Penyerap Kelembaban Surabaya
alterntif text

Penyerap kelembaban biasanya banyak dijumpai pada suatu produk seperti sepatu, makanan ringan atau bahkan obat-obatan. Penyerap kelembaban tersebut merupakan silica gel yang biasanya dikemas dalam sachet kecil. Namun, untuk menyerap kelembaban pada ruang yang lebih yakni dessicant pole.

Berbeda dengan silica gel, dessicant pole memiliki daya serap yang sangat tinggi sehingga banyak digunakan untuk menyerap kelembaban pada ruang seperti gudang, kamar, kontainer dan lain sebagainya. Dessicant pole daya serap tinggi tersebut memang sangat efektif dan efisien untuk menyerap kelembaban udara yang ada di ruangan karena keadaan cuaca yang berubah-ubah.

Penyerap Kelembaban Yang Aman

Penyerap kelembaban tidak semua aman digunakan seperti halnya silica gel yang mana terdapat silica gel yang berbahaya kesehatan sehingga tidak banyak digunakan. Namun, terdapat pula silica gel yang sangat aman digunakan bahkan bisa untuk menyerap kelembaban pada makanan, obat-obatan atau pun sesuatu hal yang bisa dikonsumsi lainnya.

Namun dessicant pole cukup berbeda dengan silica gel, jika silica gel terbuat dari sol yang bermula seperti agar-agar berbeda dengan dessicant pole yang terbuat dari kombinasi bahan-bahan chemical absorbent dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya (bebas dari DMF) sehingga dessicant pole tersebut juga bisa digunakan untuk menyerap kelembaban pada ruang penyimpanan makanan maupun berbagai bahan yang bisa dikonsumsi.

Dessicant Pole Daya Serap TinggiGudang maupun ruang penyimpanan lainnya harus memperhatikan beberapa hal penting diantaranya adalah keadaan suhu dan kelembaban udara dalam ruangan tersebut. Sebab, apabila tidak dipantau maka memungkinkan ruangan tersebut lembab dan bau apek. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, barang-barang atau bahan yang disimpan akan mudah rusak diakibatkan oleh jamur, bakteri atau serangga yang tumbuh pada produk tersebut. Masalah ini menjadi PR bagi pemilik gudang karena bisa menyebabkan kerugian yang cukup banyak. Maka dari itu, perlu mensetting keadaan suhu dan kelembaban udara dengan pas dan selalu mengecek keadaan suhu maupun kelembaban udara tersebut.

Tidak hanya digunakan untuk menyerap kelembaban pada gudang saja, dessicant pole daya serap tinggi ini juga sangat cocok digunakan untuk kontainer yang notabene sering dipakai untuk pengiriman barang. Ketika pengiriman barang, tentu kita harus memperhatikan keadaan kontainer mulai dari suhu, kerapatan hingga kelembaban udara. Apabila terdapat bagian yang kurang baik maka memungkinkan barang tersebut cepat rusak. Hal ini dikarenakan suhu atau kelembaban di luar kontainer berbeda sehingga memungkinkan kelembaban naik atau turun.

Sebelum pengiriman barang sebaiknya kontrol kelembaban udara pada kontainer lebih dari 80% karena keadaan ini bisa menyesuaikan dengan kelembaban yang ada baik ketika terjadi kondensasi karena kelembaban udara menurun atau sebaliknya. Dessicant pole tersebut memiliki kekuatan hingga 200% lebih dari berat kontainer sehingga akan menyerap kelembaban dengan sempurna.

Dessicant Pole Daya Serap Tinggi

Dessicant pole tersebut memiliki daya serap yang sangat tinggi sehingga memaksimalkan kinerja dalam gudang atau ruang penyimpanan lainnya. Tidak hanya ketika kelembaban udara saat tinggi, dessicant pole juga tetap bisa digunakan ketika kelembaban udara menurun yang pada akhirnya menimbulkan uap air. Uap air ini juga menjadi salah satu faktor penyebab barang rusak karena kadar air memungkinkan barang cepat rusak. Dengan dessicant pole maka uap air akan terserap sehingga keadaan udara sekitar tetap stabil dan tidak memudahkan barang tersebut rusak.

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa dessicant pole memiliki kemampuan 200% lebih dari berat dari kontainer tersebut namun penyerap kelembaban ini memiliki keunggulan yakni tidak mudah bocor di kontainer sebab dessicant pole tersebut akan menjadi gel ketika menyerap kelembaban secara maksimal. Sehingga tidak akan mengurangi kualitas dari produk-produk yang disimpan selama pengiriman tersebut.

Kegunaan dessicant pole ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban udara saja melainkan mampu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri ketika penyimpanan barang dalam waktu yang lama. Selain itu, dessicant pole juga bisa mencegah karatan karena kelembaban udara yang tinggi sehingga keadaan kontainer tetap baik. Bahkan dessicant pole juga bisa memcegah terjadinya proses oksidasi dan dekondensasi karena kelembaban udara yang menurun.

Dessicant pole memiliki masa aktif seperti halnya dengan penyerap kelembaban lain yakni silica gel. Namun perbedaannya adalah dessicant pole ini akan berubah menjadi gel jika sudah tidak aktif sedangkan silica gel akan tetap menjadi butiran-butiran sehingga sulit untuk memastikan masa aktif dari silica gel tersebut. Apabila dessicant pole ini kembali menjadi gel, sebaiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Maka dari itu, pentingnya untuk mengecek secara berskala keadaan kelembaban udara serta keadaan dari dessicant pole sebelum terjadi hal-hal yang tidak memungkinkan.

Dessicant Pole Daya Serap Tinggi

Untuk menerapkan dessicant pole ini cukup sederhana sebab Anda cukup menggantungkannya di dinding kontainer. Jika kontainer memiliki ukuran sekitar 20 feet sebaiknya menggunakan 6 hingga 10 unit sedangkan untuk ukuran sekitar 40 feet maka sebaiknya gunakan 10 hingga 15 unit dessicant pole. Gantungnya dessicant pole tersebut di dinding-dinding kontainer kemudian robek plastik sesuai dengan petunjuk yang ada dalam kemasan. Sebaiknya gantungkan dessicant pole tersebut dengan jarak yang sama. Kemudian tutup rapat kontainer agar udara di luar ruangan kontainer tidak mengganggu kelembaban udara di dalam kontainer tersebut.

Biasanya dessicant pole banyak digunakan oleh industri-industri sedang hingga besar sehingga identik dengan pengiriman barang atau penyimpanan dalam gudang. Sebenarnya, dessicant pole ini juga bisa digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Dessicant pole daya serap tinggi tersebut bisa digunakan untuk mengatur kelembaban udara dalam ruangan seperti kamar maupun lemari.

Keadaan cuaca yang berubah-ubah mampu menyebabkan keadaan ruang semakin lembab sehingga memungkinkan barang-barang sekitar akan mudah rusak diakibatkan oleh jamur atau mikroorganisme lainnya. Sedangkan untuk lemari pada umumnya yang sangat rentan adalah lemari dengan bahan baku kayu karena bahan baku tersebut sangat  mudah menyerap lembab. Tidak menutup kemungkinan keadaan dalam lemari akan menimbulkan bau yang menyengat dan mengundang serangga perusak. Dengan demikian fungsi dessicant pole sangat efektif untuk menghilangkan bau dan mencegah timbulnya jamur atau mikroorganisme perusak lainnya.

Jika digunakan untuk ruangan yang lebih kecil dari gudang atau kontainer sebaiknya gunakan dessicant pole dibawah 6 unit. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kelembaban udara menjadi semakin kering sebab udara yang kelembabannya sangat rendah juga bisa memicu barang-barang yang disimpan cepat rusak diantaranya yang terbuat dari bahan elastis atau kulit.

Namun, apabila ingin menggunakan penyerap kelembaban pada makanan sebaiknya gunakan silica gel yang didesain untuk kemasan yang lebih kecil. Meskipun demikian, dessicant pole sangat cocok digunakan untuk menyerap kelembaban dalam ruangan terutama ketika musim hujan. Hingga saat ini banyak orang yang kesulitan mengatur kelembaban udara dalam ruangan ketika musim hujan bahkan terdapat beberapa orang di masyarakat yang mengabaikan kelembaban udara dalam ruangan tersebut.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here