Apa itu Bungalow? Ayo Kenali Lebih Jauh

Pada berbagai daerah sentra pariwisata, menemukan bungalow pastilah bukan hal yang sulit. Di jalan-jalan pun, kita sering mendapati tulisan penunjuk ke arah bangunan tersebut. Padahal sebenarnya, bangunanan ini bisa diartikan sebagai rumah biasa saja bila hanya memperhatikan ciri-cirinya:

  1. Terdiri dari 1 atau 1 setengah lantai saja, di mana setengah lantai yang dimaksud digunakan sebagai loteng.
  2. Bentuk sederhana dengan serambi yang cukup lebar.
  3. Atap melebar dan rendah.
  4. Tidak menggunakan konsep lorong sebagai penghubung antar ruangan. Antara satu ruangan dengan yang lainnya langsung terkait dengan pintu.
  5. Pintu utama langsung tersambung dengan ruang tamu.

 

Bagaimana? Ciri di atas sangat banyak yang dimiliki rumah orang Indonesia bukan?
Namun demikian, sebagian besar dari kita pasti memiliki persepsi yang lebih pada bungalow daripada hanya ciri di atas saja. Kita sering mengasosiasikan nama hunian ini sebagai tempat rekreasi.

Asal Mula Namanya

Mengapa terjadi perbedaan persepsi mengenai nama hunian tersebut? Hal ini bisa ditelusuri ke asal kata bungalow itu sendiri. Istilah ini berasal dari istilah rumah bangla (Bahasa India). Awalnya hunian ini digunakan para pelacong untuk singgah selama berpergian. Inggris yang waktu itu menjajah India kemudian mengadopsi nama bangla untuk menunjuk bangunan tipe tertentu yang banyak dipakai untuk keperluan rekreatif.

Agar Bungalow Menjadi Lebih Menarik

Ada setidaknya dua alasan mengapa orang ingin membangun hunian ini. Yang pertama, tentu untuk kebutuhan pribadi. Sedangkan yang kedua untuk memperoleh profit. Apapun tujuannya, usaha agar hunian tersebut menarik jelas penting dilakukan. Berikut ini beberapa tipsnya.bungalow unik

Kayu dan Bambu

Untuk kesan green nan natural, cobalah untuk mempertimbangkan menggunakan kayu, bambu, dan bahan-bahan alami lainnya. Pasti suasana yang tercipta sangat berbeda.

Desain Khas Indonesia

Bila bungalow Anda dibangun untuk mendapatkan untung, tentu Anda harus menyiapkannya dengan cara yang unik. Aplikasi desain khas Indonesia adalah salah satu cara terbaik. Sebab, kebanyakan turis pasti menginginkan suasana Indonesia yang tak ditemukan di negaranya.

Aman dan Ramah Lingkungan

Pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan aman dan terjamin. Waspadalah terhadap penggunaan cat dan lem yang mengandung zat-zat toksik.

Apa itu Bungalow? Ayo Kenali Lebih Jauh
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Social Media
Market Place
Artikel Populer