Cara Mudah Mencegah Lumut pada Bangunan Rumah Anda

Sebagai salah satu negara beriklim tropis, Indonesia adalah salah satu negara yang sering mengalami musim hujan. Saat kelembaban udara meningkat akibat musim hujan, lumut akan mudah muncul dan menempel di dinding, lantai paving blok, kamar mandi, dan bagian lainnya dari bangunan rumah anda.

Lumut akan sangat mudah berkembang biak jika kondisi kelembaban udara meningkat. Jika ada bagian rumah anda yang terkena lumut, tentunya hal ini akan mengurangi nilai estetika atau keindahan hunian anda. Perkembang biakan lumut sangat cepat dan mudah menyebar, ditambah jika terjadi dalam kondisi lembab. Jika lumut tidak segera diatasi, dapat dipastikan lumut akan sulit dibersihkan dan dihilangkan.

Dimanapun bagian dari rumah anda yang terkena lumut, pasti akan mengurangi keindahan dari rumah anda. Kondisi kelembaban di rumah anda juga akan lebih meningkat jika terdapat lumut yang terus tumbuh. Selain itu, lumut juga akan menyebabkan bagunan rumah anda menjadi lebih mudah lapuk dan tidak kokoh seperti semula, tentunya hal ini berbahaya jika di diamkan dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mudah Mencegah Lumut pada Bangunan Rumah Anda - lumut di rumahAnda perlu segera mengatasi permasalahan tumbuhnya lumut di rumah anda jika sudah muncul di beberapa bagian, seperti tembok berlumut dan beberapa bagian lainnya. Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara seperti menggunakan cara manual dengan membersihkan lumut secara langsung, dan bisa juga dengan cara menggunakan obat anti lumut.

Penyebab Munculnya Lumut pada Bangunan Rumah Anda

  • Kondisi lembab

Lumut akan lebih mudah muncul dan berkembang pada kondisi lembab, sehingga pada musim hujan potensinya akan lebih besar. Agar dapat meminimalisir adanya potensi munculnya lumut di tembok dan bagian rumah lainnya, pastikan untuk selalu menjaga kelembaban pada tiap ruangan di rumah anda.

  • Cipratan dari air hujan

Bagian rumah yang paling rawan terkena lumut saat musim hujan adalah tembok. Resiko tembok berlumut terjadi karena terlalu sering terkena cipratan air hujan. Oleh karena itu, sebaiknya diperlukan penggunaan cat tembok yang mengandung anti lumut untuk menangani kondisi ini.

  • Atap rumah yang bocor

Selain karena cipratan air hujan, tembok juga rawan terkena cipratan air dari atap rumah yang bocor. Jika atap yang bocor ada di bagian ujung yang dekat tembok, hal ini tentu saja akan menyebabkan rembesan air hujan dari atap yang bocor menempel ke tembok. Potensi munculnya lumut di tembok semakin meningkat.

Cara Mudah Mencegah Lumut pada Bangunan Rumah Anda - atap rumah bocor

  • Ada rembesan air tanah yang mengalir masuk di tembok rumah

Bukan hanya faktor cuaca yang menyebabkan kondisi lembab akibat hujan, adanya rembesan air tanah yang masuk di tembok rumah anda juga dapat menjadi salah satu faktor tumbuhnya lumut. Anda juga perlu mengecek keadaan saluran air agar tetap terjaga.

Mencegah Tumbuhnya Lumut di Tembok Rumah Anda

  1. Gunakan dehumidifier

Anda dapat menggunakan dehumidifier sebagai alat bantu untuk mengurangi tingkat kelembaban pada rumah anda. Anda dapat menggunakan alat dehumidifier yang banyak tersedia di pasaran atau anda juga dapat menggunakan container desiccant sebagai dehumidifier yang dapat membantu anda mengatur suhu udara ruangan di rumah anda tetap stabil.

alterntif text
  1. Gunakan produk anti lumut

Produk anti lumut dapat anda gunakan untuk membantu meminimalisir resiko munculnya lumut pada bangunan rumah anda. Anda dapat menggunakan produk anti lumut seperti Biocide Surface Film Preservative yang dapat anda campurkan dengan cat tembok untuk rumah anda. Resiko tembok berlumut dapat anda kurangi dengan menggunakan metode ini.

  1. Perhatikan saluran air

Menghindari terjadinya kebocoran air dari saluran pipa, anda perlu menjaga dan memperhatikan saluran pipa dengan baik agar tidak ada kebocoran air yang akan merembes pada tembok rumah anda. Jika terjadi kebocoran saluran air, tentu saja hal ini akan menambah resiko tumbuhnya lumut dengan subur di rumah anda.

Cara Mudah Mencegah Lumut pada Bangunan Rumah Anda - sirkulasi udara

  1. Perhatikan sirkulasi udara

Sirkulasi udara juga merupakan hal yang penting. Jika sirkulasi udara pada rumah anda tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan kelembaban udara di rumah anda meningkat, hal ini akan memicu pertumbuhan lumut pada rumah anda.

Cara Mencegah Tembok Berlumut dengan Biocide SFP

Untuk menjaga kondisi rumah anda dari lumut dengan lebih optimal, anda dapat menggunakan bahan anti lumut untuk melindungi tembok dan bangunan rumah anda terhindar dari lumut. anda dapat menggunakan Biocide Surface Film Preservative (SFP). Biocide SFP adalah obat anti lumut yang diformulasikan dengan bahan aktif Diuron dan Carbendazim Calcium bis (dodecylbenzenesulfonate). Bahan ini membuat Biocide SFP menjadi produk yang efektif untuk mencegah dan membasmi lumut, jamur permukaan, serta bakteri.

Bagian yang rawan terkena lumut pada bangunan rumah anda adalah tembok. Resiko tembok berlumut pada rumah anda dapat dicegah dan di minimalisir denga menggunakan Biocide Surface Film Preservative. Produk ini dapat dicampurkan dengan cat tembok untuk melindungi tembok dari lumut. Produk ini dapat diaplikasikan dengan cara diencerkan menggunakan air bersih dengan perbandingan 1:100 jika anda mengaplikasikannya pada musim kemarau, untuk digunakan pada musim hujan anda dapat mengaplikasikannya dengan pengenceran 1:50.

Campuran biocide surface film preservative (SFP) pada lapisan top coat saat anda melakukan proses coating akan membantu mengurangi resiko tumbuhnya lumut pada tembok. Sehingga penggunaannya diharapkan dapat membuat tembok pada rumah anda menjadi lebih kokoh dan awet karena terhindar dari lumut. Jika bangunan rumah anda banyak terbuat dari komponen kayu, anda juga dapat mengaplikasikan produk ini pada bagian tersebut.

Cara Mudah Mencegah Lumut pada Bangunan Rumah Anda - biocide sfp

Penggunaan biocide surface film preservative dapat anda gunakan pada berbagai media kayu, sehingga jika ada bagian dari rumah anda yang terbuat dari kayu anda dapat menggunakan bahan ini untuk mencegah tumbuhnya lumut, jamur maupun adanya gangguan dari bakteri yang berpotensi merusak kondisi bangunan rumah anda.

Selain itu, potensi tumbuhnya lumut pada tembok rumah anda juga dapat diatasi dengan mengaplikasikan biocide surface film preservative. Cara aplikasinya yang cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkannya dengan cat tembok untuk bangunan rumah anda juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah tembok berlumut di rumah anda.

Mau Beli Biocide Surface Film Preservative?

Anda bisa membeli biocide surface film preservative di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta 55162

Phn / fax: +62 274 388301

E-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

E-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

E-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli biocide insecticide secara online melalui beberapa cara berikut ini:

WhatsApp : 082264411073

Website : https://www.pengawetkayu.com/

Facebook : https://www.facebook.com/pengawetkayu/

Instagram : https://www.instagram.com/biocide.id/

Cara Mudah Mencegah Lumut pada Bangunan Rumah Anda
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!