Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Lemari

Jamur pada kayu lemari menyebabkan kayu cepat rusak, apabila lemari kayu sudah terlanjur terkena jamur maka segera diaplikasikan obat anti jamur.

Funiture yang terbuat dari kayu sampai saat masih banyak digunakan baik hunian rumah pribadi, hotel, restauran, cafe dll. Karena teksturnya yang kuat dan awet menjadi alasan dari kayu menjadi bahan baku furniture atau interior rumah.

Kayu memang dikenal dengan jenis media yang kuat namun tidak semua jenis kayu yang digunakan furniture seperti pada lemari tahan terhadap jamur. Jika jamur pada kayu lemari sudah terlanjur menyerang maka perlu diaplikasikan obat anti jamur.

Jamur Pada Kayu Lemari

Sebelum kayu diproses menjadi bahan baku furniture atau interior ruangan, biasanya mengalami beberapa tahapan diantaranya adalah dengan proses pengeringan. Kayu dikeringkan atau dioven biasanya bertujuan untuk mencegah jamur tumbuh. Jamur yang sering tumbuh ketika kayu telah ditebang adalah Blue stain. jamur ini menyerang bagian warna serat kayu sehingga menyebabkan warna kayu rusak, apabila kayu sudah terserang jenis jamur ini maka harga kayu pun akan turun drastis. Ini lah yang menjadi kendala dari pengusaha kayu untuk mempertahan kayu agar tidak terserang jamur. Tingkat kekeringan kayu agar tidak mudah terserang jamur ketika disimpan atau udah diproses sebagai bahan baku furniture adalah MC <15%.

Lalu kenapa jamur tetap menyerang kayu ketika sudah menjadi furniture atau interior rumah lainnya? Faktor yang menyebabkan jamur tumbuh ke permukaan kayu diantaranya adalah udara dalam ruangan yang terlalu lembab, kurangnya perawatan dan sering terkena air atau cuaca. Ya, furniture yang kurang dirawat akan menyebabkan kayu cepat rusak sebab debu atau kotoran lainnya akan mudah melekat di permukaan kayu. Maka dari itu, harus sering diberikan poles kayu dan setiap hari dibersihkan dari debu. Jika sudah terlanjur sudah terserang jamur pada kayu lemari maka segera mungkin untuk diaplikasikan obat anti jamur.

Obat Anti Jamur Untuk Lemari

Obat anti jamur pada kayu lemari akan lebih bagus jika diaplikasikan setelah kayu ditebang. Sebab obat tersebut akan masuk kedalam serat kayu dan menjaga kayu lebih bertahan lama. Sebaiknya gunakan obat anti jamur yang bahan-bahannya ramah lingkungan diantaranya BioCide.

BioCIde merupakan obat anti jamur yang menggunakan bahan aktif dengan campuran fungisida dan bakterisida yang sangat efektif untuk mencegah dan menghilangkah jamur, bakteri, dan mikroorganisme perusak kayu lainnya. obat anti jamur ini dikategorikan sebagai obat anti jamur karena menggunakan sistem water based yang maksudnya bahwa obat ini tidak hanya dapat dicampurkan dengan bensin atau solar melainkan juga dengan air. Bagi Anda sebagai pengusaha kayu atau DIY tentu ini akan menghemat pengeluaran Anda karena Anda tidak perlu membeli solar sebagai campurannya.

BioCide dapat digunakan dengan cara injeksi, oles, semprot, rendam dan vakum tekan. Cara rendam dan vakum tekan biasanya digunakan untuk proses pencegahan tumbuhnya jamur. Sedangkan injeksi, oles dan semprot digunakan untuk menghilangkan jamur yang sudah terlanjur menyerang pada furniture.  Selama proses pengaplikasian obat anti jamur maka yang perlu Anda perhatikan adalah keamanan pengguna. Sebab, obat anti jamur BioCide menggunakan bahan yang dapat menyebabkan iritas dan keracunan melalui mulut, pernafasan atau kulit.

alterntif text

Untuk keamanan diri selama mengaplikasikan obat jamur pada kayu lemari maka perhatikan hal-hal berikut:

  1. Simpan BioCide di tempat yang kering, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  2. Selama proses pengaplikasian dilarang untuk makan atau minum
  3. Tidak disarankan untuk membuang obat anti jamur di tempat yang mengalir
  4. Gunakan alat pengamanan diri seperti masker, sarung tangan dan pakaian khusus

Walaupun BioCide dikategorikan obat anti jamur pada kayu lemari yang ramah lingkungan namun tetap saja memperhatikan faktor keamanan. Untuk mengaplikasikan obat anti jamur sebaikmnya memilih obat sesuai dengan resiko kayu yang terserang jamur sehingga obat yang digunakan pun tepat dan jamur tidak mudah tumbuh lagi.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Lemari
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

One thought on “Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu Lemari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *