara bertahap. Jika anda biarkan, jamur akan terus muncul dan merusak rak bunga anda hingga tidak bisa digunakan lagi.

alterntif text

Penyebab Rak Bunga Kayu Berjamur

Penting untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan rak bunga kayu menjadi berjamur. Hal ini dapat anda jadikan acuan juga untuk mengetahui langkah apa yang sebaiknya anda tempuh agar rak bunga menjadi lebih aman dan awet.

Salah satu penyebab munculnya jamur pada rak bunga kayu adalah kurangnya perawatan. Anda perlu menjaga dan merawat kebersihan rak bunga kayu agar. Selain untuk alasan kebersihan, perawatan juga penting dilakukan dengan anda menggunakan obat anti jamur. Sama seperti serangga, adanya jamur yang muncul pada substrat kayu juga merupakan hal yang mengganggu.

Debu serta pengaruh kelembaban yang tinggi menjadi penyebab utama munculnya jamur. Akan sangat mengganggu apabila muncul jamur pada substrat kayu di rak bunga milik anda. Selain membersihkan rak bunga secara rutin, anda juga perlu mencoba cara lain, yaitu dengan menggunakan obat anti jamur substrat.

Jamur pada substrat kayu memang lebih rumit untuk diatasi, sehingga anda perlu menjaga rak bunga kayu agar tidak mudah muncul jamur. Namun, jika sudah terlanjur muncul jamur pada substrat kayu apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasi jamur pad arak bunga kayu? Simak cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Jamur pada Rak Bunga Kayu

Penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi jamur yang muncul pad arak bunga kayu di rumah anda. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

Bersihkan seluruh bagian rak bunga kayu

Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan seluruh bagian rak bunga kayu secara rutin. Pastikan anda membersihkan seluruh bagian rak bunga kayu tanpa terkecuali. Pastikan rak bunga kayu sudah dalam keadaan bersih dan siap anda treatment dengan obat anti jamur.

Gunakan obat anti jamur substrat untuk mengatasi jamur yang muncul

Dalam memilih obat anti jamur yang akan digunakan, anda perlu memilih dengan cermat. Jangan sampai anda menggunakan obat anti jamur yang justru merusak kondisi rak bunga kayu. Gunakanlah obat anti jamur substrat yang aman dan mampu menjaga kondisi rak bunga kayu tetap terawat dengan baik.

Tunggu hingga kering sempurna

Setelah anda menggunakan obat anti jamur sesuai dengan petunjuk yang tersedia, anda perlu mengeringkan rak bunga kayu. Diamkan rak hingga kering sempurna agar anda dapat menggunakan rak bunga kayu lebih optimal.

Biocide Wood Fungicide Obat Anti Jamur Terbaik untuk Rak Bunga Kayu

Dalam memilih obat anti jamur untuk rak bunga kayu, pastikan anda menggunakan obat yang dapat memberikan perlindungan maksimal. Sebagai rekomendasi, anda dapat menggunakan obat anti jamur dair Biocide Wood Fungicide. Produk ini sangat efektif untuk mencegah jamur pada kayu dan media lainnya.

Bukan hanya itu, efektifitas produk ini juga dapat mencegah pertumbuhan jamur blue stain, white stain dan black stain. Sehingga rak bunga kayu di rumah anda akan lebih terawat dan terhindar dari ancaman jamur yang sulit dihilangkan.

Biocide Wood Fungicide mengandung bahan aktif Methylene Bis Tiosinat (MBT) dan 2-theo cyanomethyl theo benzothiazole TCMBT. Bahan ini sering digunakan sebagai bahan pengawet kayu. Dalam fokusnya, penggunaan bahan ini sangat efektif dalam mencegah mikroba terutama jamur untuk muncul pada kayu. Karena efektifitasnya ini, bahan aktif TCMBT ini sangat sering dimanfaatkan pada industri pengawetan kayu.

Produk Biocide Wood Fungicide dapat digunakan pada kayu gelondong (log), kayu sawn tiber, serta pada proses pengolahan kayu sebelum difinishing. Efektifitas produk ini dalam mencegah timbulnya jamur blue stain, black stain dan white stain sudah tidak diragukan lagi. Karena jenis fungi tersebut akan menimbulkan dua kerusakan pada kayu jika tidak ditangani. Yaitu kerusakan dari segi estetika dan kerusakan pada substrata tau struktur kayu.

Aplikasi Biocide Wood Fungicide tidak hanya efektif pada media kayu tetapi juga termasuk pada bambu, triplek, rotan, aneka serat alam, dan media sejenis lainnya. Biocide Wood Fungicide juga sangat mudah diaplikasikan. Anda dapat melarutkannya dengan menggunakan air ataupun minyak (solvent).

Anda dapat menggunakan konsentrasi 1-2% pada setiap aplikasi, tergantung dengan kondisi cuaca dan kebutuhan anda. Aplikasinya sangat fleksibel, anda bisa mengoleskannya langsung menggunakan kuas kepada media atau dengan menyemprotnya. Selain itu, anda juga bisa merendamnya minimal 15 menit namun semakin lama semakin baik. Anda juga dapat menggunakan mesin vakum tekan jika anda memilikinya.

Petunjuk Penggunaan dan Penyimpanan Biocide Wood Fungicide

Berikut ini petunjuk penggunaan dan penyimpanan Biocide Wood Fungicide yang dapat anda lakukan:

>> Gunakan Alat Pelindung Diri

Saat mengaplikasikan Biocide Wood Fungicide sebaiknya anda menggunakan pelindung diri. Anda perlu menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, kacamata, sarung tangan, masker, dan sepatu. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi.

>> Cuci bersih alat yang telah digunakan

Setelah anda selesai mengaplikasikan Biocide Wood Fungicide, segera bersihkan alat yang telah anda gunakan.

>> Simpan kemasan di tempat yang sejuk dan terhindar dari jangkauan anak-anak

Jika sudah selesai melakukan aplikasi tapi masih ada produk yang tersisa, penting untuk menyimpannya dengan baik. Tutup rapat kemasan selama produk tersebut tidak dipakai, kemudian simpan di tempat yang sejuk. Jangan sampai produk terkena sinar matahari langsung, maupun api dan kelembaban. Dan pastikan untuk menghindari produk ini dari jangkauan anak-anak.

>> Jangan buang kemasan dan sisa obat pada perairan bebas

Jika proses aplikasi yang anda lakukan sudah selesai, jangan sampai anda membuang kemasan maupun sisa obat pada perairan bebas. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran pada perairan bebas akibat kontaminasi bahan aktif pada produk ini.

>> Cuci tangan atau mandi

Setelah seluruh proses aplikasi selesai, pastikan anda mencuci tangan dengan bersih. Alangkah lebih baik jika anda membersihkan diri atau mandi agar tidak ada sisa obat yang menempel di tubuh anda. Jangan lupa juga untuk mencuci pakaian yang tadi anda gunakan saat proses aplikasi.

Penting! Atasi Jamur Sebelum Refinishing Rak Bunga Kayu
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!