alterntif text

Kayu yang banyak dijumpai di Cilacap adalah kayu sengon karena letaknya termasuk pesisir. Agar tampilan kayu lebih apik maka perlu menggunakan bahan bleaching kayu di Cilacap ini.

Cilacap merupakan salah satu daerah yang didominasi dengan daerah pesisir. Sedangkan untuk daerah pesisir biasanya banyak dijumpai jenis kayu sengon. Kayu sengon sendiri biasanya banyak digunakan untuk membuat triplek atau peti. Tentu tampilan kayu sengon perlu terlihat menarik agar menampilkan warna yang indah ketika difinishing.

Bleaching kayu di Cilacap ini adalah salah satu proses yang tepat untuk mendapatkan warna dasar yang cemerlang sehingga tampilan akhir saat finishing lebih tajam.

Bleaching Kayu di Cilacap

Bleaching kayu merupakan proses yang biasanya digunakan untuk memutihkan atau mencerahkan kayu sehingga akan menghasilkan warna yang tajam ketika di finishing. Bleaching kayu tidak hanya difungsikan sebagai pemutihan kayu saja melainkan juga bertujuan untuk menyamarkan kayu belang atau warna kayu yang rusak diakibatkan oleh blue stain. jamur seperti blue stain ini termasuk jenis jamur yang berbahaya pasalnya merusak warna serat kayu sehingga mengakibatkan warna menjadi lebih gelap atau biru kehitaman pada permukaan kayu.

Bahan bleaching kayu di Cilacap pada umumnya banyak menggunakan Hydrogen Peroxide (H2O2) namun jenis bahan bleaching ini tergolong tidak ramah lingkungan ketika digunakan. Sebaliknya jika menggunakan WA-250 yang justru tidak membahayakan. Aplikasi dari WA-250 ini pun cukup sederhana, adapun cara aplikasi bleaching kayu dengan WA-250 sebagai berikut:

  1. Oleskan WA-250 ke seluruh permukaan kayu baik dengan cara direndam, kuas atau oles.
  2. Diamkan di tempat yang teduh. Sangat disarankan untuk tidak menjemur di bawah sinar matahari karena hasilnya tidak akan maksimal, cukup di diamkan di tempat yang teduh saja.
  3. 2 jam pertama setelah diaplikasikan WA-250, kayu akan berubah warna menjadi lebih gelap. Hal ini disebut denngan aging-process atau penuaan pada warna kayu. Aplikasikan kembali WA-250 ke seluruh permukaan kayu.
  4. Tunggu 3-4 jam untuk hasil yang maksimal. Apabila sudah mendapatkan warna kayu yang diinginkan, Anda bisa menghentikan proses bleaching dengan dicelupkan ke dalam larutan detergent.

Sangat disarankan untuk tidak mencampurkan bahan kimia dengan kandungan asam (pH dibawah 7) seperti H2O2 jika menginginkan hasil yang maksimal.

Bahan Bleaching yang Aman dan ramah Lingkungan

WA-250 merupakan bahan bleaching kayu di Cilacap yang tergolong ramah lingkungan karena tidak menyebabkan korosi pada logam sekitarnya selain itu juga tidak menyebabkan iritasi kulit pada kulit normal. Aplikasi WA-250 juga cocok digunakan untuk segala jenis kayu seperti kayu jati, kayu kruing, kayu mangga, kayu mahoni, danĀ  jenis kayu lainnya. Hasil akhir WA-250 juga lebih natural daripada penggunaan H2O2. Sebab, tampilan yang dihasikan WA-250 lebih cerah sedangkan H2O2 lebih pucat sehingga putihnya tidak terkesan alami.

Dengan menggunakan bahan bleaching kayu di Cilacap berbahan yang aman tersebut, Anda telah ikut menjaga lingkungan serta kesehatan orang-orang sekitar Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan bahan bleaching, treatment ataupun finishing kayu yang aman dan ramah lingkungan selama proses woodworking Anda.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here