Pengawetan Bambu Menggunakan Obat Pengawet
bambu dapat diawetkan menggunakan obat pengawet bambu yang efektif seperti biocide

Siapa yang tidak mengenal bambu? Tanaman khas Indonesia ini meruupakan tanaman dengan pertumbuhan yang paling cepat diantara jenis tanaman lainnya yang  bisa digunakan sebagai bahan pengganti kayu. Bambu bisa tumbuh hingga 60 cm dalam sehari tergantung dari cuaca. Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang dpat tumbuh di cuaca tropis seperti Indonesia.

Tanpa pembudidayaan khusus, bambu ini tetap dapat tumbuh dengan baik. Setelah ditebang, bambu akan dapat tumbuh kembali tanpa dipupuk atau disiram air. Cukup mudah jika ingin membudidayakan tanaman yang tergolong kuat ini. Penggunaan bambu saat ini cukup banyak. Mulai dari digunakan sebagai konstruksi bangunan, hingga kerajinan. Karena bambu memiliki kekuatan yang cukup baik.

Salah satu masalah yang biasa terjadi pada bambu ialah jamur. Jamur yang menyerang pada bambu dibagi 2 jenis yaitu jamur permukaan dan jamur pelapuk. Cara menghilangkan bambu dari jamur adalah dengan merawat bambu dari awal mula bambu ditebang hingga dirubah menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Salah satu cara untuk merawat bambu agar terhindar dari jamur adalah dengan menghindarkan bambu pada tempat yang lembab. Tempat yang lembab akan membuat jamur mudah menyerang dan berkembang biak. Dan juga yang paling penting adalah dengan menggunakan obat anti jamur pada bambu seperti Biocide Wood Fungicide.

CS Pengawet Kayu

Biocide Wood Fungicide ini merupakan obat anti jamur yang memiliki 2 bahan aktif yaitu fungisida dan bakterisida (thiocyanomethylthio) benzothiazole dan methylene-bis-thiocyanate (TCMBT/MBT).  Obat anti jamur ini bisa digunakan untuk kayu, bambu dan jenis serat alam lainnya dan bekerja secara efektif pada substrat bambu lainnya yang basah untuk mencegah pertumbuhan jamur blue stain dan organisme sejenis lainnya. Obat ini bisa digunakan dengan metode aplikasi rendam, kuas, dan metode vakum. Untuk bambu sehabis ditebang alangkah baiknya menggunakan metode rendam untuk menghindari jamur dan mempersingkat waktu.

Feature and Benefit Biocide Wood Fungicide

  • Kombinasi dari anti jamur dan anti bakteri
  • Anti jamur dan anti bakteri dengan spektrum yang luas
  • Memiliki masa aktif yang cukup panjang
  • Relatif lebih aman dan ramah lingkungan
  • Mudah dilarutkan menggunakan air ataupun minyak
  • Bisa diaplikasikan menggunakan metode apapun
  • Biaya produksi lebih hemat karena menggunakan campuran air
Pengawetan Bambu Menggunakan Obat Pengawet
biocide wood fungicide dapat digunakan untuk mengawetkan bambu

Biocide Wood Fungicide bisa diaplikasikan menggunakan campuran air maupun solvent. Akan tetapi menggunakan air akan lebih menghemat biaya produksi dan juga larutannya akan menjadi lebih aman dan ramah untuk lingkungan. Karena air tidak mengandung bahan berbahaya seperti solvent.

Jadi alangkah lebih baik jika Anda menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Walaupun bambu sudah diaplikasikan obat anti jamur Biocide Wood Fungicide ini, bukan berarti bambu Anda akan terus terhindar dari jamur. Anda harus mengulang penggunaan obat anti jamur ini setiap 2 tahun sekali untuk menghindarkan bambu dari serangan jamur yang cukup merugikan.

Bukan hanya jamur, Biocide Wood Fungicide ini bisa menghilangkan lumut dan juga mikroorganisme perusak bambu dan serat kayu lainnya. Menggunakan obat anti jamur Biocide Wood Fungicide ini merupakan pilihan terbaik untuk obat anti jamur pada bambu. Aplikasinya cukup mudah dengan segala metode yang sederhana. Bahannya juga relatif aman dan ramah lingkungan karena menggunakan campuran air. Untuk perbandingan campurannya Anda bisa lihat pada kemasan yang tertera.

Biocide Wood Fungicide menjadi obat anti jamur yang efektif menghilangkan jamur, lumut, dan juga mikroorganisme perusak kayu dan serat alam. Jika Anda menggunakan obat anti jamur Biocide Wood Fungicide ini Anda bisa memastikan bambu Anda terhindar dari serangan jamur yang bisa merusak bambu Anda. Pastikan saat pengaplikasian Anda tetap menggunakan sarung tangan, dan masker untuk menghindari kontak langsung dengan obat tersebut.

CS Pengawet Kayu
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here