Menyamakan Warna Kayu Doreng
kayu yang warnanya tidak rata dapat diseragamkan dengan WA 250

Kayu doreng merupakan cacat kayu yang sering terjadi pada sebuah pohon. Garis atau bercak hitam pada kayu ini tumbuh karena penyakit alami dari pohon bukan karena buatan. Walaupun warna doreng merupakan cacat alami, namun jika kayu difinishing menggunakan cat natural, warna doreng tersebut akan mengurangi nilai estetika pada kayu. Warna doreng pada kayu juga membuat finishing akan sulit sehingga memakan waktu yang cukup lama dalam proses finishingnya dibanding dengan kayu yang tidak memiliki cacat.

Maka alangkah lebih baik jika warna kayu doreng disamarkan sehingga membuat kayu tetap memiliki nilai estetika yang tinggi. Menyamakan warna kayu doreng ini cukup mudah dengan pemutih kayu. Hanya biasanya sulit untuk menemukan bahan pemutih yang mudah aplikasi dan tentunya aman serta ramah lingkungan.

Pemutih kayu yang biasa digunakan para pengarajin kayu adalah hidrogen peroksida atau yang sering disebut H2O2. Namun penggunaannya jika untuk kayu menggunakan campuran solvent atau thinner yang cukup berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan. H2O2 juga membutuhkan penjemuran di bawah sinar matahari agar bahannya dapat menyerap dengan baik.

Bahkan ada juga yang merebus agar bahan pemutih H2O2 cepat meresap ke dalam kayu. Padahal pada saat perebusan, uapnya akan sangat berbahaya jika terhirup. Penggunaan solvent atau thinner ini akan menimbulkan korosi atau karat pada logam yang terkenalarutan pemutih H2O2. Warna yang dihasilkan juga nampak tidak natural. Walupun bisa menutupi warna doreng pada kayu, namun penggunaan h2O2 sebaiknya dihindari.

CS Pengawet Kayu

Jika Anda menginginkan warna doreng pada kayu tersamakan, alangkah lebih baik jika Anda bijak memilih bahan pemutih khusus kayu yang tidak menyebabkan efek samping pada kesehatan maupun lingkungan. Anda bisa menggunakan White Agent 250 utnuk menyamakan warna doreng kayu.

White Agent 250 atau WA 250 berfungsi untuk mencerahkan kayu. Harga WA 250 ini juga lebih murah dibanding H2O2. Karena H2O2 membutuhkan pelarut solvent yang harganya lebih mahal dibanding WA 250 yang hanya menggunakan pelarut air tanpa membeli. White Agent WA-250 dapat dengan mudah diencerkan dengan menambahkan air bersih (PH ± 7) untuk menurunkan konsentrasi larutan. WA ini juga bisa digunakan untuk semua jenis kayu dan serat alam lainnya.

Kelebihan Menggunakan WA 250

  • Tidak menyebabkan iritasi pada kulit normal
  • Relatif tidak menyebabkan karat / korosi pada logam
  • Efektif memutihkan atau mencerahkan warna kayu
  • Warna kayu terlihat lebih cerah alami
  • Penjemuran tidak membutuhkan sinar matahari
  • Mudah digunakan pada semua jenis kayu atau bahan sejenis kayu

Cara penggunaan WA 250 ini bisa dilihat pada kemasan. Aplikasi WA 250 ini bisa menggunakan kuas. Karena menggunakan kuas merupakan cara efektif dan efisien untuk mengaplikasikan WA 250 ini. tapi Anda bisa saja menggunakan metode lain seperti spray atau rendam.

Menyamakan Warna Kayu Doreng
white agen atau WA 250 efektif menyeragamkan warna kayu doreng

Tetapi metode spray memiliki kelemahan yaitu partikel kecil yang menyebar akan terhirup dan bisa terjadi gangguan pernafasan. Dan juga metode rendam yang digunakan akan membuat kayu mudah lapuk. Walaupun memang bahan yang terkandung dalam WA 250 ini tidak berbahaya, namun alangkah lebih baik jika kita lebih berhati-hati menggunakan bahan tersebut.

Proses WA 250 setelah diaplikasikan akan mengalami proses aging time. Larutan WA-250 bereaksi mengangkat warna permukaan kayu selama ± 2jam. Pada saat proses aging time berlangsung, kayu kan menjadi lebih gelap. Aplikasikan kembali larutan WA-250 sekali lagi jika ingin hasil warna yang lebih terang. Hasil cerah  akan menunjukkan hasil putih terang maksimal setalah proses reaksi selama 4-6 jam. Setelah warna kayu sesuai dengan tingkat kecerahan yang diinginkan, kayu dapat dikeringkan dengan cara diangin-anginkan atau bisa juga dijemur sampai kering dan MC kayu sudah sesuai dengan standartnya.

 

CS Pengawet Kayu
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here