Jika kayu untuk furniture terdapat beberapa bagian yang gelap, maka ini cukup bermasalah. Atasi dengan pemutih kayu untuk menyamarkan warna gelap pada kayu.

Furniture merupakan salah satu perabotan yang penting pada suatu hunian rumah. Dan bahkan masyarakat sudah menganggap bahwa furniture merupakan bagian dari gaya hidup. Sehingga wajar saja, masyarakat terbiasa dengan hasil dan tampilan furniture yang menarik. Sedangkan furniture juga selalu mengalami perkembangan dan disaat-saat tertentu menjadi sebuah trendsetter.

CS Pengawet Kayu

Jadi, kebutuhan furniture pada umumnya disesuaikan dengan minat dari masyarakat. Nah, hingga saat ini, tampilan furniture yang masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah tampilan natural kayu. Sehingga, banyak pelaku finishing sangat berhati-hati untuk menciptakan tampilan warna ini. Meskipun bisa diaplikasikan dengan pernih atau plitur namun nyatanya aplikasi finishing tidak begitu mudah. Kadangkala kita menjumpai beberapa bagian kayu yang cacat misalkan warna doreng atau terdapat beberapa bagian tertentu yang hitam.

Pemutih kayu White Agent 250 Untuk Mencerahkan Kayu Gelap

Wajar saja jika manufakturing kayu selalu memiliki jenis kayu yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang artistik. Selain itu, jika kayu yang digunakan sudah memiliki tampilan yang sempurna maka untuk finishing pun akan jauh lebih mudah. Dan misalkan kayu yang digunakan merupakan kayu yang memiliki beberapa bagian tampilan yang gelap, maka harus melalui beberapa tahap untuk bisa menyamarkan warna gelap tersebut sehingga akan memudahkan finishing.

Warna gelap yang muncul pada kayu pada umumnya disebabkan oleh minyak yang dikeluarkan dari dalam serat kayu. Proses ini biasanya terjadi pada saat penebangan kayu dan kayu tidak segera dikeringkan alhasil minyak dalam kayu keluar dan mengering sehingga menyebabkan beberapa bagian kayu menjadi gelap.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa warna gelap yang terjadi pada kayu bisa disamarkan. Jika hanya dilaplikasikan finishing langsung maka warna gelap tersebut akan memberikan tampilan yang kurang menarik. Nah, untuk menyamarkan warna gelap pada kayu maka Anda bisa mengaplikasikan pemutih kayu.

Samarkan Kayu Gelap Untuk Hasil Furniture Maksimal

Warna gelap pada kayu sudah menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi oleh pengrajin kayu. Karena pada umumnya, warna tersebut sering nampak saat penebangan atau bahkan terjadi saat proses pertumbuhan pohon. Maka dari itu, untuk menyamarkan tampilan gelap pada kayu tidak cukup hanya dengan mengaplikasikan filler pada permukaan kayu. Meskipun sudah diaplikasikan filler sekalipun, tampilan warna gelap masih akan tampak sehingga warna lapisan yang satu dengan yang lain tidak kontras.

Sangat disarankan untuk tidak mengaplikasikan langsung coating karena warna gelap akan sangat mencolok saat dilapisi cat. Maka dari itu, langkah yang paling tepat adalah dengan mengaplikasikan pemutih kayu. Sebab, aplikasi pemutih kayu ini jauh lebih efektif untuk menyamarkan warna gelap pada kayu daripada mengaplikasikan langsung dempul atau filler.

Nah, pemutih kayu atau juga dikenal dengan bleaching tersebut sangat efektif untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada kayu seperti warna belang, masalah tampilan warna yang diakibatkan oleh jamur, dan masih banyak lagi. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dalam mengaplikasikan pemutih kayu karena pada dasarnya bahan dasar dari pemutih kayu terbuat dari bahan kimia. Sehingga, selama pengaplikasian disarankan untuk menggunakan perlengkapan keamanan.

Menyamarkan warna gelap pada kayu untuk hasil furniture yang maksimal tentu sangat penting. Hal ini tidak hanya memberikan pengaruh pada tampilannya saja, tentunya juga berpengaruh komersial dari furniture tersebut. Jika tampilan furniture terkesan menarik, indah, artistik dan tidak cacat maka harga jualnya pun juga tinggi.

Gunakan Pemutih Kayu White Agent 250 Untuk Menyamarkan Gelap Pada Kayu

Bambu Terlihat Putih Bersih Dengan Pemutih Bambu Ramah Lingkungan

Teknik bleaching kayu pada umumnya banyak digunakan pada manufakturing kayu atau mebelling, hal ini bertujuan untuk mendapatkan tampilan yang indah dan menarik. Dengan pengaplikasian pemutih kayu sebelum proses finishing akan jauh mendapatkan hasil yang bagus sehingga kualitas furniture pun terkesan artistik.

Untuk pemilihan pemutih kayu, sudah kita singgung sebelumnya bahwa pemutih kayu cukup berbahaya bagi kulit dan lingkungan sekitar karena bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan kimia. Mungkin sebagian aplikator finishing kayu menggunakan bahan Hydrogen Peroxide atau juga lebih dikenal dengan H202, memang pemutih kayu ini akan menghasilkan warna putih yang cepat namun tahu kah Anda bahwa bahan pemutih ini cukup membahayakan kesehatan dan lingkungan?

Ya, H202 merupakan bahan kimia yang cukup membahayakan sehingga memberikan dampak buruk pada kulit, pernafasan dan bahkan lingkungan. Karena kandungan asamnya yang tinggi, menyebabkan H202 membuat bahan sekitarnya seperti logam mudah korosi. Tentunya kita perlu was-was dengan penggunaan bahan pemutih tersebut sehingga sangat disarankan untuk selalu memakai perlengkapan keamanan.

Disisi lain, H202 juga tidak memberikan hasil yang maksimal karena cenderung warna yang dihasilkan adalah putih pucat. Mungkin terkesan cocok jika diaplikasikan coating warna solid namun tidak cocok jika akan diaplikasikan coating warna natural kayu. Meskipun demikian, alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan bahan kimia yang memiliki kadar asam yang tinggi karena cukup membahayakan lingkungan dan kesehatan.

Sebagai alteratif, kami menyarakan untuk pemutih kayu yang digunakan adalah White Agent (WA) 250 untuk menyamarkan warna gelap pada kayu. Terlebih, pemutih kayu ini jauh lebih ramah lingkungan daripada H202. Bahan-bahan yang digunakan White Agent 250 tersebut diformulasikan khusus untuk menyamarkan warna belang pada kayu dengan cepat seperi NaCl atau Sodium Hydoprolic.

Kelebihan White Agent 250 Sebagai Pemutih Kayu:

  1. Menghasilkan warna cerah natural
  2. Hasil warna cerah yang cepat
  3. Tidak membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan pemutih kayu
  4. Tidak menyebabkan korosi
  5. Tidak menyebabkan iritasi pada kulit normal

Jika kita melihat beberapa kelebihan tersebut membuktikan bahwa White Agent 250 memang jauh lebih aman digunakan daripada H202. Bahkan untuk hasil yang natural akan jauh memudahkan Anda dalam finishing terutama untuk tampilan warna natural kayu.

Saat aplikasi pemutih kayu, yang biasanya membutuhkan cahaya matahari untuk mengeringkan dan mendapatkan hasil yang cepat, berbeda dengan White Agent 250 karena Anda tidak butuh cahaya matahari melainkan hanya cukup diamkan saja di dalam ruangan yang teduh maka hasil warnanya pun akan tampak dengan sendirinya. Mungkin pada tahap awal, warna akan lebih gelap namun tidak perlu khawatir karena proses ini disebut sebagai aging time. Maka Anda  bisa mengaplikasikan kembali White Agent 250 ke permukaan kayu tersebut dan tunggu hingga 4 jam untuk hasil yang sempurna.

Pastikan untuk mengaplikasikan pemutih kayu tersebut ke seluruh permukaan kayu agar hasil warnanya pun rata dan maksimal. Anda bisa mengaplikasikannya dengan cara di celupkan ke larutan White Agent 250 atau hanya dioleskan dengan kuas dan atau disemprot. Beberapa cara tersebut bisa Anda aplikasikan dan hasilnya pun akan sama-sama maksimal.

Setelah mendapatkan tampilan warna yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mengeringkan kayu yang sudah diaplikasikan pemutih kayu tersebut dibawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil MC yang pas agar kayu mudah diaplikasikan dan dalam kondisi kering yang pas akan menghindari kayu terserang dari berbagai jamur, serangga maupun mikroorganisme perusak kayu lainnya.

Pastikan untuk meletakkan pemutih kayu tersebut jauh dari jangkauan anak-anak dan pastikan untuk tidak membuang sisa-sisa larutan ke sungai atau arus air yang mengalir untuk menghindari biota air terserang racun dari bahan kimia yang ada dalam white agent 250.

Setelah mengaplikasikan pemutih kayu dan mendapatkan MC yang pas pada kayu maka langkah selanjutnya adalah proses finishing. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan finishing yang juga ramah lingkungan demi kesehatan dan lingkungan Anda. Nah, untuk mendapatkan produk finishing yang ramah lingkungan mulai dari pemutih kayu White Agent 250, filler/dempul, wood stain, hingga topcoat, Anda bisa menghubungi kontak yang tercantum dalam website ini.

CS Pengawet Kayu
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here