Mencerahkan Warna Kayu dengan WA-250

Mencerahkan warna kayu adalah sesuatu yang bisa dilakukan siapa saja, termasuk jika Anda merupakan seorang pemula. Proses finishing kayu juga akan lebih mudah dilakukan jika Anda mampu mencerahkan warna kayu. Terdapat berbagai manfaat lain termasuk hasil yang diperoleh jika Anda mampu mencerahkan warna kayu.

Menyamakan Warna Kayu Doreng
kayu yang warnanya tidak rata dapat diseragamkan dengan WA 250

Warna kayu memang tidak selalu sama, misalnya saja pada bagian gubal dan terasnya jelas warnanya berbeda. Meski demikian, ada hal lain yang cukup mengganggu juga dari warna kayu yaitu jika warna kayu sudah mulai kusam. Jika Anda menyimpan kayu terlalu lama di gudang atau ruang penyimpanan lainnya, mungkin masalah seperti ini bisa saja terjadi.

Warna kayu yang perlu anda cerahkan juga adalah kayu yang terkena noda blue stain. Untuk menyamarkan noda blue stain, anda tentu memerlukan produk pencerah warna kayu yang mampu bekerja dengan optimal. Saat akan melakukan finishing, ada baiknya jika Anda juga memperhatikan warna kayu.

Kayu dengan warna yang cerah akan lebih mempermudah proses finishing yang akan Anda lakukan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan bahan yang mampu mencerahkan warna kayu dengan mudah namun tetap aman digunakan.

Manfaat Mencerahkan Warna Kayu

Memiliki warna kayu yang tampak lebih cerah dapat membuat Anda memiliki beberapa keuntungan. Diantaranya adalah:

>> Lebih Cepat Saat Difinishing

Dengan warna kayu yang cerah, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan finishing kayu. Anda juga bisa lebih cepat melakukan finishing karena tidak perlu sibuk membuat hasil finishing memiliki warna yang sama pada seluruh permukaan media.

>> Serat Kayu Lebih Terlihat

Manfaat selanjutnya tentu saja berkaitan dengan kondisi serat kayu yang menjadi daya tarik saat Anda melakukan finishing. Terutama jika Anda menghendaki finishing natural, serat kayu akan terlihat lebih jelas. Mencerahkan warna kayu tentu akan membuat serat alami kayu lebih terekspos dengan maksimal.

>> Dapat Difinishing Natural Transparan

Saat Anda memilih gaya natural dengan transparansi tinggi untuk finishing, pasti Anda membutuhkan kayu dengan warna yang cerah. Permukaan kayu dengan warna yang cerah juga tetap harus diimbangi dengan terjaganya serat kayu. Dengan demikian, hasil finishing natural dengan serat kayu yang transparan akan diperoleh dengan lebih mudah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari pentingnya mencerahkan warna kayu, Anda tampaknya memang harus mengetahui cara yang tepat. Selain membutuhkan cara yang tepat, Anda juga perlu mempertimbangkan bahan pencerah warna kayu apa yang akan Anda gunakan.

Cara Mencerahkan Warna Kayu

Untuk mengatasi masalah warna kayu yang kusam, Anda perlu menggunakan produk yang mampu mencerahkan warna kayu. Tapi, pastikan bahwa produk tersebut aman untuk Anda aplikasikan. Bukan hanya aman untuk menjaga kualitas kayu termasuk tidak merusak seratnya. Anda juga harus memastikan bahwa produk tersebut tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi keamanan dan kesehatan Anda.

alterntif text

Pada umumnya, untuk mengatasi masalah terkait warna kayu Anda perlu menggunakan produk bleaching kayu. Produk wood bleaching atau pemutih kayu biasanya juga memberikan efek mencerahkan warna kayu. Anda sebenarnya bisa dengan mudah menggunakan produk pemutih kayu untuk mendapatkan warna yang lebih cerah.

Anda mungkin bisa mencerahkan warna kayu hanya dengan menggunakan detergen, namun hasilnya pasti tidak akan maksimal. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai produk pemutih kayu konvensional yang sudah banyak beredar di pasaran. Tapi, lagi lagi Anda harus jeli dan lebih teliti dalam memilih produk.

Jangan sampai Anda justru memilih produk yang akan merusak serat bahkan kondisi kayu secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan produk pemutih kayu yang mampu mencerahkan warna dengan lebih aman. Anda bisa menggunakan wood bleaching White Agent 250 (WA 250) untuk mengatasi hal ini.

Hasil akhir dari aplikasi WA – 250 pasti akan sangat memuaskan. Anda akan lebih mudah melakukan finishing kayu dan bisa tetap bereksplorasi dengan serat kayu yang menawan. Penasaran bagaimana cara mencerahkan warna kayu dengan White Agent 250? Simak langkah aplikasinya dibawah ini:

Langkah Praktis Mencerahkan Warna Kayu dengan WA-250

Ada beberapa langkah aplikasi yang harus Anda lakukan untuk mencerahkan warna kayu dengan WA-250. Diantaranya adalah:

Lakukan Pengenceran

Pertama, encerkan WA-250 dengan air bersih dengan perbandingan 1:1 atau setara dengan 50% pada larutan yang akan anda buat. Hal ini penting dilakukan agar konsentrasi NaClO pada larutan tidak merusak kondisi kayu maupun menimbulkan iritasi bagi Anda sebagai aplikator.

Aplikasikan WA-250

Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan WA-250 dengan menggunakan beberapa metode. Diantaranya adalah dengan cara perendaman atau pencucian. Namun, anda juga bisa mengaplikasikannya dengan mudah hanya menggunakan kuas ataupun alat semprot. Pastikan seluruh permukaan kayu telah dibasahi oleh WA-250 hingga merata.

Tunggu Proses Aging Time

Selanjutnya, anda perlu menunggu proses aging time dari WA-250. Hal ini bertujuan agar WA-250 dapat meresap dan bereaksi dengan optimal pada permukaan media kayu. Saat proses ini terjadi, kayu akan tampak lebih gelap warnanya.

Proses ini berjalan sekitar 4-6 jam setelah bahan bleaching diaplikasikan. Selama proses ini, anda tidak perlu melakukan penjemuran dibawah sinar matahari langsung. Biarkan bleaching kayu WA-250 mengering dengan sempurna pada suhu ruang.

Lakukan Pembilasan

Setelah menunggu bahan pemutih kayu jati WA-250 meresap dan bekerja dengan optimal selama kurang lebih 4-6 jam, anda perlu melakukan pembilasan. Bilas permukaan kayu jati yang telah di bleaching menggunakan air bersih, anda juga bisa menambahkan sedikit detergen. Bersihkan hingga tidak ada bahan bleaching yang tersisa.

Keringkan material kayu kembali tanpa menjemurnya dibawah sinar matahari langsung. Setelah media kayu kering sempurna, Anda akan mendapatkan warna yang seragam pada seluruh permukaan media. Selanjutnya, anda bisa melakukan proses finishing sesuai dengan yang anda inginkan.

Keunggulan Hasil Mencerahkan Warna Kayu dengan White Agent 250

Secara umum, terdapat beberapa keunggulan yang akan Anda peroleh dari hasil aplikasi WA-250 untuk mencerahkan warna kayu. Diantaranya adalah:

Menyamakan Warna Kayu Doreng
white agen atau WA 250 efektif menyeragamkan warna kayu doreng
  • Efektif mencerahkan warna kayu
  • Hasil warna kayu tampak bersih cerah dan terlihat alami, bukan putih pucat
  • Mampu menurunkan sampai menghilangkan bekas noda jamur blue-stain
  • Aplikasi tanpa perlu dijemur, jadi bisa dilakukan kapan saja
  • Tidak membuat kayu jadi lunak atau lapuk
  • Tidak membuat karat pada komponen logam
  • Aman bagi kesehatan pekerja dan pengguna produk akhir
  • Cara aplikasi mudah dengan waktu dan biaya lebih terukur

Hasil dari aplikasi White Agent 250 berbeda dengan hasil aplikasi produk bleaching kayu lainnya. Dengan menggunakan WA-250, Anda akan membuat warna kayu bertahan dengan cerah lebih lama. Bukan hanya cerah yang terkesan pucat, tetapi juga cerah seperti warna alami kayu.

Anda tentu tidak perlu khawatir dengan kondisi kayu termasuk seratnya. Karena mencerahkan kayu dengan WA-250 tidak akan membuat serat kayu memudar atau rusak. Kayu juga tidak akan mudah lapuk atau keropos karena penggunaan bahan ini. Mendapatkan hasil finishing yang lebih berkualitas bisa Anda lakukan dengan mudah setelah aplikasi WA-250.

Mencerahkan Warna Kayu dengan WA-250
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!