Kenali Ciri Lemari Kayu Termakan Rayap dan Cara Mengatasinya

Memiliki lemari kayu memang rawan terhadap serangan rayap, simak artikel ini untuk mengatasi ciri ciri lemari kayu termakan rayap.

Menggunakan lemari kayu sebagai tempat menyimpan pakaian adalah hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Mengingat fungsinya yang penting sebagai tempat penyimpanan pakaian, lemari kayu harus selalu dalam keadaan bersih. Selain itu lemari juga harus terlindungi dari berbagai serangga, kotoran atau apapun yang berpotensi merusaknya.

Seperti furniture kayu lainnya, penggunaan lemari kayu tentu saja rentan terhadap serangan rayap. Jenis serangga satu ini memang harus anda waspadai karena dapat menggerogoti lemari kayu terus menerus. Jika tidak ditangani dengan benar, lemari kayu anda akan mengalami kerusakan yang cukup parah bahkan bisa saja tidak dapat digunakan lagi. Bagaimana cara mengatasi lemari kayu yang termakan rayap? Simak artikel ini untuk mengetahui caranya!

alterntif text

Ciri Lemari Kayu Termakan Rayap

Ada beberapa ciri yang dapat anda perhatikan untuk mengetahui serangan rayap pada lemari kayu, diantaranya adalah:

  • Adanya rayap yang berterbangan seperti lalat di sekitar lemari kayu

Rayap akan berterbangan di sekitar lemari kayu anda seperti lalat saat mereka memulai aksinya. Mereka mungkin saja sudah mulai memakan beberapa bagian dari lemari kayu tanpa anda ketahui sebelumnya.

  • Ditemukan tumpukan sayap di sekitar lemari

Jika anda tidak melihat rayap yang berterbangan tapi justru menemukan tumpukan sayap di dalam ataupun di sekitar lemari kayu, anda wajib waspada. Adanya tanda ini sudah menunjukkan bahwa rayap sudah bekerja menggerogoti lemari kayu anda tanpa anda sadari.

  • Lemari kayu mulai berongga dan terdengar kosong saat diketuk

Ciri yang satu ini adalah tanda paling pasti yang merujuk pada adanya rayap yang memakan lemari kayu anda. Beberapa bagian lemari mulai berongga dan jika anda ketuk akan terdengar kosong seperti kayu keropos. Sudah dapat dipastikan bahwa tanda ini menjadi penanda pasti rayap sudah memakan beberapa bagian dari lemari kayu milik anda.

Untuk mengatasi masalah rayap pada lemari kayu, anda dapat melakukan beberapa cara perawatan. Merawat lemari kayu agar tidak terkena rayap dapat anda lakukan dengan mudah. Simak beberapa cara yang bisa anda lakukan berikut ini:

Cara Merawat Lemari Kayu

Untuk mempunyai lemari kayu yang awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama, anda harus melakukan perawatan yang tepat. Meski kayu terutama jenis jati memiliki ketahanan alami terhadap rayap, semakin lama penggunaan kayu jati sebagai lemari anda akan mudah terkena rayap. Sebagai langkah pencegahan, lakukan beberapa cara perawatan berikut ini:

  • Rutin menjaga kebersihan lemari kayu

Cara yang paling mudah dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan lemari. Pastikan seluruh bagian lemari kayu selalu dalam keadaan bersih. Anda bisa rutin membersihkan lemari sambil menata kembali susunan pakaian di dalamnya. Hal ini dapat menjadi salah satu cara mudah mencegah munculnya rayap yang akan menggerogoti beberapa bagian lemari. Gunakan kemoceng agar proses bersih-bersih anda menjadi lebih mudah.

  • Bersihkan seluruh sekat atau pojok yang sulit dijangkau pada lemari kayu dengan sikat gigi

Selain bagian-bagian yang mudah dijangkau anda juga harus membersihkan bagian sekat atau pojok lemari. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi jika sulit dibersihkan dengan kemoceng. Jangan sampai menumpuk debu yang akan berpotensi menimbulkan kerusakan hingga munculnya rayap di kemudian hari.

  • Gunakan obat anti rayap

Jika kedua cara sebelumnya sudah anda lakukan tapi rayap tetap muncul, anda perlu menggunakan obat anti rayap. Pastikan anda menggunakan obat anti rayap yang aman dan ramah lingkungan. Penggunaan obat anti rayap juga jangan sampai merusak serat alami dan kondisi lemari kayu.

  • Lakukan finishing ulang pada lemari kayu

Terakhir, jika diperlukan anda bisa melakukan finishing ulang. Anda juga bisa melakukan ini untuk memperbarui tampilan finishing lemari. Cara ini juga dapat membantu menjaga obat anti rayap yang anda gunakan bekerja lebih lama karena lebih terlindungi.

Memilih Obat Anti Rayap untuk Lemari

Setelah mengetahui cara melakukan perawatan untuk lemari kayu, selanjutnya anda harus mengetahui bagaimana cara memilih obat anti rayap yang terbaik. Menggunakan obat anti rayap untuk perawatan lemari kayu tidak boleh anda lakukan dengan asal. Anda harus memastikan jika obat anti rayap yang anda gunakan adalah obat yang berkualitas.

Bukan hanya sekedar murah, anda harus memastikan jika obat anti rayap yang anda gunakan memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Aman dan ramah lingkungan untuk digunakan
  • Mudah diaplikasikan
  • Memiliki spektrum target yang luas
  • Tahan lama untuk digunakan

Keempat kriteria tersebut sudah dimiliki oleh obat anti rayap dari biocide insecticide. Obat ini akan membantu mencegah dan mengatasi masalah munculnya serangga pemakan kayu pada lemari kayu kesayangan anda. Anda dapat mengatasi dan menghalau berbagai jenis serangga yang berpotensi meyerang lemari kayu.

Biocide Insecticide Obat Anti Serangga Pemakan Kayu Lemari Kayu

Penggunaan biocide insecticide untuk merawat lemari kayu agar terhindar dari serangga pemakan kayu terutama rayap adalah pilihan yang tepat. Dengan kandungan cypermethrine 100Ec yang dimilikinya, bahan ini akan bekerja secara efektif sebagai racun kontak yang langsung menyerang lambung rayap. Hal ini akan mengakibatkan rayap mengalami keracunan dan kematian secara cepat.

Dengan kadar 100 Ec, kandungan cypermethrine dalam biocide insecticide tentu mampu menjaga kondisi lemari kayu dengan baik. Cara aplikasinya sangat mudah dan hemat, anda hanya membutuhkan air bersih sebagai bahan pengencernya. Anda juga dapat menyemprotnya maupun menggunakan kuas untuk aplikasinya. Merawat lemari kayu menggunakan biocide insecticide dapat anda lakukan dengan cara berikut ini:

  • Larutkan bahan pengawet dengan konsentrasi 1-2%

Anda dapat melarutkan 1 ml biocide insecticide dengan 100 ml air bersih, atau setara dengan 1% pada perbandingan 1:100. Anda juga dapat melarutkannya dengan konsentrasi 2% atau sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Jaga pH larutan agar tetap stabil

Pastikan pH larutan tetap stabil, baik untuk disimpan maupun saat akan diaplikasikan. pH yang sesuai untuk larutan ini adalah ± 7.

Aplikasikan biocide insecticide secara merata ke seluruh permukaan lemari kayu, baik bagian luar maupun dalam. Jika ada bagian lemari yang berlubang jangan sampai anda melewatkannya. Agar lebih mudah, anda dapat mengaplikasikan dengan cara menyemprotkannya menggunakan botol atau alat semprot lainnya. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kuas untuk aplikasinya.

Keunggulan Obat Anti Rayap Biocide Insecticide

Sebagai pilihan obat anti rayap berkualitas, biocide insecticide tentu saja memiliki keunggulan dibanding produk lainnya, diantaranya adalah:

  • Efektif dan efisien mencegah berbagai jenis serangga. Diantaranya adalah rayap, kumbang bubuk, kutu, nyamuk, teter (totor), kecoa, dan hama lainnya.

Karena mengandung cypermethrine sebagai bahan aktifnya, membuat biocide insecticide mempunyai kemampuan sebagai obat anti rayap yang mampu merawat lemari kayu dengan maksimal.

  • Memiliki spektrum organisme target luas

Tidak hanya berfokus pada rayap atau satu jenis serangga, biocide insecticide dapat digunakan untuk merawat lemari kayu dari berbagai jenis hama yang berpotensi merusaknya.

  • Dapat dilarutkan dengan air

Anda hanya perlu menggunakan air bersih sebagai bahan pelarut biocide insecticide. 1 kg biocide insecticide dapat dilarutkan dengan 100 liter air, sehingga lebih ekonomis karena anda tidak perlu membeli bahan pengencer lainnya.

  • Aman dan ramah lingkungan

Produk ini tidak diformulasikan dengan bahan kimia berbahaya. Telah mengikuti standar keamanan bahan kimia internasional sehingga membuat produk ini aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan.

  • Memiliki masa aktif hingga 2 tahun

Stabilitas obat anti serangga ini di dalam substrat kayu dapat bertahan sampai jangka waktu cukup lama, yaitu 2 tahun sejak pertama kali diaplikasikan. Lemari kayu anda akan terlindungi lebih lama degan perawatan yang praktis dengan biocide insecticide.

Mau Beli Biocide Insecticide?

Anda bisa membeli biocide insecticide serta varian biocide lainnya  di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]ndustries.co.id

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan
Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru,

Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian biocide secara online melalui beberapa kanal berikut ini:

Websitehttps://www.pengawetkayu.com/

Facebookhttps://www.facebook.com/pengawetkayu/

Instagramhttps://www.instagram.com/biocide.id/

Kenali Ciri Lemari Kayu Termakan Rayap dan Cara Mengatasinya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp sekarang juga!