Cara Mudah Merawat Furniture Rotan Anti Jamur dengan Biocide Surface Film Preservative

Merawat Furniture rotan anti jamur sangat penting dilakukan, anda bisa merawat furniture rotan anti jamur dengan Biocide SFP.

Rotan adalah salah satu media selain kayu yang banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture maupun kerajinan tangan. Di Indonesia, tanaman ini tumbuh subur dan mudah ditemui. Penggunaan rotan sebagai furniture maupun kerajinan tangan banyak digunakan karena bahan ini mudah dibentuk namun juga kokoh dalam waktu bersamaan. Meski banyak keunggulan yang dimiliki oleh material ini, furniture rotan tidak lepas dari ancaman jamur yang tumbuh di permukaannya jika tidak dirawat dengan benar.

Penyimpanan dalam kondisi lembab dan perawatan yang kurang tepat akan menyebabkan furniture rotan milik anda mudah berjamur. Hal ini tentu saja mengurangi fungsi dan estetika furniture itu sendiri. Anda perlu menggunakan obat anti jamur yang mampu mencegah dan merawat furniture rotan dari serangan jamur yang kapan saja dapat tumbuh di permukaannya.

alterntif text

Cara Merawat Furniture Rotan

Untuk merawat furniture rotan agar tidak mudah rusak dan ditumbuhi jamur, berikut ini cara membersihkan dan merawat furniture rotan yang dapat anda lakukan:

  • Bersihkan dengan penyedot debu atau dengan kemoceng

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah membersihkannya dengan menggunakan penyedot debu, atau jika anda tidak memilikinya anda dapat membersihkan furniture rotan menggunakan kemoceng. Bersihkan secara rutin agar resiko tumbuhnya jamur semakin berkurang.

  • Bersihkan dengan sikat gigi

Selanjutnya, bersihkan bagian-bagian kecil yang tidak bisa dibersihkan dengan penyedot debu ataupun kemoceng. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk mencapai sela-sela furniture yang belum dapat dibersihkan. Bersihkan seluruh celah furniture rotan.

  • Rapihkan dengan gunting

Jika ada bagian furniture rotan yang mulai rusak dan seratnya mulai terpisah, rapihkan lagi menggunakan gunting. Potong serat-serat halus yang mulai muncul agar furniture rotan menjadi lebih rapih dan bersih.

  • Finishing Ulang Furniture Rotan

Lakukan finishing ulang pada furniture rotan dengan menggunakan cat kayu water based dari biovarnish liquid stain yang mampu merawat dan mempercantik kondisi furniture rotan. Jangan lupa untuk menggunakan obat anti jamur biocide surface film preservative (SFP) saat melakukan finishing ulang.

  • Keringkan dan simpan di tempat teduh

Setelah selesai melakukan finishing ulang, keringkan furniture rotan di tempat teduh. Kemudian simpan pula di tempat teduh tanpa terkena sinar matahari langsung hingga lapisan finishingnya mengering sempurna.

Obat Anti Jamur untuk Furniture Rotan

Obat anti jamur yang dapat anda gunakan untuk merawat furniture dari serangan jamur adalah biocide surface film preservative (SFP). Produk ini diformulasikan dengan bahan aktif Diuron dan Carbendaim Carbendazim Calcium bis (dodecybenxenesulfonate). Bahan aktif ini membuat jamur tidak mudah menyerang media rotan setelah diaplikasikan.

Obat pembasmi jamur ini efektif digunakan untuk membasmi jamur pada furniture bebahan kayu maupun kayu olahan serta serat alam, termasuk rotan. Penggunaannya mampu membasmi jamur yang sering muncul pada permukaan furniture hingga ke akarnya. Sehingga diharapkan setelah furniture difinishing atau dirawat dengan menggunakan biocide SFP, jamur tidak akan muncul kembali.

Untuk hasil terbaik, tentunya diperlukan aplikasi secara rutin. Hal ini juga sebagai salah satu cara merawat furniture rotan agar lebih awet dan tidak mudah terserang jamur. Perawatan rutin perlu dilakukan setidaknya 1x dalam sebulan, terutama saat musim penghujan dimana jamur akan mudah tumbuh akibat kelembaban udara yang meningkat.

Keunggulan Biocide Surface Film Preservative

Berikut ini keunggulan biocide surface film preservative yang perlu anda ketahui:

  • Aplikasi biocide surface film preservative dapat dicampur dengan air sekaligus bahan finishing kayu lainnya

Karena termasuk water based system anda akan lebih ekonomis jika menggunakan biocide sfp sebagai obat anti jamur pada saat finishing maupun saat melakukan perawatan furniture rotan kesayangan anda

  • Lebih stabil dan efektif pada lapisan coating

Penggunaan obat ini akan membantu clear coat sebagai lapisan coating paling atas menjadi lebih stabil dan tahan terhadap serangan mikroorganisme, terutama jamur permukaan.

  • Ramah lingkungan

Karena tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, aplikasi produk ini tidak akan menimbulkan bau menyengat, iritasi kulit, maupun efek berbahaya lainnya bagi kesehatan aplikator maupun bagi keamanan lingkungan. Diformulasikan sesuai keamana standar bahan kimia internasional, bahan ini sudah memenuhi standar sebagai produk yang aman dan ramah lingkungan.

  • Cara aplikasinya mudah

Aplikasi produk ini dapat anda lakukan dengan mudah. Anda dapat mengaplikasikana dengan menggunakan kuas maupun menggunakan spray gun. Dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anda, serta dapat disesuaikan dengan kelengkapan alat yang anda miliki.

Cara Aplikasi Biocide Surface Film Preservative untuk Merawat Furniture Rotan

Berikut ini adalah cara merawat furniture rotan kesayangan anda dengan biocide surface film preservative agar terhindar dari serangan jamur permukaan:

  • Pastikan furniture rotan dalam kondisi bersih dan kering
  • Encerkan biocide surface film preservatife dengan air bersih hingga mencapai konsentrasi 1% atau setara dengan perbandingan 1 ml biocide sfp : 100 ml air bersih
  • Simpan larutan biocide sfp kedalam botol semprot
  • Semprotkan ke seluruh permukaan furniture rotan hingga merata
  • Keringkan dan simpan di tempat teduh, jauhakn dari sinar matahari langsung
  • Lakukan perawatan secara merata minimal 1x dalam 1 bulan

Cara Mudah Merawat Furniture Rotan Anti Jamur dengan Biocide Surface Film Preservative
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

One thought on “Cara Mudah Merawat Furniture Rotan Anti Jamur dengan Biocide Surface Film Preservative

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!