Manfaat kayu jati sangat beragam, terutama untuk kebutuhan yang berkaitan dengan furniture. Selain sebagai bahan furniture, manfaat kayu jati memang sangat bergam dan unik untuk dipelajari. Anda mungkin sudah mengetahui beberapa manfaat yang dimiliki oleh kayu jati yang sudah biasa. Namun, mungkin ada juga beberapa manfaat kayu jati yang menarik dan belum Anda ketahui bahkan tidak Anda duga sebelumnya.

Siapa yang bisa menyangkal bahwa kayu jati memiliki manfaat luar biasa dalam kehidupan kita? Manfaat kayu jati pun sangat beragam mulai dari yang sangat biasa sampai yang jarang kita duga. Kayu dengan karakteristik yang kuat dan bentuk serat yang menarik ini sangat diminati oleh banyak orang.

Dibalik kokohnya jati sebagai bahan furniture, pohon ini juga memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah menarik untuk Anda ketahui. Agar bisa mengetahui beragam manfaat dari kayu jati, tak ada salahnya untuk mengenal karakteristik tanaman ini secara lebih mendalam.

Simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui beragam manfaat yang dimiliki oleh tanaman keras yang satu ini!

Mengenal Karakteristik Kayu Jati

Jati merupakan salah satu material kayu yang menjadi primadona di masyarakat. Kayu ini begitu populer dan memiliki permintaan tinggi meski harganya semakin hari semakin mahal. Tentu hal itu tak lepas dari kualitas kayu jati sendiri. Kayu jati yang memiliki nama ilmiah Tectona Grandis ini adalah spesies asli di hutan hujan Bur, India, Laos, Thailand dan Indonesia.

Ada sekitar 40 negara yang merupakan daerah beriklim tropis dan memiliki pohon jati yang berumur puluhan tahun serta siap untuk dipanen. Menjaga keberlangsungan dari pohon jati, beberapa daerah di Jawa seperti Jepara telah dilakukan penanaman pohon jati setiap generasi.

Pohon jati dapat tumbuh hingga ketinggian 100 meter dengan diameter kayu 12 meter. Ukuran ini dapat terjadi pada pohon yang telah tumbuh selama ratusan tahun. Penanaman kayu jati yang baru untuk menjaga kelestariannya dilakukan di wilayah perkebunan. Walaupun hasilnya tidak bisa sama dengan kayu jati yang ada di hutan hujan tropis.

Kayu jati yang ditanaman dipegunungan hanya memiliki diameter sebesar 5 hingga 10 meter saja dan akan dipanen dalam waktu 60 tahun. Beberapa karakter kayu jati di bawah ini adalah faktor yang membuatnya sangat disukai:

    1. Termasuk kayu dengan kelas kuat dan kelas awet yang sangat baik
    2. Memiliki tampilan indah dengan pola serat kayunya
    3. Mudah dikerjakan menjadi berbagai jenis produk
    4. Kayu stabil
    5. Kokoh

Ciri Khas Kayu Jati

Ciri dari kayu jati sendiri adalah memiliki bagian kayu gubal yang tipis dan berwarna kuning. Bagian kayu terasnya memiliki warna yang lebih gelap dan tampak keemasan. Bisanya kayu jati yang akan diimpor akan dibentuk menjadi papan dengan empulur kayu yang bertekstur kasar dan berwarna keemasan.

Resin yang diekstrak oleh pohon jati yang tumbuh dari tanah akan didistribusikan ke seluruh bagian kayu. Hal inilah  yang menjadi penyebab kayu jati menghasilkan lebih banyak minyak yang bisa menjadi masalah pada saat finishing. Kayu jati sangat cocok untuk digunakan sebagai furniture taman dan furniture luar ruangan. Jika digunakan sebagai furniture dalam ruangan, kayu jati selalu memiliki peran utama yang ditonjolkan.

Finishing yang dipilih untuk kayu jati kebanyakan menonjolkan serat kayu dan warnanya yang keemasan. Para pekerja kayu yang memiliki banyak pengalaman dengan kayu jati akan dengan mudah mengetahui karakter kayu jati kaitannya dengan resinnya. Mereka memahami bahwa kayu jati yang dipanen dalam umur yang tua akan memiliki kandungan resin yang rusak.

Rusaknya kandungan resin akan memudahkan mesin untuk memotong kayu. Sedangkan kayu jati yang masih muda dan ditanam di perkebunan memiliki kandungan resin yang tinggi. Pemotongan kayu akan cepat menumpulkan ketajaman pisau potong. Kayu jati memiliki warna yang berbeda sesuai dengan asalnya. Jika Anda ingin membandingkan, Anda bisa membeli berbagai macam kayu jati dari berbagai daerah yang berbeda pula.

7 Manfaat Kayu Jati

Dengan kualitasnya yang memang mumpuni, jati telah mensuplai berbagai kebutuhan manusia dalam berbagai bidang. Berikut ini 7 guna atau fungsi kayu jati di kehidupan kita sehari-hari:

Sebagai Bahan Baku Furniture Indoor

Guna kayu jati yang ini rasa-rasanya sudah lama dikenal orang. Bahkan, penggemarnya berasal dari masyarakat lokal hingga manca negara. Di tengah maraknya furniture berbahan mdf, mebel dengan bahan jati memang masih menjadi primadona yang sangat diminati. Meski harganya cenderung lebih mahal, namun tentu saja keawetannya melebihi furniture kayu olahan lainnya.

kursi-jati

Selain itu, yang menjadi daya pikat lain dari furniture berbahan jati adalah serat kayunya. Dengan serat kayu yang eksotis, kayu jati tampak sangat unik dan gagah untuk disandingkan pada ruang tamu Anda. Tertarik menggunakan furniture dari kayu jati asli? Jangan lupa untuk menyiapkan budget yang dibutuhkan ya!

Sebagai Bahan Baku Furniture Outdoor

Selain dapat digunakan untuk furniture indoor, kayu jati adalah salah satu dari sedikit kayu yang bisa sangat diandalkan untuk mebel outdoor atau luar ruangan. Bahkan di negara empat musim, jati tak perlu dimasukkan ke dalam bangunan ketika hujan salju terjadi.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebanyakan jenis kayu yang lain. Mejadi kayu dengan ketahanan yang sudah tidak diragukan lagi, tak jarang jika kayu ini sangat tersohor hingga ke mancanegara.

Bahan Konstruksi Bangunan

Karena kekuatan dan keawetannya, jati juga menjadi andalan di bidang konstruksi bangunan. Kayu jati sering digunakan sebagai rangka atap hingga tiang-tiang dalam gazebo. Karena berbagai fondasi tersebut membutuhkan bahan yang kokoh, tak salah jika Anda juga memilih menggunakan kayu jati untuk kebutuhan ini.

Selain kokoh dan awet, pemanfaatan kayu jati sebagai tiang gazebo juga bisa lebih dimanfaatkan. Anda bisa mengukir kayu jati menjadi berbagai bentuk dan mempercantik gazebo. Tertarik untuk menggunakan gazebo dari kayu jati?

Kayu Kapal

Tak hanya berkaitan dengan bangunan dan furniture, kayu jati juga memiliki manfaat lain termasuk untuk bidang perkapalan. Manfaat jati dalam industri perkapalan masih terkait dengan sifatnya yang awet, kokoh, dan stabil. Bahkan fungsi ini sudah diterapkan sejak zaman kolonial Belanda hingga saat ini.

Pembuatan Dekorasi

Bila beberapa poin di atas bicara mengenai manfaat jati dari aspek kekuatannya, poin ini lebih menekankan pada aspek keindahan jati. Tak dapat disangkal bahwa jati memiliki pola serat cantik yang akan membuatnya begitu menawan sebagai dekorasi.

Hal inilah yang bisa dimanfaatkan dengan baik pada pembuatan dekorasi dengan melibatkan kayu jati. Meskipun kokoh, hal ini tidak menyebabkan kayu jati menjadi kayu yang kaku karena tidak punya penampilan menarik. Tampilan yang elegan karena serat alaminya dan kekokohannya adalah daya tarik utama yang dimiliki kayu jati.

Lantai dan Panelling

Manfaat kayu jati berikutnya ialah sebagai bahan baku paneling serta lantai bangunan. Kayu ini bisa digunakan baik untuk decking maupun parket dan indoor wooden flooring. Baik untuk memenuhi kebutuhan lantai kayu outdoor ataupun indoor, kayu jati adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa memanfaatkan kayu jati untuk lantai karena tentunya lebih awet dan kokoh untuk digunakan. Tak perlu khawatir tentang ancaman kerusakan yang bisa ditimbulkan kapan saja. Lantai kayu dari bahan jati tetap layak dan patut untuk Anda gunakan.

Bantalan Rel Kereta Api

Jati untuk bantalan rel? Anda tak perlu kaget dan heran karena nyatanya memang demikian. Meskipun bisa diubah menjadi furniture dengan keindahan luar biasa mewah, namun substrat ini tetap menjadi andalan untuk kebutuhan dengan beban besar. Tentu saja jati dipilih karena kayu ini stabil, kokoh, dan awet.

Stabilitas, kekokohan dan keawetan kayu jati untuk bantalan rel kereta api memang sudah teruji. Tentunya penggunaan jenis kayu yang lain belum tentu bisa menggantikan fungsi kayu jati yang satu ini. Sehingga penggunaannya sebagai bantalan rel kereta api memang masih belum tergantikan.

Cara Merawat Kayu Jati Agar Awet Digunakan

Meski demikian, supaya penggunaan kayu jati benar-benar awet dan tidak menyebabkan kecelakaan, Anda tetap perlu melakukan perawatan. Jika Anda ingin furniture, pondasi atau apapun barang milik Anda yang beralal dari kayu jati bisa bertahan dan lebih awet, lakukanlah treatment pengawetan kayu dengan baik.

Ada berbagai obat pengawet atau perawatan kayu yang bisa Anda gunakan dan bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Meski demikian, nyatanya tidak semua merk pengawet yang Anda temukan memang nyaman dan aman untuk digunakan. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan produk pengawet dan perawatan kayu dari Biocide.

biocide

 

Tersedia dalam 3 varian produk, Anda bisa menggunakan dan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa mengkombinasikan penggunaannya jika memang diperlukan. Untuk mengatasi masalah rayap, gunakanlah Biocide Insecticide baik untuk perawatan sebelum atau sesudah terkena serangan rayap.

Anda juga bisa mengatasi masalah lumut dan jamur permukaan yang muncul pada kayu dengan menggunakan produk Biocide Surface Film Preservatif (SFP). Untuk mengatasi masalah jamur blue stain atau jamur pada substrat kayu, gunakanlah Biocide Wood Fungicide. Cara pengapliaksian seluruh produk Biocide bisa Anda lakukan dengan mudah.

Anda hanya perlu menggunakan air bersih dan mencampurkannya hingga merata. Gunakan perbandingan 1 bahan : 100 air atau pada konsentrasi 1%. Alat atau metode yang digunakan juga bisa sangat beragam, Anda bisa memanfaatkan kuas, alat spray, hingga bak perendaman. Lakukan pengaplikasian sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Ingin Beli Biocide?

Anda bisa melakukan pembelian seluruh varian produk Biocide secara online melalui beberapa link marketplace berikut ini:

 

https://www.tokopedia.com/biopaint102

https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

https://www.tokopedia.com/bioindustries

https://www.tokopedia.com/rayapjamur

https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

https://shopee.co.id/biovarnish.official

https://www.tokopedia.com/biovarnishseries

https://www.tokopedia.com/catkayu

https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

 

Anda juga bisa membeli seluruh varian produk Biocide secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162
Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan
Jepara, Jawa Tengah 59417
Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

 

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04,

Desa Tegalwangi, Weru,

Cirebon, Jawa Barat 45154
Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

7 Manfaat Kayu Jati dari yang Biasa Hingga yang Tak Terduga