Kegunaan Silica Gel Dalam Kebutuhan Sehari-hari

Kegunaan silica gel dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak karena mampu menghilangkan bau yang tidak sedap atau mengurangi kelembaban suatu barang.

Makanan atau barang yang hanya dibiarkan didalam tempat penyimpanan seperti box, toples dll tidak akan bertahan lama karena memiliki kelembaban yang tidak stabil. Sehingga dampak yang ditimbulkan makanan atau barang tersebut mulanya akan berbau dan akhirnya tumbuh jamur sehingga tidak dapat digunakan kembali.

Maka dari itu, kegunaan silica gel sangat penting untuk mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari Anda dalam menyimpan barang atau makanan.

Kegunaan Silica Gel Untuk Makanan atau Barang Yang Disimpan

Barang atau makanan yang disimpan didalam box memang sangat riskan rusak sehingga perlu penanganan yang tepat. Terutama pada barang-barang Anda yang berbahan kulit, Anda harus rutin merawatnya agar tidak mudah terserang jamur. Biasanya jamur akan mudah menyerang ketika cuaca tidak stabil sehingga menyebabkan ruangan menjadi lebih lembab.

Kegunaan silica gel untuk menangani masalah jamur atau kerusakan lainnya sangat penting. Terutama pada ruangan yang lembab, barang-barang yang Anda simpan sangat penting untuk diperhatikan. Sebaiknya gunakan silica gel untuk menyerap kelembaban pada barang kesayangan Anda. Silica gel tidak hanya dapat digunakan untuk menghindari tumbuhnya jamur saja, melainkan juga dapat digunakan untuk  mengurangi bau. Misalkan digunakan untuk tas yang baru saja Anda gunakan untuk olahraga, bau sepatu dsb.

Baca juga:
Indonesia Container Desiccant  Efektif Menyerap Kelembaban Pada Kontainer
Tempat Jual Silica Gel Di Jogja

Silica Gel Yang Bagus Untuk Menyerap Kelembaban

Pada umumnya kegunaan silica gel akan mudah kita jumpai ketika membeli barang-barang baru seperti sepatu. Sedangkan silica gel sendiri memiliki beberapa varian diantaranya adalah silica gel biru, silica gel putih dan silica gel natural. Ketiga silica gel tersebut terbuat dari bahan yang berbeda dan memiliki fungsi yang hampir tidak sama pula dalam menjaga standar kelembaban udara dalam ruangan.

Silica gel biru pada umumnya digunakan untuk mesin, alat elektroni atau listrui. Silica gel ini terbuat dari Cobalt Chloride sehingga sangat berbahaya digunakan untuk makanan, obat-obatan atau sesuatu yang dapat dikonsumsi karena dapat menyebabkan keracunan dalam jangka waktu yang lama.

Silica gel putih lebih aman daripada silica gel biru sebab menggunakan sodium silikat dengan ukuran 2,4 nanometer dan bersifat hydropilic sangat akyif menyerap molekul air dalam udara. Bentuknya berupa grabul bening yang sangat efektif untuk menyerap kelembaban pada kemasan. Sangat cocok digunakan untuk penyerap kelembaban produk obat-obatan farmasi, makanan kering, elektronik, produk berbahan kulit atau sejenisnya, produk kertas, tekstil, kerajinan natural kayu, atau kemasan produk yang rentan terhadap kelembaban udara.

alterntif text

Sedangkan silica gel natural jauh lebih aman karena terbuat dari mineral alami. Karakternya food grade sehingga sangat aman jika bersentuhan langsung dengan makanan. Silica gel untuk kue kering atau makanan kemasan lain harus memenuhi standar food grede ini.

Jika Anda menginginkan bumbu dapur, makanan hewan peliharaan tidak mudah berbau namun tetap menjaga kualitas rasa dari makanan tersebut maka gunakan silica gel ini. Silica gel natural sangat bagus digunakan untuk menyerap kelembaban pada makanan kering baik dalam kemasan ataupun tidak.

Kegunaan silica gel tersebut sangat penting untuk menjaga segala kebutuhan Anda sehari-hari. Maka dari itu, segera dapat silica gel tersebut agar tetap baang-barang Anda tidak mudah rusak. Kami sarankan  untuk menggunakan silica gel putih atau silica gel natural karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang menyebabkan gangguan kesehatan atau lingkungan.

Kegunaan Silica Gel Dalam Kebutuhan Sehari-hari
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!