Obat Pemutih Kayu Tidak Membuat Kayu Keropos

Kayu merupakan bahan baku untuk pembuatan furniture yang paling banyak diminati. Selain karena bahannya yang kuat, kayu juga memiliki keindahan dari segi serat kayunya. Furniture yang paling banyak dibuat dengan finishing natural transparan yang memperlihatkan serat alami dari kayu tersebut.

Namun banyak finishing kayu yang hanya sekedar melakukan finishing tanpa melakukan pemutihan untuk kayu. Pemutihan untuk kayu dilakukan agar warna kayu merata sehingga memudahkan proses finishing. Namun masalahnya, kayu dapat lapuk karena poses pemutihan yang dilakukan menggunakan bahan yang tidak aman. Kalau sudah begitu, maka solusinya adalah memilih pemutih yang tidak menyebabkan lapuk dan keropos pada kayu yang diaplikasikan.

Pemutih kayu berbahan asam kuat acapkali membuat kayu menjadi mudah keropos sehingga kayu tidak bisa digunakan dalam jangka panjang. Para pengrajin biasanya menggunakan pemutih berbahan asam kuat seperti H2O2. Pemutih kayu H2O2 ini menggunakan campuran solvent sebagai pelarutnya. Padahal solvent ini bahan yang cukup berbahaya jika digunakan dengan jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang panjang.

Penggunaan H2O2 juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit jika digunakan sebagai desinfektan. Baunya juga cukup menyengat sehingga dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Proses aplikasi H2O2 juga cukup panjang karena kayu diresbus dahulu agar bahannya dapat meresap ke dalam kayu. padahal pada saat perebusan, uap yang keluar akan menyebabkan bahaya bagi pernafasan. Proses pengeringannya juga memerlukan sinar matahari yang terik agar menyempurnakan proses pemutihan kayu. dan proses itu akan membuat kayu mudah keropos karena bahan kimianya berbahaya.

Untuk Anda yang menginginkan kayu tetap bisa diputihkan namun tidak membuat kayu keropos, Anda bisa menggunakan bahan kimia White Agent 250 yang cukup aman dan tidak membuat kayu menjadi keropos. WA 250 cukup mudah diaplikasikan dan tidak membutuhkan proses yang rumit. Bahan aktif WA 250 adalah sodium hypoclorite naCIO yang diformulasikan sebagai bahan pemutih tanpa menyebabkan kayu menjadi keropos. Hasilnya juga terlihat lebih alami dibanding dengan bahan kimia lainnya.

Apa Kelebihan WA 250?

  • Tidak menyebabkan iritasi pada kulit normal
  • Relatif tidak menyebabkan karat / korosi pada logam
  • Efektif memutihkan atau mencerahkan warna kayu
  • Hasil warna kayu lebih cerah dan tampak natural
  • Tidak perlu dijemur di bawah terik matahari
  • Mudah digunakan pada semua jenis kayu atau bahan sejenis kayu
Obat Pemutih Kayu Tidak Membuat Kayu Keropos
WA-250 efktif memutihkan dan menyeragmkan warna kayu tanpa membuat keropos

Cara penggunaan WA 250 ini bisa dilihat pada kemasan. Aplikasi WA 250 ini bisa menggunakan kuas. Karena menggunakan kuas merupakan cara efektif dan efisien untuk mengaplikasikan WA 250 ini. Walaupun memang bahan yang terkandung dalam WA 250 ini tidak berbahaya, namun alangkah lebih baik jika kita lebih berhati-hati menggunakan bahan tersebut.

Proses WA 250 setelah diaplikasikan akan mengalami proses aging time. Larutan WA-250 bereaksi mengangkat warna permukaan kayu selama ± 2jam. Selama proses aging time, Warna kayu akan terlihat lebih tua dan gelap. Aplikasikan kembali larutan WA-250 sekali lagi jika ingin hasil warna yang lebih terang.

Hasil cerah  akan menunjukkan hasil putih terang maksimal setalah proses reaksi selama 4-6 jam. Setelah warna kayu sesuai dengan tingkat kecerahan yang diinginkan, kayu dapat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan atau bisa juga dijemur sampai kering dan MC kayu sudah sesuai dengan standartnya. Dan kayu sudah menjadi lebih cerah alami dan Anda sudah bisa memulai finishing dengan mudah.

Obat Pemutih Kayu Tidak Membuat Kayu Keropos
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!