Ingin menghasilkan meja yang unik? Maka cobalah buat meja dari bonggol kayu. Proses pembuatan meja dari bahan ini bisa meningkatkan estetika produk Anda sehingga tampak lebih menarik dari meja solid dan olahan kebanyakan.  Cukup terapkan saja bentuk natural bonggol tersebut. Dari bahan ini pun, ada berbagai macam variasi meja yang bisa dibuat. Berikut ini contohnya:

Intinya, selain mengandalkan bentuk bonggol itu sendiri, kita bisa meningkatkan estetikanya dengan desain dan kombinasi bahan yang sesuai. Misalnya penggunaan bahan berkesan ringan seperti kaca. Dengan demikian, meja dari bonggol tersebut pun tak bisa disamakan dengan meja serupa dari bahan yang sama.

Jangan lupa Awetkan Dulu Meja dari Bonggol Kayu

Dalam proses pengerjaan bonggol, treatment pengawetan sangat disarankan. Sebabnya jelas karena bonggol rentan rusak akibat serangan berbagai hama. Kerentanan ini pun bisa jadi lebih tinggi dibanding pada kayu. Sebab substrat bonggol yang tertanam di dalam tanah secara umum lebih basah/lembab.

Metode yang diterapkan dalam treatment sendiri sebenarnya tak begitu berbeda dengan metode yang diterapkan pada kayu biasa. Untuk bonggol yang besar, pemotongan dapat dilakukan terlebih dahulu supaya obat pengawet bisa meresap dengan baik. Caranya bisa dilakukan dengan:

  1. Merendam bonggol dalam larutan obat pengawet
  2. Mengolesi bonggol kayu dengan obat pengawet
  3. Menyemprotkan bonggol dengan obat pengawet

bonggol kayuNamun pada kasus tertentu, treatment pengawetan saja tidak cukup. Hal ini terjadi apabila bonggol sudah terserang hama terlebih dulu, misalnya hama jamur stain.

Pernahkah Anda mendapati warna bonggol yang biru kehijauan? Atau kecoklatan? Hadirnya jamur stain atau noda dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kayu berupa cacat warna. Jelas ini akan merusak meja bonggol yang nantinya coba dibuat.

Solusi yang bisa dilakukan selain mematikan jamur stain adalah menghapus nodanya. Anda bisa menggunakan larutan pemutih kayu seperti White Agent (WA-250). Bleaching kayu seperti ini memang akan membuat warna bonggol menjadi lebih cerah. Namun bahan ini ialah solusi terbaik dalam menghadapi kasus kerusakan warna akibat jamur stain.

Membuat Meja dari Bonggol Kayu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *